Home / Elektronika / Cara Mengukur IC Yang Mengalami Kerusakan

Cara Mengukur IC Yang Mengalami Kerusakan

IC adalah salah satu komponen elektronika yang dibuat dengan cukup kompleks dan memiliki fungsi cukup beragam. Pada kesempatan yang baik ini, saya akan mencoba untuk mengulas cara mengukur IC yang mengalami kerusakan dengan baik dan benar sehingga anda memiliki keyakinan apakah komponen IC tersebut harus diganti atau tidak.

Cara Mengukur IC Yang Mengalami Kerusakan

Tentunya, artikel pada kesempatan kali ini memiliki manfaat yang cukup baik untuk anda pahami. Sebab, nantinya informasi berikut ini akan sangat berguna bagi mereka para teknisi pemula yang kemampuan di dalam pengecekan komponen IC masih belum begitu mahir. Contoh penerapannya adalah untuk mengecek kondisi IC partikel pada sebuah televisi rusak atau tidak.

Tentunya, sudah cukup banyak orang yang memahami bahwasanya bagian vertikal pada sebuah televisi merupakan bagian yang cukup sering mengalami kerusakan. Oleh karena itu, tentunya sangat tepat ketika anda mempelajari artikel pada kesempatan kali ini yang di dalamnya akan membahas tentang cara mengukur ic, khususnya adalah pada bagian vertikal televisi. Permasalahan tersebut tentunya kerap kali ditemukan pada saat anda nantinya bekerja sebagai seorang teknisi elektronika spesialis untuk perbaikan televisi tabung.

Baca Juga:   Cara Membuat Speaker Suara Moge

Pada kesempatan yang baik ini, saya akan mencoba untuk menerangkan sejumlah langkah yang dapat anda terapkan guna melakukan pengecekan apakah komponen IC pada bagian vertikal mengalami kerusakan atau tidak. Silakan ikuti terus penjabarannya berikut ini.

Cara mengukur IC yang mengalami kerusakan pada bagian vertikal televisi

1. Ketika pertama kali televisi dinyalakan, silakan anda pegang bagian pendingin pada IC partikel tersebut.

Teknik ini termasuk kedalam teknik yang sangat mudah untuk dilakukan, akan tetapi dapat melakukan pendeteksian apakah komponen IC mengalami kerusakan atau tidak. Ketika televisi dinyalakan untuk pertama kalinya, maka kondisi dari IC haruslah tidak terlalu panas. Namun, jika anda memegang bagian pendingin tersebut dan merasakan suhu yang terlalu panas, maka sangat dimungkinkan bahwa IC tersebut sudah rusak.

2. Lakukan pengukuran tegangan pada bagian vcc di IC vertikal

Langkah berikutnya, guna mengetahui apakah pada komponen IC partikel mengalami kerusakan atau tidak adalah dengan cara melakukan pengukuran besarnya tegangan pada pin vcc atau b+ pada IC vertical. Adapun besarnya tegangan pada bagian pin tersebut berkisar antara 12 vdc yang bersumber dari bagian flyback untuk pin 24v.

Baca Juga:   Cara Mengukur Avometer Dengan Benar

Ketika anda melakukan pengukuran tidak terdapat tegangan, silakan anda mencoba untuk melanjutkan melepas bagian pin vcc maupun b+ pada IC tersebut. Jika ketika dilepaskan terdapat tegangan, maka sangat dimungkinkan bahwa IC vertikal mengalami kerusakan

3. Perhatikan dengan teliti bagian body IC vertikal

Langkah berikutnya, silakan anda perhatikan dengan baik baik body komponen IC vertikal serta jangan perhatikan untuk body selain dari komponen IC vertikal tersebut. Jika ketika anda memperhatikan bagian body IC tersebut terdapat bagian yang hangus, retak, maupun terbakar, maka anda bisa langsung mengganti komponen IC tersebut dengan tipe dan seri yang sama.

4. Lakukan pengukuran besarnya tegangan output pada IC vertikal

Sesungguhnya, saya hendak menyudahi artikel pada kesempatan kali ini sampai dengan langkah ketiga saja. Akan tetapi, mungkin karena saya menganggap bahwa informasi berikut ini cukup penting maka alangkah baiknya saya sekalian memberikan informasi yang cukup bermanfaat untuk anda sekalian.

Anda bisa mengukur bagian output pada komponen IC partikel. Besarnya tegangan pada bagian pin tersebut sekitar 16 vdc. Jika anda mengukur bagian b+ vertikal terdapat tegangan dan tegangan yang berasal dari osilator yang ada pada IC croma juga telah sampai pada pin IC vertical, akan tetapi komponen IC tetap saja tidak keluar tegangan, maka besar kemungkinan bahwa IC tersebut sudah mengalami kerusakan.

Baca Juga:   Cara Kerja Sistem Pendingin AC Secara Umum

Demikianlah uraian singkat tentang bagaimana cara mengukur IC yang mengalami kerusakan, khususnya adalah pada bagian vertikal di televisi jenis tabung. Mudah-mudahan, anda yang sekarang ini sedang menggeluti dunia elektronika, bisa terbantu dengan tulisan sederhana di atas. Terima kasih, selamat praktek dan semoga berhasil.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Cara Mengukur Nilai Hambatan Pada Led

Cara Mengukur Nilai Hambatan Pada Led Dengan Sangat Mudah

Rata-rata, pemakaian dari lampu LED tersebut disuplai dari tegangan yang melewati titik kerja dari tegangan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *