Home / Umum / Kesehatan / Cara Menghitung Kebutuhan Cairan Pada Tubuh Kita

Cara Menghitung Kebutuhan Cairan Pada Tubuh Kita

Disebabkan oleh kebutuhan cairan pada masing-masing orang yang berlainan, maka tentunya dibutuhkan cara menghitung kebutuhan cairan Sehingga nantinya setiap orang merasa cukup mudah untuk memahami akan asupan cairan yang diperlukan tersebut. Hal tersebut juga tentunya berguna untuk mencegah terjadinya kekurangan cairan di mana kondisi tersebut memiliki dampak buruk untuk kesehatan.

Cara Menghitung Kebutuhan Cairan

Takaran yang paling umum tentang kebutuhan cairan, yakni 8 gelas air putih atau 2 liter hanyalah berupa asumsi saja dari sisi kebutuhan cairan di orang dewasa. Padahal, terdapat banyak sekali faktor yang bisa berpengaruh terhadap jumlah kebutuhan cairan pada tubuh manusia, misalnya adalah status sebagai ibu hamil, status sebagai ibu menyusui, penyakit, suhu tubuh maupun lingkungan sekitar, aktivitas, jenis kelamin, berat badan, serta usia.

Akan tetapi, apabila dilihat dari sisi yang paling umum, terdapat sejumlah salah yang bisa dipakai guna memahami jumlah cairan yang dibutuhkan di dalam tubuh pada kondisi normal di setiap harinya.

Mengutip dari buku yang memiliki judul pedoman kebutuhan cairan bagi pekerja supaya tetap produktif dan tetap sehat yang telah diterbitkan oleh pihak Kementerian Kesehatan dan bekerjasama dengan persatuan dokter spesialis kedokteran okupasi Indonesia atau PERDOKI, terdapat dua teknik proses penghitungan kebutuhan cairan di dalam tubuh, yakni dengan memakai panduan berat badan dan dengan mengetahui keperluan energi.

Baca Juga:   3 Fungsi Utama Ginjal Pada Tubuh Manusia Yang Wajib Dipahami

Pada energi sebanyak 1 kilo kalori, diperlukan 1 ml air. Dengan demikian, apabila anda mempunyai kebutuhan energi setiap harinya 1800 kilo kalori, maka artinya kebutuhan cairan untuk Anda adalah 1* 1800, didapat hasil 1800 ml Atau = 1,8 liter air.

Apabila dilihat dari sisi berat badan, dapat memakai rumus sebagai berikut. Pada 10 kg pertama dari berat badan, kebutuhan airnya adalah 1 liter. Pada berat badan 10 kg yang kedua, memerlukan 500 ml air. Selanjutnya, sebagai sisanya, pada setiap kg berat badan memerlukan air sebanyak 20 ML.

Sebagai contohnya, apabila anda mempunyai berat badan 60 kg, maka pada 10 kg yang pertama Anda harus menyediakan air sebanyak 1 liter. Pada 10 kg yang kedua, Anda harus menyediakan air sebanyak 500 ml. Sementara itu, pada 40 Kg Yang lainnya memerlukan 800 ml air. Dengan demikian, kebutuhan air secara total untuk diri anda yang memiliki berat badan 60 kg yakni 2,3 liter setiap harinya.

Demikianlah uraian sederhana tentang cara menghitung kebutuhan cairan yang bisa dilakukan dengan dua teknik, yaitu menggunakan kebutuhan kilo kalori dan menggunakan pedoman berat badan. Semoga saja, artikel singkat di atas mampu memberikan gambaran kepada anda tentang kebutuhan cairan setiap hari yang anda butuhkan. Terima kasih dan selamat beraktifitas.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Hemoglobin

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Skala Koma Glasgow (GCS)

Cara Menghitung GCS Paling Benar

Apakah anda sudah memahami cara menghitung GCS? Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai Sistem GCS …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *