Home / Umum / Sosial / Cara Menghitung Jumlah Penduduk Pada Suatu Negara

Cara Menghitung Jumlah Penduduk Pada Suatu Negara

Apakah anda merasa penasaran dengan jumlah total penduduk Indonesia? Tentunya, dari tahun ke tahun jumlah penduduk Indonesia mengalami pertumbuhan sehingga data tahun yang lalu tentu tidak bisa digunakan untuk data tahun yang sekarang. Dibutuhkan cara menghitung jumlah penduduk yang bisa diterapkan oleh beberapa pihak yang berkepentingan agar mereka mendapatkan data yang valid tentang jumlah penduduk.

Cara Menghitung Jumlah Penduduk

Lantas, Bagaimanakah cara mudah menghitung jumlah penduduk, baik di Indonesia maupun di dunia? Pada kesempatan kali ini Izinkan saya untuk berbagi informasi tentang beberapa konsep di dalam menghitung jumlah penduduk. Tentunya, beberapa teknik yang digunakan untuk mengetahui jumlah penduduk di sebuah negara, termasuk di negara Indonesia membutuhkan berbagai macam sumber daya yang bisa dikatakan tidaklah murah.

Cara menghitung jumlah penduduk

Di bawah ini adalah 3 langkah yang bisa diambil oleh sejumlah pihak terkait di dalam hal mengetahui jumlah penduduk di suatu negara. Berikut ini adalah ulasan singkat nya.

1. Sensus penduduk

Kegiatan sensus penduduk memiliki tujuan guna menghitung jumlah penduduk atau jumlah orang di sebuah negara. Sensus bisa memiliki arti sebagai proses penghitungan jumlah penduduk sebuah negara dengan proses menghimpun, mengumpulkan, serta melakukan penyusunan data penduduk, baik penduduk pendatang maupun penduduk asli pada wilayah tertentu dan waktu tertentu.

Baca Juga:   Contoh Peraturan Daerah

Sementara itu, unit cacah di sensus merupakan perorangan, bukanlah satu keluarga maupun satu rumah tangga. Kegiatan sensus dikerjakan secara rutin dan aktivitas sensus dapat dikatakan finish jika sejumlah keterangan yang dihimpun telah diterbitkan. Kegiatan sensus bisa dibedakan menjadi dua jenis, yakni sensus de jure dan sensus de facto.

Sensus de facto yaitu proses pencacahan penduduk atau penghitungan penduduk yang dikerjakan pada setiap orang di waktu sensus yang diselenggarakan pada Sebuah wilayah sensus. Sementara itu, sensus de jure yaitu proses pencacahan penduduk yang diterapkan hanya pada penduduk yang benar-benar memiliki tempat tinggal pada wilayah sensus yang dikerjakan.

Sebagai gambaran, Berikut ini adalah tabel perkembangan jumlah penduduk di negara Indonesia berdasarkan kegiatan sensus dari tahun 1930 sampai dengan 2000.

  • Tahun 1930 –>60,7 Juta
  • Tahun 1961 –>97,1 Juta
  • Tahun 1971 –>119,2 Juta
  • Tahun 1980 –>147,5 Juta
  • Tahun 1990 –>179,3 Juta
  • Tahun 2000 –>209,6 Juta

2. Proses registrasi

Di samping kegiatan sensus, jumlah atau populasi penduduk di sebuah negara bisa diketahui dengan langkah pencatatan atau registrasi. Registrasi adalah kumpulan keterangan tentang kelahiran, perkawinan, berbagai macam kejadian penting pada manusia, pengangkatan anak, perceraian, perpindahan penduduk dan berbagai macam kegiatan yang lainnya.

Baca Juga:   Biografi Tentang Ayah Sebagai Inspirasi

3. Survei penduduk

Kegiatan Survei adalah proses pencacahan penduduk yang dilakukan dengan cara mengambil sampel pada sebuah daerah. Dengan demikian, proses pencacahan penduduk yang menggunakan metode survei tidak dilaksanakan pada semua wilayah atau daerah di satu negara, namun hanyalah pada daerah tertentu saja yang dianggap bisa mewakili semua wilayah pada negara tersebut. Contohnya adalah survei penduduk antar sensus/SUPAS dan survei sosial ekonomi nasional/SUSENAS.

Demikianlah Uraian singkat tentang cara menghitung jumlah penduduk di sebuah negara yang bisa dilakukan dengan 3 proses. Dari ketika proses tersebut tentunya hasil yang paling valid adalah menggunakan sensus penduduk. Sementara itu, proses yang paling simpel dan membutuhkan sumber daya minimum adalah survei penduduk. Proses mana yang akan diambil tentunya disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing mencari informasi atau data. Terima kasih dan selamat beraktifitas.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Cara Mengukur Pertumbuhan Ekonomi

Cara Mengukur Pertumbuhan Ekonomi Pada Sebuah Negara

Apakah anda memahami Bagaimana cara mengukur pertumbuhan ekonomi pada sebuah negara? Ada kemungkinan pertanyaan tersebut …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *