Home / Elektronika / Cara Mengukur Avometer Dengan Benar

Cara Mengukur Avometer Dengan Benar

Istilah cara mengukur avometer dengan benar adalah sama dengan istilah cara menggunakan avometer untuk mengukur berbagai macam bagian penting pada bidang elektronika maupun kelistrikan. Alat avometer tersebut adalah sama dengan alat multimeter atau multitester. Sebab sebenarnya avometer merupakan singkatan dari ampere volt ohm meter, di mana hal tersebut memiliki kemampuan untuk mengetahui nilai arus, tegangan dan hambatan pada sebuah komponen.

Cara Mengukur Avometer

Tentunya, berdasarkan namanya maka avometer tersebut memiliki tiga fungsi sekaligus yaitu untuk mengukur arus listrik, tegangan listrik dan hambatan. Dengan demikian, satu alat Bisa Memiliki fungsi sampai dengan 3. Untuk membantu anda di dalam memahami Bagaimana cara mengukur avometer dengan baik dan benar, maka pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membahas nya dengan Cukup sederhana, namun mudah dipahami.

Cara menggunakan avometer

Baiklah, langsung saja silakan Anda pahami 3 fungsi pada avometer berikut. Supaya mendapatkan hasil lebih maksimal, maka anda bisa langsung mempraktekkannya apabila sudah memiliki alat ukur avometer tersebut.

1. Cara menggunakan amperemeter

Salah satu bagian dari avo meter adalah ampere meter, yaitu Sebuah alat yang memiliki fungsi guna mengetahui besarnya arus listrik yang mengalir di suatu pengkabelan. Rata-rata, proses pengukuran menggunakan amperemeter tersebut dilakukan pada listrik arus searah atau DC yang cukup kecil, misalnya adalah pengukuran di rangkaian elektronika.

Baca Juga:   Sistem Kerja GPS Sebenarnya Sederhana

Sementara itu, proses pengukuran arus listrik bolak-balik atau AC yang cukup besar memakai clamp meter atau tang meter. Lantas, Bagaimanakah cara memakai avometer tersebut guna melakukan pengukuran arus listrik di suatu rangkaian? Langkah yang pertama, silakan Anda lakukan pengaturan terlebih dahulu pada saklar selektor di posisi direct current ampere DCA, yang mana berguna untuk melakukan pengukuran arus listrik searah. Langkah selanjutnya, proses pengukuran dilakukan dengan cara mengkoneksikan kedua kabel dari avometer tersebut pada pengkabelan yang hendak diukur.

Bagian yang paling penting pada proses mengkoneksikan kedua kabel pada avometer dengan pengkabelan atau rangkaian yang akan diukur adalah avometer harus dipasang secara seri terhadap rangkaian. Apabila anda melakukan pengukuran dengan cara mengkoneksikan kabel avo meter secara paralel pada pengkabelan atau rangkaian, maka hal tersebut akan menyebabkan hubungan pendek atau korsleting.

2. Cara menggunakan voltmeter

Bagian voltmeter di peralatan avometer memiliki fungsi guna melakukan pengukuran nilai tegangan di sumber listrik AC maupun DC berdasarkan fungsi dari voltmeter tersebut. Langkah memakai avometer guna mengukur arus listrik dan tegangan bisa dipastikan memiliki perbedaan. Jika pada penggunaan amperemeter dipasang secara seri terhadap pengkabelan yang diukur, maka pada voltmeter wajib dipasang secara paralel terhadap sumber tegangan yang hendak diukur.

Baca Juga:   Cara mudah membuat cas aki sederhana dan simpel

Pekerjaan tersebut wajib untuk dilakukan sebelum mengerjakan pengukuran avometer. Langkah-langkah yang bisa anda tempuh adalah aturlah bagian saklar selektor pada avometer di posisi ACV apabila anda hendak mengukur tegangan bolak-balik atau DCV apabila anda hendak mengukur tegangan searah. Berikutnya, silakan Anda lakukan pengukuran tegangan listrik dengan cara mengkoneksikan kedua kabel pada avometer tersebut pada sumber listrik. Selanjutnya, Anda bisa melihat hasil pengukuran tegangan listrik pada layar. Jika Anda memakai avometer digital, maka nilai tegangan bisa langsung dibaca tanpa harus membandingkan dengan skala pada saklar selektor.

3. Cara menggunakan Ohm meter

Ohm meter di peralatan avo meter memiliki fungsi guna melakukan pengukuran besarnya nilai resistansi atau hambatan di berbagai macam komponen komponen elektronika, misalnya adalah bioda, transistor, resistor dan lain sebagainya. Disamping itu, Ohm meter juga dapat dipakai guna mengetahui kondisi sebuah kabel listrik Apakah sudah terputus atau masih tersambung dengan baik. Adapun cara dan prosedur memakai avometer yang wajib dikerjakan guna melakukan pengukuran resistansi atau hambatan adalah sebagai berikut.

Baca Juga:   Sistem Kerja Chiller dan Contohnya

Tahapan pertama, silakan Anda atur bagian saklar selector di posisi OHM. Langkah berikutnya, silakan Anda sambungkan dua buah kabel dari peralatan avometer tersebut langsung pada kabel atau resistor yang akan diukur. Apabila Anda memakai avometer digital, maka nilai dari hambatan dapat dilihat secara langsung. Namun, apabila anda menggunakan avometer analog, maka anda harus membandingkan terlebih dahulu angka yang ditunjukkan pada jarum display dengan skala yang anda pilih pada saklar selektor. Anda harus memastikan bahwa pada saat mengukur resistansi atau hambatan pada komponen elektronika maupun kabel harus terbebas terlebih dahulu dari tegangan listrik.

Demikianlah Uraian singkat tentang cara mengukur avometer atau menggunakan avometer dengan baik dan benar. Walaupun sederhana, tentunya para pemula kerapkali mencari tutorial cara menggunakan avometer dengan baik dan benar sehingga tentunya artikel ini layak untuk dibaca. Terima kasih dan selamat praktek, Semoga berhasil.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Cara Mengukur Nilai Hambatan Pada Led

Cara Mengukur Nilai Hambatan Pada Led Dengan Sangat Mudah

Rata-rata, pemakaian dari lampu LED tersebut disuplai dari tegangan yang melewati titik kerja dari tegangan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *