Home / Tips dan Trik / Cara Mengukur Jarak Di Google Map Android

Cara Mengukur Jarak Di Google Map Android

Perkembangan teknologi sekarang ini sangatlah pesat, salah satunya adalah kemudahan di dalam memanfaatkan Smartphone untuk mengukur jarak dengan memanfaatkan sebuah aplikasi dari Google Map. Tentu, fasilitas-fasilitas yang diberikan oleh Google Map yang ada di Android sangatlah banyak di mana masing-masing individu bisa memanfaatkannya pada berbagai macam keperluan.

Cara Mengukur Jarak Di Google Map Android

Dengan adanya bantuan dari Google Map, maka tentunya kita tidak perlu lagi untuk merasa takut akan tersesat. Disamping itu, seperti yang sudah di singgung pada paragraf awal bahwa Google Map bisa digunakan untuk mengukur jarak dari titik satu ke titik dua. Selain itu, sebenarnya Google Map juga bisa dimanfaatkan untuk mengukur jarak lebih dari satu titik.

Cara mengukur jarak dengan Google Map di Android Maupun iphone

Seperti yang telah dibahas pada How to geek, Fasilitas pada Google Map bisa dipakai baik yang ada pada versi mobile maupun pada versi desktop. Tentunya, kemudahan-kemudahan yang ditawarkan baik pada versi desktop maupun pada versi mobile memiliki keuntungan tersendiri.

Baca Juga:   Cara Mempercepat Booting Windows 7 Dalam 3 Langkah

Guna melakukan perhitungan jarak di map pada perangkat mobile, baik itu yang menggunakan sistem operasi ios maupun Android, bisa dilakukan dengan sangat mudah. Langkah pertama, silakan Anda membuka aplikasi Maps. Selanjutnya, silakan Anda memilih titik awal dengan cara mengetuk layar dengan durasi beberapa saat. Selanjutnya, sebuah PIN akan dimunculkan pada peta. Pada bagian bawah, anda nantinya akan melihat tulisan “Dropped Pin”. Silakan Anda Perhatikan gambar di bawah ini.

Cara Mengukur Jarak Di Google Map Android

Di bagian “Dropped Pin”, silakan Anda slide ke bagian atas. Selanjutnya, di bagian bawah penjelasan mengenai tempat yang sudah anda pilih akan muncul opsi ” measure distance”. Silakan Anda sentuh pilihan tersebut. Kemudian, langkah berikutnya silakan Anda gerakan jari pada layar guna menentukan titik yang ke-2. Anda tentunya dapat melakukan penambahan titik ketiga, titik ke-4, dan titik selanjutnya dengan cara mengetuk “add point” dengan lambang yakni icon bulat dengan warna biru di bagian sebelah kanan.

Cara Mengukur Jarak Di Google Map Android

Cara mengukur jarak dengan Google Map di komputer

Untuk mengukur jarak menggunakan Google Map di komputer, langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan mengakses Google Maps dengan cara mengetik alamat Maps.google.com. Berikutnya, silakan Anda klik sebuah lokasi yang akan dijadikan sebagai titik Pertama. Selanjutnya, silakan Anda Klik Kanan serta pilih menu measure distance.

Baca Juga:   Cara Masuk Safe Mode Windows 7 Dengan Cepat

Cara Mengukur Jarak Di Google Map Android

Pada langkah berikutnya, anda hanyalah cukup untuk mengklik bagian titik yang kedua. Apabila anda hendak menambahkan sejumlah titik berikutnya, maka anda bisa melakukannya dengan cara mengklik titik titik berikutnya. Bagian total jarak kemudian akan dimunculkan di bagian dekat titik paling akhir. Perhatikan pada gambar di bawah ini.

Cara Mengukur Jarak Di Google Map Android

Sekian Uraian singkat mengenai cara mengukur jarak di Google Map baik menggunakan smartphone berbasis Android maupun ios dan juga menggunakan komputer. Dengan mengetahui cara mengukur jarak dengan Google Map, maka langkah manual di dalam mengukur jarak menggunakan meteran yang terlalu rumit bisa dihilangkan. Semoga bermanfaat.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Cara Mengukur Tinggi Badan

Cara Mengukur Tinggi Badan Tanpa Alat Ukur Pada Wanita Dan Pria

Masing-masing wanita tentang mengharapkan untuk bisa tumbuh lebih tinggi secara maksimal. Seorang wanita yang mempunyai …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *