Home / Umum / Kesehatan / Cara Menghitung HPL Atau Perkiraan Kehamilan

Cara Menghitung HPL Atau Perkiraan Kehamilan

Walaupun cukup sering pembahasan tentang cara menghitung HPL, tentu tidak ada salahnya apabila pada pembahasan di kesempatan kali ini saya akan mencoba untuk mengulas kembali tentang cara mengetahui HPL. Tentunya, sebagian besar dari ibu sangat ingin memahami tentang HPL tersebut.

Cara Menghitung HPL

Memang benar bahwa Sampai dengan saat ini belum terdapat teori yang bisa menghitung dengan sangat tepat mengenai umur kehamilan seorang ibu. Di saat sekarang ini, Belum ditemukan langkah yang tepat guna mengetahui ovulasi dari seorang ibu. Sampai dengan saat ini, seluruh cara menghitung usia atau umur kehamilan yang diterapkan merupakan suatu perkiraan.

Seorang dokter atau bidan rata-rata akan melakukan perhitungan usia atau umur kehamilan dengan dasar tanggal pertama dari menstruasi terakhir maupun dengan dasar tinggi Puncak rahim. Namun, cara yang terakhir tersebut sekarang ini sudah sangat jarang kita jumpai.

Oleh sebab itulah, ketika kita memeriksakan kondisi kehamilan untuk pertama kalinya, yang kerapkali ditanyakan oleh bidan atau dokter yakni tanggal berapa seorang ibu mengalami menstruasi paling akhir.

Baca Juga:   Cara Menghitung Kalori Pada Tubuh Manusia

Lantas, Bagaimanakah cara untuk menghitung umur kehamilan dengan dasar hari pertama terjadinya menstruasi terakhir?

Adapun cara menghitung umur kehamilan dengan rumus tersebut bisa berlaku untuk seorang ibu yang mempunyai siklus menstruasi normal ataupun teratur, yakni setiap durasi 28 hari.

Tanggal pertama terjadinya menstruasi rata-rata disebut dengan istilah HPHT atau haid pertama haid terakhir. Guna mengetahui jumlah Minggu umur kehamilan seorang ibu, silakan untuk mengingat-ingat tanggal dari HPHT ibu. HPHT Seorang ibu dihitung sebagai hari pertama untuk kehamilan.

Contohnya adalah jika HPHT seorang ibu jatuh di tanggal 25 Oktober, maka apabila sekarang sudah masuk kedalam tanggal 8 November, maka bisa disimpulkan bahwa umur kehamilan Ibu tersebut yaitu 2 minggu.

Lantas, Bagaimanakah jika saya tidak mengetahui tanggal pertama saya mengalami menstruasi?

Lalu, Bagaimanakah Apabila saya tidak mengetahui tanggal pertama Kapan saya menstruasi maupun apabila siklus menstruasi tidak beraturan?

Jawabannya adalah USG atau ultrasonografi. Di zaman sekarang ini, masing-masing dokter kandungan yang praktek memiliki alat tersebut, baik itu jenis 2D, jenis 3D, bahkan untuk jenis 4D dengan sejumlah kekurangan dan kelebihannya masing-masing.

Baca Juga:   Fungsi Utama Protein Bagi Tubuh Manusia

USG yang digunakan oleh seorang dokter kandungan berguna untuk mengatur lingkar kepala serta panjang dari kepala sampai dengan bagian pantat janin, sehingga umur kehamilan dari seorang ibu bisa diperkirakan.

Cara menghitung HPL atau hari perkiraan lahir

Dengan dasar HPHT seorang ibu dapat memperkirakan hari perkiraan lahir atau HPL. Langkahnya yaitu dengan menambahkan angka 7 di bagian tanggal pertama menstruasi paling akhir, selanjutnya mengurangi bulan dengan angka 3 serta menambahkan 1 pada bagian tahunnya.

Sementara itu, pada bulan yang sudah tidak dapat dikurangi dengan angka 3, misalnya adalah bulan Mar, bulan Februari dan bulan Januari, maka solusinya adalah dengan menambahkan angka 9, namun tahunnya tidak mengalami penambahan.

Untuk lebih memudahkan, Perhatikan Rumus berikut ini:

  • Tanggal haid paling akhir +7 merupakan perkiraan tanggal kelahiran
  • Bulan haid paling akhir -3 merupakan perkiraan untuk bulan kelahiran
  • Khusus untuk bulan Maret, bulan Februari dan Januari, bulan haid paling akhir +9

Contohnya adalah apabila HPHT seorang ibu jatuh di tanggal 15 Oktober 2015 atau ditulis dengan angka 25-10-2015, maka akan ditemukan HPL nya yaitu (15+7) – (10-3) – (2015+1) atau 22 – 7 -2016. Namun, perlu ditegaskan kembali bahwa tanggal tersebut merupakan tanggal perkiraan saja. Sejumlah ahli akan mengurangi ataupun menambahkan sekitar 7 hari.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Sel

Sekian informasi dari penulis tentang cara menghitung HPL yang Semoga saja bisa memberikan manfaat bagi ibu yang sedang hamil untuk memperkirakan kapan Si calon buah hati akan lahir ke dunia. Terima kasih dan selamat beraktifitas, Salam sukses.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Skala Koma Glasgow (GCS)

Cara Menghitung GCS Paling Benar

Apakah anda sudah memahami cara menghitung GCS? Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai Sistem GCS …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *