Home / Umum / Kesehatan / Cara Menghitung IMT Terbaru Paling Valid

Cara Menghitung IMT Terbaru Paling Valid

Apakah anda pernah bertanya-tanya tentang bagaimana cara menghitung PMT atau indeks massa tubuh yang ideal? Apabila Iya dan anda belum memahaminya, maka Anda tidaklah sendirian, sebab masih cukup banyak orang yang bertanya mengenai pertanyaan yang sama. Tentu, berat badan yang ideal sangat bergantung dari jumlah massa otot dan tinggi badan yang dimiliki oleh seseorang. Anda bisa mengetahui berat badan orang tersebut ideal ataupun tidak dengan langkah menghitung indeks massa tubuhnya.

Cara Menghitung IMT

Rumus menghitung IMT atau indeks massa tubuh

IMT atau indeks massa tubuh diperoleh dengan langkah membagi berat badan dengan tinggi badan kuadrat pada seseorang. Berat badan yang dihitung memakai satuan kg atau kilogram, sementara itu tinggi badan diukur dalam satuan M atau meter. Gambar dibawah ini menunjukkan rumus guna memperoleh indeks massa tubuh, berupa tabel makna nilai pada masing-masing hasilnya.

Rumus menghitung IMT atau indeks massa tubuh

Berdasarkan tabel pada gambar diatas, anda dapat mengambil kesimpulan bahwa seseorang mempunyai berat badan ideal apabila indeks massa tubuhnya adakisaran antara 18,5 sampai dengan 24,9. Jika indeks massa tubuh atau IMT kurang dari 18,4, maka bisa dikatakan bahwa yang bersangkutan mempunyai berat badan kurang. Sementara itu, jika IMT atau indeks massa tubuh lebih besar dari 24,9, maka bisa dikatakan orang tersebut mempunyai berat badan yang berlebihan.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Termometer Digital Dibandingkan Termometer Analog

Orang yang mengalami kelebihan berat badan terlalu ekstrem atau sering dikenal dengan istilah obesitas mempunyai angka indekssubuh di atas 40. Sejumlah angka indeks massa tubuh tersebut lah yang dapat anda jadikan sebagai ukuran untuk menentukan berat badan ideal. Secara singkat, anda dapat menganggap bahwa rumus indeks massa tubuh tersebut sebagai rumus untuk menentukan berat Badan ideal. Supaya Anda lebih jelas, maka Mari kita ambil sebuah contoh untuk menghitung berat badan dengan menggunakan rumus di atas.

Contoh untuk menghitung IMT atau berat badan ideal

Semisal, terdapat seseorang yang memiliki berat badan 67 kg dan tinggi badan 165 cm. Jikahendak menghitung IMT pada orang tersebut, maka di bawah ini adalah proses perhitungannya:

Berat badan adalah 67 kg

Tinggi badan adalah 165 cm, jika dijadikan meter, maka akan diperoleh angka 1,65 meter

IMT = berat badan:( tinggi badan* tinggi badan)

Sehingga diperoleh angka 67 / (1,65 x 1,65)

Kesimpulannya adalah IMT orang tersebut 24.6

Setelah anda menyelesaikan perhitungan untuk mencari indeks massa tubuh, maka diperoleh bahwa IMT orang tersebut 24,6. Bisa disimpulkan bahwa orang tersebut mempunyai berat badan yang ideal, sebab angka IMT nya ada di Kisaran 18,5 dan 24,9. Anda bisa menyimak kembali tabel di atas. Anda dapat memakai kalkulator berat badan ideal guna mempermudah proses mengetahui IMT.

Baca Juga:   Cara Menghitung Kebutuhan Cairan Pada Tubuh Kita

Sebagai tambahan bahwa proses pengukuran yang menggunakan rumus di atas hanyalah bisa digunakan oleh mereka yang memiliki usia kurang dari 60 tahunperhitungan untuk indeks massa tubuh juga tidak bisa digunakan pada mereka yang menderita penyakit kronis, ibu hamil, anak-anak, ibu yang sedang menyusui, dan juga para atlet.

Apa yang menjadi alasan kenapa berat badan ideal itu sangat penting?

Aktivitas menjaga berat badan supaya tetap ideal adalah bagian yang sangat penting di dalam gaya hidup sehat. Sejumlah orang yang memiliki kelebihan berat badan rata-rata menjadi lebih mudah terserang penyakit. Sejumlah penyakit yang rata-rata dialami oleh orang yang memiliki berat badan berlebihan diantaranya adalah penyakit pada sendi menahan berat badan/sendi lutut atau sendi panggul, kencing manis, setruk, darah tinggi, jantung koroner dan lain sebagainya.

Pada tulisan yang lainnya, penulis juga sudah pernah membahas tentang apa saja yang bisa menjadi penyebab masalah obesitas. Demikian pula sebaliknya, apabila berat badan seseorang berada dibawah normal, tentunya bisa menimbulkan permasalahan kesehatan. Mereka tentunya mempunyai resiko infertilitas serta osteoporosis yang cukup tinggi. Adapun kunci utama di dalam menjaga berat badan supaya selalu pada batas normal Yakni dengan cara olahraga yang teratur dan juga mengkonsumsi makanan sehat.

Baca Juga:   Cara Mengukur Tekanan Darah Yang Bisa Dilakukan Oleh Siapa Saja

Demikianlah Uraian singkat tentang cara menghitung IMT atau indeks massa tubuh yang bisa saya ulas di kesempatan kali ini. Semoga berguna dan bermanfaat untuk pengunjung sekalian. Terima kasih dan selamat beraktifitas.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Cara Menghitung Dosis Obat

Cara Menghitung Dosis Obat Dengan Benar

Pada kesempatan yang baik ini, saya akan mencoba untuk mengolah cara menghitung dosis obat. Tentunya, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *