Home / Umum / Usaha / Cara menghitung IRR pada perhitungan bunga

Cara menghitung IRR pada perhitungan bunga

Apa itu IRR? IRR adalah suku bunga yang hendak menyamakan antara jumlah nilai yang sekarang pada proses penerimaan yang nantinya diharapkan bisa didapat atau sering dikenal dengan istilah present value of future proceed dengan total nilai sekarang dari sisi pengeluaran untuk keperluan investasi. Lantas, Bagaimanakah proses cara menghitung IRR? Silakan lanjutkan untuk membaca posting ini.

Cara menghitung IRR

Total dari nilai IRR untuk sekarang ini dihitung dengan memakai rumus pendekatan sebagai berikut:

rumus IRR

Guna memudahkan proses perhitungan IRR, Yakni dengan cara mencoba suku bunga yang sudah diperkirakan akan memberikan jumlah NPV positif, contohnya adalah 10% yang nantinya akan memberikan NPV dengan besar 382 serta nantinya dilanjutkan dengan proses perhitungan NPV negatif, contohnya pada angka 20% yang nantinya akan memberikan NPV dengan besar – 429. Perhatikan pemakaian rumus berikut ini:

NPV

NPV adalah selisih di antara pemasukan dan pengeluaran yang sudah didiskon dengan memakai social opportunity cost of capital sebagai bagian dari diskon faktor, atau dengan bahasa lain adalah suatu arus kas yang diperkirakan di masa yang akan datang yang sudah memperoleh diskon di saat sekarang ini.

Baca Juga:   Cara Menghitung Campuran Beton K 300

Guna menghitung NPV, dibutuhkan data mengenai perkiraan biaya pemeliharaan Dari benefit atau manfaat pada proyek yang telah direncanakan, biaya operasi, dan biaya investasi. Besarnya arus kas keluar dan arus kas masuk yang memperoleh diskon untuk sekarang ini atau present value yang dijumlahkan selama masa hidup dari pengadaan proyek tersebut bisa dihitung dengan memakai rumus:

rumus NPV

Dengan ketentuan bahwa t adalah waktu untuk arus kas, i merupakan suku bunga diskonto yang dipakai, serta RT merupakan arus kas bersih atau dan net cash flow dalam periode t.

Begitu Anda menyelesaikan perhitungan NPV, terdapat sejumlah arti pada proses perhitungan tersebut terhadap pengambilan keputusan investasi yang nantinya akan dikerjakan, di antaranya adalah:

  1. Apabila NPV lebih dari 0, maka artinya investasi yang dikerjakan bisa memberikan manfaat untuk perusahaan, sehingga proyek dapat dilaksanakan
  2. Apabila NPV kurang dari 0, maka artinya investasi yang dikerjakan nantinya bisa menimbulkan kerugian untuk perusahaan, sehingga proyek tersebut wajib untuk ditolak
  3. Apabila NPV sama dengan 0, maka hal tersebut berarti investasi yang dikerjakan tidak akan membuat perusahaan mengalami kerugian maupun memperoleh keuntungan, sehingga proyek yang dilaksanakan maupun tidak oleh perusahaan tidak akan memiliki pengaruh pada sisi keuangan perusahaan. Suatu keputusan wajib untuk ditetapkan dengan memakai kriteria lain, contohnya adalah dampak dari investasi terhadap positioning perusahaan.
Baca Juga:   Cara Mengukur Badan Untuk Menjahit Baju Wanita Dewasa

PV

PV atau present value adalah nilai dari sejumlah uang yang sekarang ini memiliki ekivalensi dari beberapa cash flow tertentu pada waktu tertentu pula dengan adanya tingkat suku bunga tertentu. Peranan tersebut berfungsi guna menghitung adanya nilai sekarang atau present value dari sebuah deret angsuran yang sama pada waktu yang akan datang serta sebuah jumlah tunggal yang sudah disamaratakan di akhir periode di suatu tingkatan bunga.

Demikianlah Uraian singkat tentang cara menghitung IRR yang bisa saya bahas di kesempatan kali ini. Semoga saja, berbagai macam penjelasan tentang IRR pada posting di atas mampu memberikan gambaran umum kepada anda serta mampu menambah ilmu dan pengetahuan baru di bidang ekonomi. Terima kasih dan selamat beraktifitas, Salam sukses.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Cara Menghitung Current Ratio

Cara Menghitung Current Ratio Dengan Sangat Mudah

Likuiditas sebuah perusahaan adalah suatu kemampuan dari perusahaan guna memenuhi kewajiban finansial di dalam waktu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *