Home / Umum / Kesehatan / Cara Mengukur Lingkar Pinggang Dan Mudah Untuk Dikerjakan Siapapun

Cara Mengukur Lingkar Pinggang Dan Mudah Untuk Dikerjakan Siapapun

Sebelum kita membahas mengenai cara mengukur lingkar pinggang, maka Mari kita bahas terlebih dahulu tentang pengertian dari ukuran lingkar pinggang atau lingkar perut. Ukuran lingkar perut atau ukuran lingkar pinggang yaitu besaran dari panjang keliling badan seseorang di bagian perut yang posisinya sejajar dengan bagian pusar.

Cara Mengukur Lingkar Pinggang

Adapun satuan dari ukuran lingkar pinggang sering dipakai ukuran inchi ataupun cm. Tentunya, satuan tersebut mengikuti kebiasaan dari masing-masing penjahit. Namun, untuk penjahit Indonesia, rata-rata mereka lebih memilih satuan cm dibandingkan satuan inchi. Hal tersebut dikarenakan satuan cm sudah lebih dahulu melekat di benak mereka para penjahit baju.

Manfaat Dari Ukuran Lingkar Pinggang

Terlepas dari kebutuhan untuk menjahit pakaian, pada dunia kesehatan, Ukuran dari lingkar pinggang maupun ukuran dari lingkar perut memiliki fungsi guna menilai kondisi tubuh dari seseorang dengan kualitatif dilihat dari kandungan lemak yang ada pada tubuh mereka. Adapun hasil dari proses pengukuran lingkar pinggang tersebut mampu untuk memberikan gambaran secara kualitatif tentang banyaknya kandungan lemak didalam tubuh, terutama lemak pada bagian perut. Langkahnya adalah dengan cara melakukan perbandingan dengan ukuran lingkar perut secara rata-rata pada manusia yang normal dari berbagai macam komunitas yang sama, baik itu dari umur, tinggi badan, jenis kelamin, ras dan lain sebagainya.

Baca Juga:   Fungsi Utama Protein Bagi Tubuh Manusia

Ketika kita memahami ukuran lingkar pinggang seseorang, maka nantinya bisa dipahami Apakah kondisi dari tubuh seseorang tersebut terlalu gemuk, terlalu kurus atau pun cukup ideal. Tentunya, ukuran dari lingkar pinggang tidak dapat dijadikan sebagai sebuah bahan diagnosa terhadap suatu penyakit maupun kondisi dari kesehatan seseorang.

Maksudnya adalah, orang yang mempunyai tubuh kurus ataupun gemuk belum tentu kondisinya tidak sehat, begitu pula sebaliknya, orang yang memiliki tubuh ideal juga belum tentu dalam kondisi sehat. Pemakaian dari ukuran lingkar pinggang berguna untuk memberikan penilaian tentang kadar lemak di dalam tubuh seseorang serta memiliki sejumlah keterbatasan sehingga tidak bisa berlaku untuk setiap orang, misalnya adalah binaragawan, wanita hamil, Manula maupun orang cacat.

Peralatan yang dibutuhkan pada kegiatan pengukuran lingkar pinggang

Adapun alat yang diperlukan untuk keperluan pengukuran lingkar pinggang diantaranya adalah meteran yang cukup elastis, Biasanya berupa pita meteran.

Langkah mengukur lingkar pinggang

  1. Beberapa urutan di dalam melakukan pengukuran lingkar pinggang yang baik dan benar yaitu:
  2. Silakan membuka sebagian baju sehingga bagian dari badan yang sejajar dengan bagian pusar terbuka.
  3. Selanjutnya, silakan Anda Tarik nafas seperti biasa, sehingga bagian perut berada pada kondisi normal
  4. Manfaatkan meteran guna mengukur lingkar perut yang sejajar dengan bagian pusar, tentunya diawali dari bagian pusar.
  5. Selanjutnya, lingkarkan lah meteran tersebut menempel dengan cukup longgar pada bagian kulit di sekeliling perut.
  6. Silakan Anda membaca skala di meteran.
  7. Kerjakan proses pengukuran sekali lagi dengan langkah dan prosedur yang sama seperti di atas guna meyakinkan hasil dari proses pengukuran yang anda lakukan.
Baca Juga:   Cara Mengukur Berat Badan Bayi Ideal Dengan Benar

Demikianlah sejumlah urutan mengenai cara mengukur lingkar pinggang dengan mudah serta bisa dikerjakan oleh siapa pun. Tentunya, berbagai macam manfaat bisa didapat dari kemampuan mengukur lingkar pinggang tersebut, baik untuk dunia kesehatan maupun untuk dunia menjahit. Akhir kata, semoga artikel di atas bisa memberikan manfaat untuk pengunjung sekalian. Terima kasih dan selamat beraktifitas.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Cara Menghitung BMI

Cara Menghitung BMI Agar Berat Badan Dan Kesehatan Tetap Terjaga

BMI memiliki kepanjangan body Mass index atau merupakan salah satu langkah yang dipakai guna mengukur …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *