Home / Elektronika / Cara Mengukur Ampere Dengan Multitester Paling Mudah

Cara Mengukur Ampere Dengan Multitester Paling Mudah

Bagi yang sudah Mahir di dunia elektronika maupun kelistrikan tentu tidak akan memiliki masalah tentang cara mengukur ampere dengan multitester. Namun hal tersebut tidak berlaku bagi para pemula di dunia elektronika maupun kelistrikan, yang kadangkala masih bingung menggunakan multitester untuk mengukur besarnya arus pada suatu beban. Cara mengukur arus listrik dengan multitester tentunya berbeda dengan cara mengukur tegangan maupun hambatan.

Cara Mengukur Ampere Dengan Multitester

Guna menghindari kekeliruan di dalam mengukur arus listrik dengan multitester, maka pada kesempatan yang baik ini, saya akan membahas mengenai cara mengukur ampere dengan multitester. Dengan memahami teknik mengukur arus listrik dengan multitester, maka kita bisa terhindar dari adanya hubung singkat pada proses pengukuran arus listrik tersebut, sebab penerapan mengukur arus listrik dengan multitester yang disamakan dengan mengukur tegangan listrik akan membuat hubung pendek pada beban.

Cara mengukur ampere dengan multitester.

Walaupun terdapat perbedaan yang cukup mencolok proses pengukuran arus listrik dengan multitester, namun pekerjaan tersebut bukanlah pekerjaan yang sulit untuk dilakukan. Bahkan, mengukur arus listrik menggunakan multitester pada dasarnya adalah sama mudahnya dengan mengukur tegangan listrik menggunakan multitester. Berikut ini adalah urutan demi urutan Bagaimana cara mengukur ampere menggunakan multitester.

Baca Juga:   Skema Rangkaian Subwoofer Sederhana Dan Mini Namun Mantap

Langkah pertama, silakan Anda tempatkan saklar selektor pada multitester pada posisi arus atau ampere (A). Anda harus memastikan bahwa posisi saklar selektor pada multitester berada di atas besarnya arus listrik yang hendak diukur. Misalnya, apabila arus listrik yang hendak diukur adalah 50 mili ampere, maka posisi saklar selektor harus di angka 100 miliampere atau diatasnya. Hal tersebut bertujuan agar sekring di dalam multitester tidak putus. Apabila posisi saklar selector berada di bawah besarnya arus listrik yang hendak diukur, maka hal tersebut akan menyebabkan sekring putus.

Selanjutnya, Silakan Anda hubungkan salah satu kabel dari multitester salah satu sumber listrik yang hendak diukur. Misalnya adalah kutub positif pada aki

Langkah berikutnya, silahkan anda putuskan salah satu kabel yang terhubung pada beban, lalu Anda sambungkan kabel multitester pada kabel yang sudah terputus tersebut.

Dengan melakukan hal tersebut, maka besarnya arus listrik yang mengalir pada beban bisa terbaca. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa melihat gambar berikut ini.

Baca Juga:   Cara Membuat Sekring Otomatis Hanya Memanfaatkan Lampu Bohlam

Cara Mengukur Ampere Dengan Multitester Paling Mudah

Demikianlah Uraian singkat tentang cara mengukur ampere dengan multitester yang bisa saya ulas pada kesempatan yang baik ini. Hati-hatilah di dalam mengukur besarnya arus listrik menggunakan multitester, sebab pada multitester analog batas maksimal arus listrik yang bisa diukur masih kecil, yakni dibawah 1 ampere. Berbeda dengan multitester digital yang mana batas maksimal pengukuran arus listrik bisa mencapai 10 ampere, bahkan ada yang sampai 20 ampere. Mudah-mudahan bermanfaat.

Artikel menarik lainnya

Cara Mengukur Baterai Dari Sisi Tegangan

Cara Mengukur Baterai Dari Sisi Tegangan

Apakah anda belum memahami cara mengetahui tegangan suatu baterai? Pada kesempatan yang baik ini, saya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *