Home / Elektronika / Cara Mengukur Ampere Trafo Dengan Multimeter Dan Clamp Meter

Cara Mengukur Ampere Trafo Dengan Multimeter Dan Clamp Meter

Apakah ada cara mengukur Ampere trafo dengan multimeter dan clamp meter? Tentunya, fungsi dari mengukur ampere pada trafo adalah untuk mengetahui isi sebenarnya dari trafo yang Anda beli. Setelah kita mengetahui besarnya Ampere trafo, maka kita akan paham Apakah arus listrik yang dihasilkan pada trafo tersebut murni atau tidak.

Cara Mengukur Ampere Trafo

Pada kesempatan yang baik ini, saya akan mencoba untuk mengulas cara mengukur arus listrik pada trafo dengan menggunakan multimeter dan clamp meter Atau tang ampere. Tentunya, bagus dan tidaknya kualitas pada trafo serta murni tidaknya suatu trafo akan mempengaruhi harga dari penjualan trafo itu sendiri. Akan tetapi, apakah trafo yang dijual tersebut telah sesuai dengan harga yang kita bayarkan tentu akan membuat penasaran bagi setiap pembelinya.

Sebenarnya, guna mengetahui atau mengukur isi pada trafo bisa dilakukan dengan cara yang amat sederhana. Cara yang digunakan adalah dengan memakai clamp meter atau tang ampere dan juga multimeter. Kedua alat tersebut sudah sangat cukup guna bisa digunakan untuk mengetahui pemurnian pada suatu trafo. Untuk bisa memahami lebih lanjut cara mengukur Ampere trafo baik dengan multimeter atau clamp meter/ tang ampere, silakan Anda Baca terus uraian berikut ini.

Baca Juga:   Cara Menyambung Kabel Listrik Satu Saklar Dua Lampu

Cara mengukur Ampere trafo dengan multimeter dan clamp meter

Unit multimeter Yang memiliki kualitas cukup baik rata-rata memiliki fitur untuk melakukan pengukuran ampere pada trafo. Tentunya, hal tersebut akan berbeda pada multimeter yang harganya cukup murah di mana rata-rata hanya menyediakan opsi untuk mengukur arus listrik pada skala yang cukup kecil. Kemampuan proses pengukuran pada jenis multimeter tersebut amatlah terbatas. Jenis multimeter jarum atau analog adalah salah satu contoh dari multimeter yang cuma mempunyai kemampuan pengukuran arus listrik dalam satuan mili ampere yang sangat kecil.

Oleh sebab itulah, amat disarankan untuk memakai multimeter digital yang terdapat fitur untuk mengukur besarnya ampere. Apabila tidak tersedia, anda bisa mencoba membeli clamp meter atau tang ampere. Dengan memakai tang ampere, maka hampir seluruh range pengukuran arus listrik bisa di cover. Selain itu, tang ampere sekarang ini juga sudah tersedia dengan harga yang cukup murah.

Cara memakai tang ampere atau clamp meter

Setelah anda mempunyai clamp meter atau tang ampere, maka hal tersebut bukan berarti anda bisa secara langsung melakukan proses pengukuran ampere pada suatu trafo. Kondisi tersebut kerap kali terjadi pada pengguna yang belum mengerti tentang cara kerja dari clamp meter atau tang ampere. Guna bisa mengetahui besarnya arus listrik yang bisa ditangani oleh suatu trafo, maka tentunya kita membutuhkan beban untuk dihubungkan ke trafo tersebut.Beban tersebut nantinya akan mampu menarik arus listrik dari trafo yang hendak diukur.

Baca Juga:   Cara Membuat Rangkaian Paralel Sederhana

Sebagai contoh, misalkan Anda hendak mengukur suatu trafo berkapasitas 10 ampere, apakah memiliki kemampuan untuk dipakai guna menarik arus listrik sebesar 5 Ampere. Langkah pertama adalah dengan mencari suatu beban yang bisa menimbulkan arus listrik yang mengalir ke dalam suatu resistor sampai dengan 5 Ampere. Adapun beban yang dipakai bisa berupa suatu resistor dengan ukuran yang cukup besar, atau mungkin suatu power yang telah dirakit.

Tahapan pengukuran

  1. Silakan Anda setel tang ampere pada posisi pengukuran lebih dari 5 Ampere. Tentunya, kondisi tersebut bergantung setelan yang tersedia pada tang ampere yang anda miliki.
  2. Silakan Anda mulai mengalirkan listrik pada trafo yang telah dipasangkan beban sebelumnya.
  3. Silakan Anda jepit salah satu kabel output dari trafo menggunakan tang ampere. Contohnya adalah 0 volt atau 15 volt. Langkahnya adalah tang ampere dilingkarkan lewat kabel nol maupun kabel 15 volt.
  4. Silakan anda baca angka yang muncul pada alat tang ampere tersebut
  5. Angka yang muncul tersebut adalah besarnya arus listrik yang sedang ditarik oleh beban di saat itu.
Baca Juga:   Cara Membuat Antena TV Sederhana Memakai Pipa Paralon

Uraian singkat tentang cara mengukur Ampere trafo dengan multimeter dan clamp meter atau tang ampere. Bisa disimpulkan bahwa penggunaan clamp meter atau tang ampere untuk mengukur arus listrik merupakan langkah yang lebih efisien dan lebih fleksibel dibandingkan mengukur besarnya arus listrik pada trafo menggunakan multimeter karena keterbatasan batasan maksimal arus listrik yang bisa diukur menggunakan alat tersebut. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Cara Mengukur Nilai Hambatan Pada Led

Cara Mengukur Nilai Hambatan Pada Led Dengan Sangat Mudah

Rata-rata, pemakaian dari lampu LED tersebut disuplai dari tegangan yang melewati titik kerja dari tegangan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *