Home / Elektronika / Cara Mengukur Arus Listrik Menggunakan Multimeter

Cara Mengukur Arus Listrik Menggunakan Multimeter

Mempelajari cara mengukur arus listrik menggunakan multimeter adalah salah satu hal wajib yang harus dipahami dan dimengerti oleh setiap orang yang hendak terjun di dunia elektronika maupun kelistrikan. Kemampuan di dalam memahami arus listrik tegangan listrik serta hambatan listrik adalah dasar penting di dalam bekerja di bidang elektronik tersebut. Oleh sebab itulah, para pemula di dunia elektronika dan kelistrikan harus memahami dengan sebaik-baiknya tentang cara mengukur arus listrik tersebut.

Cara Mengukur Arus Listrik Menggunakan Multimeter

Sebenarnya, aktivitas pengukuran arus listrik Tidaklah terlalu rumit. Bahkan, apabila anda bisa mempelajari secara otodidak penggunaan multimeter, maka kemampuan anda di dalam pengukuran tegangan listrik dan hambatan juga bisa dipelajari dengan cukup mudah. Namun, tentunya bagi para pemula yang baru saja terjun di dunia elektronika harus meraba-raba terlebih dahulu cara mengukur arus listrik sehingga mereka benar-benar Paham di dalam mempraktekkannya.

Pada proses pengukuran arus listrik tentunya bisa dilakukan dengan berbagai macam alat. Para teknisi yang sudah Mahir rata-rata menggunakan clamp meter atau tang ampere guna mengetahui aliran arus listrik yang ada pada sebuah penghantar. Proses penggunaan dari tang ampere juga tentunya cukup mudah untuk dilakukan dan besarnya arus listrik yang bisa diukur menggunakan tang ampere tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan multimeter.

Baca Juga:   Alat Pengukur Medan Magnet Menggunakan Teslameter

Hanya saja, rata-rata orang mempunyai multimeter sebagai sebuah alat ukur karena fungsinya yang cukup banyak. Oleh sebab itulah, Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba untuk membahas Bagaimana cara mengukur arus dengan multimeter analog. Multimeter analog adalah salah satu jenis alat ukur di dunia elektronika dan kelistrikan dimana display yang digunakan untuk menampilkan hasil pengukuran masih berupa analog, yakni masih berupa jarum yang menunjukkan pada skala tertentu.

Perlu diketahui bersama bahwasanya multimeter analog memiliki keterbatasan jika digunakan untuk mengukur besarnya arus listrik pada sebuah penghantar. Keterbatasan yang paling umum adalah besarnya arus listrik yang bisa diukur sangatlah kecil. Rata-rata, multimeter analog memiliki kemampuan untuk mengukur besarnya arus listrik pada sebuah penghantar kurang dari 1 ampere. Apabila multimeter tersebut dipaksakan untuk mengukur arus listrik dengan besar lebih dari 1 ampere, maka akan menyebabkan sikring didalamnya terputus.

Cara mengukur arus listrik dengan multimeter

Baiklah, bagi Anda yang ingin belajar Bagaimana cara mengukur arus dengan multimeter, maka silakan Anda simak beberapa langkah berikut ini.

  1. Langkah pertama, Anda harus mempersiapkan sumber listrik dengan beban yang akan diukur arus Listrik yang masuk ke dalam beban tersebut.
  2. Langkah berikutnya, silakan Anda tempatkan saklar selektor pada multimeter di posisi ampere meter. Pastikan anda menempatkan saklar selector tersebut pada skala yang paling tinggi atau lebih tinggi dari besarnya arus yang hendak diukur.
  3. Selanjutnya, silakan Anda putuskan salah satu jalur dari sumber listrik yang menuju ke beban.
  4. Pada sumber listrik yang diputus tersebut, hubungkan satu kabel dari multimeter ke kabel yang menuju ke sumber listrik, kemudian hubungkan kembali satu kabel dari multimeter yang lainnya kebagian kabel yang menuju ke beban.
  5. Langkah selanjutnya, silakan Anda Nyalakan beban atau alat Elektronika yang hendak diukur arus listriknya
  6. Apabila berhasil, maka jarum pada multimeter akan bergerak dan menunjukkan pada skala tertentu. Silahkan anda baca Nilai atau angka yang ditunjukkan oleh jarum multimeter tersebut sesuai dengan skala yang dipilih pada saklar selektor.
Baca Juga:   Skema Rangkaian BBE Paling Simple Namun Sangat Mantap Bassnya

Demikianlah Uraian singkat tentang cara mengukur arus listrik menggunakan multimeter yang bisa saya bahas Pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan, informasi singkat di atas mampu memberikan pencerahan kepada Anda bagaimana cara menggunakan multimeter untuk mengukur arus listrik pada sebuah beban elektronika maupun beban kelistrikan. Terima kasih dan selamat praktek, Semoga berhasil.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Cara Menghitung Biaya Listrik

Cara Menghitung Biaya Listrik Untuk Semua Golongan

Untuk para pemakai listrik jenis pascabayar, maka tentunya wajib untuk anda memahami cara mengetahui dan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *