Home / Pendidikan / Cara Menghitung Jarak Sebenarnya Pada Peta Dengan Mudah

Cara Menghitung Jarak Sebenarnya Pada Peta Dengan Mudah

Peta tentunya diciptakan guna memudahkan kita dalam mengetahui maupun melihat sebuah lokasi melewati gambar, dan tentunya ukuran dari jarak sebuah lokasi yang tertuang pada peta bukanlah merupakan jarak yang sesungguhnya. Sebab, peta digambarkan dengan memakai ukuran yang jauh lebih kecil daripada ukuran lokasi yang sesungguhnya.

Cara Menghitung Jarak Sebenarnya Pada Peta

Oleh sebab itulah, pada suatu peta tentu sudah dilengkapi informasi skala jarak yang bisa dipakai sebagai pedoman anda di dalam menentukan jarak yang sesungguhnya. Tentunya, semakin luas lokasi yang tergambar maupun semakin kecil ukuran gambar yang ada di peta yang berfungsi menggambarkan lokasi tersebut, maka memiliki arti semakin besar skala jarak yang ada pada peta.

Contohnya adalah:

Apabila jarak kota a menuju kota b yang sesungguhnya yaitu 1 km h p kemudian jarak tersebut diperkecil serta digambarkan pada peta dengan memakai jarak dari kota a ke kota b yakni 1 cm. Dengan demikian, skala yang dipakai di peta tersebut yang berfungsi untuk menggambarkan jarak dari kota a ke kota b yakni 1 cm berbanding 1 km.

Skala

Skala pada peta merupakan perbandingan jarak pada dua lokasi yang telah digambarkan di suatu peta dengan menggunakan jarak sebenarnya pada dua lokasi tersebut. Akan tetapi, perlu untuk diingat bahwasanya menentukan skala di peta wajib memakai 2 satuan jarak maupun panjang yang sama.

Baca Juga:   Cara Agar Terlihat Ganteng Di Sekolah

Apabila di peta memakai satuan jarak cm atau centi meter, maka skala pada peta yang dimaksud yaitu 1 cm : 100.000 cm. Selain itu, pada umumnya skala di peta memang telah memakai satuan cm. Dengan demikian, penulisan skala di peta tersebut adalah 1:100.000

Lantas, bagaimanakah teknik menghitung skala pada proses pembuatan peta?

Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat contoh berikut ini:

Apabila jarak sesungguhnya dari jakarta ke bandung yaitu 155 km, kemudian anda ingin menggambar pada sebuah peta, jarak dari jakarta ke bandung anda perkecil menjadi hanya 5 cm di peta. Berapakah skala pada peta yang anda buat tersebut?

Skala peta merupakan nilai perbandingan jarak pada dua lokasi yang digambar pada peta dengan jarak sesungguhnya di antara dua lokasi tersebut.

Jarak pada peta

Jarak dari kota jakarta ke bandung di peta yakni 5 cm

Jarak sesungguhnya

Jarak yang sebenarnya dari kota jakarta ke bandung yaitu 155 km

Skala pada peta

Bisa diambil kesimpulan bahwa skala pada peta yang anda buat yaitu 5 cm: 155 km

Baca Juga:   Cara Menjadi Moderator Diskusi yang Baik

Perhitungan nya adalah 1 km adalah = 100.000 cm, dengan demikian 155 km adalah = 15.500.000 cm

Secara umum, skala di peta memakai angka satu, dengan demikian maka anda wajib untuk mengubah nilai menjadi satu. Guna memperoleh nilai pada skala 1, maka artinya kedua nilai skala diatas harus anda bagi dengan angka 5. Dengan demikian, maka hasil perhitungan untuk skala peta tersebut adalah 1:3.100.000

Itulah proses perhitungan guna menentukan skala pada peta yang sudah anda gambar sebelumnya. Kemudian, bagaimanakah apabila anda hendak mengetahui jarak lokasi yang sesungguhnya dari suatu peta? Berapakah jarak sesungguhnya dari lokasi yang ada pada peta?

Cara menghitung jarak sebenarnya pada peta

Proses menghitung jarak yang sesungguhnya yang ada pada peta, anda bisa memakai rumus perhitungan dengan melihat sekolah yang ada di peta tersebut. Jarak sesungguhnya yaitu jarak lokasi di peta yang dikalikan dengan skala pada peta tersebut. Contohnya adalah sebagai berikut.

Apabila jarak dari kota b ke kota c di peta yakni 15 cm, kemudian pada peta tersebut memakai skala peta 1:100.000, berapakah jarak sesungguhnya dari kota b ke kota c?

Baca Juga:   Cara Agar Semangat Belajar Di Sekolah

Jarak sebenarnya dari kota b ke kota c pada peta tersebut adalah jarak lokasi di peta dikalikan dengan skala yang ada di peta.

Jarak pada peta dari kota b ke kota c yakni 15 cm

Skala pada peta yang dipakai adalah 1:100.000, di mana setiap 1 cm pada peta mewakili 100.000 cm jarak yang sesungguhnya. Dengan demikian, jarak yang sesungguhnya dari kota b ke kota c yaitu 15 cm * 100.000, atau didapat angka 1.500.000 cm.

Apabila disederhanakan, maka jarak sesungguhnya dari kota b ke kota c yaitu 1.500.000 cm : 100.000, sehingga didapat angka 15 km.

Demikianlah uraian singkat tentang cara menghitung jarak sebenarnya pada peta yang bisa saya ular di kesempatan kali ini. Mudah-mudahan, walaupun teknologi map di berbagai macam perangkat sudah sangat canggih, namun kemampuan anda di dalam membaca peta manual tetap terasa sehingga apabila diperlukan suatu waktu bisa mengaplikasikan kemampuan tersebut. Terima kasih dan selamat belajar, semoga berhasil.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Cara Menghitung IP Dan IPK

Cara Menghitung IP Dan IPK Pada Semua Perguruan Tinggi

Apakah itu IPK dan IP? Untuk setiap mahasiswa, IP atau indeks prestasi dan IPK atau …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *