Home / Umum / Usaha / Cara Menghitung Lembur Pada Perusahaan

Cara Menghitung Lembur Pada Perusahaan

Guna memberikan perlindungan terhadap hak para pegawai atau pekerja, pihak pemerintah sudah membuat peraturan yang telah ditetapkan di dalam undang-undang nomor 13 tahun 2003 mengenai Ketenagakerjaan. Undang-undang tersebut berisi bahwasanya masing-masing tenaga kerja menempati kedudukan yang cukup penting sebagai bagian penggerak pembangunan.

Cara Menghitung Lembur Pada Perusahaan

Oleh sebab itulah, pihak pemerintah memberikan jaminan supaya masing-masing tenaga kerja memperoleh hak-hak mereka, tidak terkecuali hak yang berupa honor ataupun upah lembur. Selain itu, pemerintah juga sudah menetapkan Bagaimana cara menghitung lembur tersebut.

Kapankah jam kerja Anda dapat dikatakan sebagai lembur?

Yang dimaksud lembur yaitu pekerjaan yang dikerjakan di luar aturan dari waktu kerja secara umum. Berdasarkan Keputusan dari Menteri Tenaga Kerja serta transmigrasi Republik Indonesia Nomor KEP. 102 MEN VI 2004 Pasal 1 berbunyi bahwasanya Anda wajib untuk membayarkan Uang lembur kepada karyawan atau pegawai yang:

  1. Bekerja di hari istirahat baik itu mingguan maupun hari libur nasional
  2. Bekerja dengan jumlah durasi lebih dari 8 jam dalam sehari ataupun 40 jam dalam seminggu pada 5 hari kerja
  3. Bekerja dengan durasi lebih dari 7 hari dalam sehari ataupun 40 jam dalam seminggu pada 6 hari kerja

Tentunya, sebelumnya wajib terdapat persetujuan yang tertulis di antara anda dan pegawai yang berbentuk surat penugasan lembur atau SPL yang telah ditandatangani.

Baca Juga:   Sistem Kerja Perusahaan Pada Perusahaan Asuransi

Bagaimanakah cara menghitung honor lembur pegawai atau karyawan?

Proses penghitungan lembur pegawai atau karyawan dibedakan menjadi dua jenis, yaitu:

  1. Pada lembur harian, upah lembur yaitu 1,5 * upah setiap jam pada jam pertama lembur serta dua * upah setiap jam pada jam yang berikutnya.
  2. Pada lembur di hari istirahat maupun di hari libur nasional, maka perhitungannya adalah:
  3. Pada perusahaan yang bekerja 5 hari, maka upahnya yaitu 2 * upah 1 jam pada 8 jam yang pertama, dan 3 * upah setiap jam pada jam ke 9, serta 4 * upah setiap jam pada jam ke-10 dan jam ke-11.
  4. Pada perusahaan yang bekerja 6 hari, maka upahnya yaitu 2 * upah setiap jam pada 7 jam yang pertama, 3 * upah setiap jam pada jam yang ke 8, serta 4 * upah setiap jam pada jam ke 9 dan jam ke 10
  5. Pada hari libur yang kebetulan jatuhnya pada hari kerja paling pendek, contohnya adalah hari Jumat, maka upahnya yaitu 2 * upah setiap jam pada 5 jam yang pertama, tiga * upah setiap jam pada jam yang ke 6, serta 4 * upah setiap jam pada jam yang ke 7 dan jam yang ke 8

Catatan:

Honor atau upah dalam 1 jam dihitung menggunakan rumus 1/173 * honor dalam sebulan, yakni upah pokok satu bulan 100% lengkap dengan tunjangan tetap atau 75% dari honor pokok jika anda memperoleh tunjangan tetap dan juga tunjangan tidak tetap, berdasarkan peraturan dari Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi No. KEP. 102/MEN/VI/2004 Pasal 8 Ayat (2).

Baca Juga:   Fungsi Utama Dari Uang Dalam Masyarakat Ekonomi

Contoh cara menghitung lembur

Contohnya, anda mempunyai 1 orang karyawan yang bekerja secara lembur dalam durasi 3 jam di hari Kamis. Adapun gaji bulanan karyawan, termasuk di dalamnya adalah tunjangan tetap yaitu Rp. 3.000.000. Berapakah Uang lembur yang harus dibayarkan untuk karyawan anda?

Bagian pertama, anda wajib untuk menghitung upah dalam 1 jam terlebih dahulu. Upah dalam 1 jam yaitu:

Rp3.000.000 x 1/173 = Rp17.341

Bagian yang kedua, disebabkan aktivitas kelompok dikerjakan di hari kerja, maka upah yang diperlakukan yaitu 1,5 * upah sejam di jam yang pertama serta dua * upah dalam sejam pada jam yang selanjutnya. Maka perhitungannya adalah:

  • Upah lembur untuk jam yang pertama: 1,5 * Rp. 17.341 = Rp. 26.011
  • Upah lembur untuk jam yang kedua: 2 * Rp. 17.341 = Rp. 34.682
  • Upah lembur untuk jam yang ketiga: 2 * Rp. 17.341 = Rp. 34.682

Sehingga, total upah lembur yang didapatkan adalah: Rp. 26.011 + Rp. 34.682 + Rp. 34.682 = Rp.95.375

Akan tetapi, cukup disayangkan, manisnya aturan yang sudah ditetapkan oleh pihak pemerintah tidak selalu bisa sejalan dengan praktek yang terjadi di lapangan. Hal tersebut dikarenakan terdapat sejumlah perusahaan yang tidak cukup Adil di dalam membuat berbagai macam peraturan tentang jam kerja shift ataupun cara menghitung gaji para pegawai atau karyawan yang. Adapun salah satu faktor yang menyebabkan hal tersebut yaitu mengenai kesulitan penghitungan gaji, terlebih mengingat rumitnya rumus proses penghitungan gaji lembur karyawan seperti yang telah diuraikan pada bagian atas.

Baca Juga:   Bagaimana Perhitungan Gaji 13 yang benar?

Namun, ada kabar baik pula di mana sekarang ini sudah banyak teknologi-teknologi software aplikasi absensi yang bisa digunakan untuk membantu proses menghitung waktu lembur karyawan dan tentunya mampu untuk membantu proses penghitungan gaji lembur karyawan atau pegawai pada sebuah instansi perusahaan. Tentunya, dengan memanfaatkan berbagai macam software tersebut, maka validasi dari kehadiran atau absensi karyawan semakin baik dan tentunya kemudahan dari menghitung uang lembur juga akan semakin di dapat.

Demikianlah Uraian singkat tentang cara menghitung lembur yang bisa penulis jabarkan di kesempatan yang baik ini. Semoga saja, informasi di atas mampu membantu para bendahara sebuah instansi atau perusahaan di dalam menghitung upah lembur karyawan atau pegawai di sebuah perusahaan sehingga para karyawan atau pegawai akan memperoleh hak-hak mereka. Terima kasih.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Cara Menghitung Current Ratio

Cara Menghitung Current Ratio Dengan Sangat Mudah

Likuiditas sebuah perusahaan adalah suatu kemampuan dari perusahaan guna memenuhi kewajiban finansial di dalam waktu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *