Home / Umum / Usaha / Cara Menghitung Laba Bersih Pada Sebuah Usaha

Cara Menghitung Laba Bersih Pada Sebuah Usaha

Sebuah perusahaan memiliki tujuan akhir yaitu guna memperoleh keuntungan atau profit yang setinggi-tingginya. Profit yang dimaksud disini yaitu laba bersih. Laba bersih itu sendiri akan bisa dilihat pada laporan keuangan perusahaan pada bagian laporan rugi laba komprehensif. Yang menjadi pertanyaan sekarang ini yaitu Bagaimanakah cara menghitung laba bersih pada sebuah perusahaan? Dari mana sajakah laba bersih tersebut didapat oleh perusahaan? Lanjutkan terus membaca uraian berikut ini dan anda akan memperoleh jawaban atas pertanyaan tersebut.

Cara Menghitung Laba Bersih

Guna memudahkan anda di dalam memahami cara menghitung laba sebuah perusahaan, Berikut ini adalah suatu formula sederhana guna menghitung laba bersih sebuah perusahaan:

Rumus Laba Bersih

Bisa disimpulkan bahwa rumus sederhana untuk menghitung laba bersih suatu perusahaan yaitu pendapatan dikurangi dengan beban, termasuk juga dikurangi oleh beban pajak. Hasilnya nanti akan diperoleh laba bersih.

Sumber pendapatan

Sumber pendapatan dari suatu perusahaan tentunya bisa berasal dari berbagai macam hal. Namun, secara umum pendapatan yang dimaksud yaitu pendapatan yang berasal dari sisi operasional, yakni dari sisi penjualan. Selain itu, terdapat lagi sumber pendapatan yang tidak berasal dari kegiatan operasional, misalnya adalah penjualan aset sebuah perusahaan. Penjualan aset perusahaan juga masuk ke dalam perhitungan laba bersih. Akan tetapi, rata-rata akan dimasukkan ke dalam pos total laba komprehensif tahun berjalan.

Baca Juga:   Cara Menghitung Current Ratio Dengan Sangat Mudah

Beban

Beban pada perusahaan akan di breakdown menjadi berbagai macam beban, contohnya adalah beban penjualan, beban umum dan beban administrasi, beban pokok penjualan dan beban yang lainnya. Sementara itu, contoh dari beban perusahaan yaitu beban pokok penjualan, beban gaji, beban telepon, beban listrik, beban air, beban promosi dan beban beban yang lainnya.

Berbagai macam perubahan itulah yang nantinya akan digunakan untuk mengurangi penjualan atau pendapatan dari perusahaan. Setelah pendapatan perusahaan dikurangi oleh semua beban yang ditanggung perusahaan, maka akan dihasilkan laba bersih, tentunya dengan syarat apabila nilai dari penjualan lebih tinggi dibandingkan dengan beban yang ditanggung perusahaan.

Begitu pula sebaliknya, apabila jumlah dari beban perusahaan lebih banyak dibandingkan penjualan, maka sebuah perusahaan akan disebut akan memperoleh rugi bersih. Supaya lebih jelas, di bawah ini merupakan proses contoh perhitungan laba bersih di perusahaan ICBP atau PT Indofood CBP.

contoh menghitung laba bersih

contoh laba bersih

Adapun rumus laba bersih bisa disimak pada laporan keuangan di atas. Laba tahun berjalan atau laba bersih diperoleh dari proses penjualan neto yang dikurangi dengan beban beban umum dan administrasi, beban penjualan dan distribusi, beban pokok penjualan, serta dikurangi lagi dengan beban pajak penghasilan. Pada akhirnya, akan dihasilkan laba bersih.

Baca Juga:   Cara Menjalankan Usaha Agar Sukses

Selanjutnya, apabila perusahaan mempunyai pendapatan yang lainnya di luar dari aktivitas penjualan, maka hal tersebut juga bisa Ditambahkan sebagai laba bersih menjadi total dari laba komprehensif tahun berjalan.

Demikianlah Uraian singkat tentang cara menghitung laba bersih yang bisa saya Uraikan di kesempatan kali ini. Intinya, untuk bisa memperoleh laba bersih di perusahaan adalah dengan cara mengurangi pendapatan dan berbagai macam beban yang ditanggung oleh perusahaan. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Cara Menghitung Current Ratio

Cara Menghitung Current Ratio Dengan Sangat Mudah

Likuiditas sebuah perusahaan adalah suatu kemampuan dari perusahaan guna memenuhi kewajiban finansial di dalam waktu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *