Home / Umum / Kesehatan / Cara Menghitung Kalori Pada Tubuh Manusia

Cara Menghitung Kalori Pada Tubuh Manusia

Apabila anda pernah menyimak tabel informasi tentang nilai gizi di sebuah kemasan makanan, maka tentunya Anda akan membaca kalimat yang bertuliskan persen AKG berdasarkan pada kebutuhan energi sebesar 2000 kilo kalori. Kebutuhan energi pada tubuh masing-masing orang bisa jadi lebih rendah atau lebih tinggi. Kondisi tersebut memiliki arti keperluan kalori pada tubuh Anda setiap harinya tentu berbeda dengan orang lain apa sebab terdapat cukup banyak faktor yang bisa berpengaruh akan kebutuhan kalori tersebut. Lantas, Bagaimanakah cara menghitung kebutuhan kalori setiap harinya?

Cara Menghitung Kalori

Apa yang dimaksud dengan kalori?

Sebelum kita menjawab pertanyaan tentang cara menghitung kalori, Alangkah baiknya apabila anda memahami terlebih dahulu Apa yang dimaksud dengan kalori. Kalori merupakan sebuah unit pengukuran yang berfungsi guna menyatakan jumlah energi yang terdapat pada makanan. Ketika kita minum atau makan, sebenarnya kita memberi kalori atau energi ke dalam tubuh kita. Selanjutnya, tubuh akan menggunakan energi yang masuk tersebut sebagai bahan bakar yang menunjang berbagai macam aktivitas tubuh. Tentunya, semakin banyak aktivitas tubuh yang dikerjakan, akan semakin banyak pula kalori atau energi yang digunakan.

Adapun jumlah total kalori pada sebuah makanan rata-rata dituliskan menggunakan satuan kkal atau kilo kalori. Contohnya adalah 500 kalori nantinya akan tertulis 500 kkal. Di samping menggunakan satuan kkal, kalori kerap kali ditulis menggunakan satuan kilo joules atau kj. 1 KJ adalah = 0,239 kalori.

Setiap hari masing-masing orang membutuhkan kalori yang Berbeda

Cara menghitung kebutuhan kalori untuk masing-masing orang tentunya berlainan, sebab kondisi tersebut akan dihitung dengan dasar berat badan tinggi badan, aktifitas, komposisi tubuh, usia, jenis kelamin, sampai dengan kondisi fisik pada masing-masing orang. Kalori yang diperlukan kaum lelaki berlainan dengan kaum perempuan Walaupun ada pada rentang umur yang sama. 2 orang yang kembar sekalipun tentu akan mempunyai kebutuhan kalori yang berlainan. Semuanya tergantung kepada aktivitas yang dilakukan sehari-hari dan keadaan fisiknya.

Baca Juga:   Cara Mengukur Tinggi Badan Anak Dengan Paling Mudah Dan Cepat

Adapun standar asupan tiap hari untuk kalori juga berbeda-beda di masing-masing negara. Contohnya adalah di negara Amerika, seorang laki-laki direkomendasikan untuk mengkonsumsi setiap harinya sebanyak 2700 kalori. Sementara itu pada wanita dianjurkan setiap harinya mengkonsumsi 2200 kalori. Selain itu, berdasarkan pada National health service di negara Inggris, kaum lelaki direkomendasikan untuk mengkonsumsi 2500 kalori, sementara kaum wanita direkomendasikan 2000 kalori. Kondisi tersebut berlainan dengan FAQ yang memberikan saran pada orang dewasa dimana rata-rata wajib mengkonsumsi kalori paling sedikit adalah 1.800 setiap harinya.

Di negara Indonesia itu sendiri, ada tabel khusus panduan angka tentang kecukupan gizi. Tabel tersebut berisi anjuran jumlah atau banyaknya kalori yang diperlukan pada masing-masing kelompok umur.

Contohnya adalah sebagai berikut.

  • Untuk wanita hamil, diperlukan tambahan kalori setiap harinya dari 180 Kilo kalori sampai dengan 300 kilo kalori. Namun, semuanya tergantung pada usia trimester kehamilan Ibu tersebut. Termasuk adalah untuk ibu yang sedang menyusui, yang mana Di enam bulan paling awal diperlukan tambahan energi sampai dengan 330 kilo Kalori serta tambahan sebanyak 400 kilo kalori di 6 bulan yang selanjutnya.
  • Pada laki-laki yang memiliki usia diatas 80 tahun memerlukan energi sebanyak 1525 kilo kalori serta pada wanita yang umurnya sama memerlukan energi 1425 kilo kalori setiap harinya.
  • Pada wanita yang berumur 19 tahun sampai dengan 29 tahun yang memiliki bobot badan seberat 54 kg serta tinggi badan 159 cm memerlukan energi setiap harinya 2250 kilo kalori.
  • Pada laki-laki yang berumur 19 tahun sampai dengan 29 tahun yang memiliki bobot 60 kg serta tinggi badan 168 cm memerlukan setiap harinya 2725 kilo kalori.
  • Pada bayi yang memiliki umur 7 bulan sampai dengan 11 bulan dan bobot badan 9 kg serta tinggi badan 71 cm memerlukan setiap harinya 725 kilo kalori.
Baca Juga:   Cara Mengukur Berat Badan Ideal Online

Beberapa cara menghitung kebutuhan kalori setiap harinya

Terdapat sejumlah langkah untuk menghitung keperluan kalori yang dibutuhkan oleh tubuh, diantaranya adalah:

1. Menggunakan rumus Harris Benedict.

Rumus tersebut adalah rumus yang kerap kali digunakan oleh para ahli gizi. Rumus Harris Benedict mempertimbangkan level aktivitas fisik, tinggi badan, berat badan, jenis kelamin, serta usia.

Rumus yang digunakan untuk menghitung kebutuhan kalori pada pria adalah:

66,5 + 13,8 * (berat badan dalam kilogram) + 5 * (tinggi badan dalam cm) dibagi dengan 6,8 * usia.

Rumus yang digunakan untuk menghitung kebutuhan kalori pada wanita adalah:

655,1 + 9,6 * (berat badan dalam kilogram) + 1,9 * (tinggi badan dalam cm) dibagi dengan 4,7 * usia.

Output dari proses penghitungan tersebut Lalu dikalikan dengan faktor aktivitas fisik yang dikerjakan. Apabila aktivitas fisik yang dikerjakan cukup rendah, maka cukup dikalikan dengan angka 1,2. Sementara itu, pada aktivitas fisik yang sedang bisa dikalikan dengan angka 1,3. Sedangkan untuk aktivitas yang berat, bisa dikalikan dengan angka 1,4.

2.  Menggunakan rumus World health organization atau Who.

Rumus dari WHO tentunya berlainan dengan rumus pada hari Senin edit, di mana rumus dari WHO lebih sederhana serta tidak mempertimbangkan tinggi badan. Rumus dari WHO dibuat berdasarkan kategori umur. Contohnya adalah, pada proses pencarian kebutuhan energi pada wanita yang berumur 18 tahun sampai dengan 29 tahun dipakai rumus 14,7 * (berat badan dalam kilogram) + 496.

Sementara itu, guna menentukan keperluan pada energi pria yang usianya mulai 18 tahun sampai dengan 29 tahun, dipakai rumus 15,3 * (berat badan dalam kilogram) + 679. Selanjutnya, di bagian akhir angka yang di dapat dikalikan dengan faktor aktivitas fisik masing-masing orang.

3. Menggunakan kalkulator kebutuhan kalori

Guna memudahkan setiap orang untuk menghitung keperluan kalori di setiap harinya, yang didasarkan pada level aktivitas, usia, tinggi badan, serta berat badan, anda bisa menggunakan kalkulator untuk mempercepat perhitungan kebutuhan kalori anda. Untuk mempermudahnya, salah satu website kesehatan sudah menyediakan kalkulator tersebut. Anda bisa mengunjungi alamat : https://hellosehat.com/cek-kesehatan/kebutuhan-kalori

Baca Juga:   Fungsi Utama Darah Pada Tubuh Manusia

Kaitan antara kesehatan dengan kebutuhan kalori

Walaupun pada kemasan makanan kerapkali mencantumkan persentase angka tentang kecukupan gizi yang didasarkan pada kebutuhan energi sebanyak 2000 kilo kalori, Akan tetapi sekarang ini anda sudah mengetahui bahwasanya setiap orang tidaklah memerlukan energi setiap harinya sebanyak 2000 kilo kalori.

Kebutuhan energi pada masing-masing orang sangat tergantung dari aktivitas sehari-hari, kondisi fisik, tinggi badan, berat badan, umur, serta jenis kelamin. Memahami akan kebutuhan energi pada diri Anda setiap harinya bisa membantu untuk selalu menjaga kesehatan diri, sebab kondisi tersebut dapat berpengaruh terhadap keseimbangan energi yang dibutuhkan oleh Anda setiap harinya.

Adapun prinsip di dalam mencukupi akan kebutuhan energi cukuplah sederhana, yakni seimbang, sebab apabila anda mengkonsumsi makanan yang memiliki kalori berlebihan, maka kondisi tersebut bisa menimbulkan peningkatan berat badan di kemudian hari, termasuk adalah meningkatkan resiko akan terkena berbagai macam penyakit, khususnya adalah jenis penyakit degeneratif.

Namun, apabila kebutuhan kalori pada diri Anda kurang, maka hal tersebut akan menimbulkan penurunan berat badan, termasuk adalah penurunan berbagai macam fungsi di sejumlah organ pada tubuh, sebab tidak memperoleh asupan yang semestinya.

Demikianlah Uraian singkat tentang cara menghitung kebutuhan kalori pada setiap orang dan tentunya berbeda-beda antara orang yang satu dengan orang yang lain. Semoga saja, anda bisa menemukan berapa kebutuhan kalori Anda setiap harinya dan bisa memenuhinya dengan seimbang sehingga kondisi kesehatan tubuh anda tetap terjaga. Terima kasih dan selamat beraktifitas.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Skala Koma Glasgow (GCS)

Cara Menghitung GCS Paling Benar

Apakah anda sudah memahami cara menghitung GCS? Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai Sistem GCS …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *