Home / Umum / Pola Pikir / Cara Mengukur Motivasi Seorang Karyawan Yang Wajib Dikerjakan Oleh Perusahaan

Cara Mengukur Motivasi Seorang Karyawan Yang Wajib Dikerjakan Oleh Perusahaan

Kinerja seorang karyawan adalah merupakan hasil kerja yang sudah dicapai oleh setiap karyawan yang didasarkan pada standar yang sudah dibuat atau ditetapkan. Supaya kinerja dari Setiap karyawan dapat mencapai pada titik puncak yang terbaik, maka dibutuhkan sebuah penilaian. Salah satunya adalah dengan memahami cara mengukur motivasi seorang karyawan yang harus dimiliki oleh seorang pimpinan.

Cara Mengukur Motivasi Seorang Karyawan

Adapun proses penilaian kinerja dari seorang karyawan dikerjakan guna melakukan evaluasi terhadap performa kerja dari Setiap karyawan pada saat mencapai sebuah target kerja yang sudah ditentukan. Apabila penilaian kinerja sudah selesai dikerjakan, maka tahap berikutnya akan diberikan punishment atau reward kepada karyawan tersebut.

Tentunya, sebuah reward harus diberikan kepada karyawan yang memiliki prestasi serta memiliki kemampuan untuk mendapatkan target. Sementara itu, sebuah panismen adalah suatu konsekuensi yang wajib untuk ditanggung oleh setiap karyawan yang tidak memiliki kemampuan untuk memberikan performa yang paling baik sehingga tidak memperoleh hasil untuk mendapatkan target yang sudah dibuat.

Proses penilaian kinerja seorang karyawan adalah salah satu bentuk motivasi sekaligus sebagai salah satu apresiasi di dunia kerja. Dengan adanya model penilaian tersebut, maka setiap karyawan akan bisa termotivasi untuk selalu Intens di dalam memberikan performa paling baik, sebab bisa memperoleh apresiasi dan dukungan.

Baca Juga:   Tiru Pola Pikir Kewirausahaan Jika Ingin Sukses

Menurut pendapat Heidjrachman Ranupandojo dan juga Saud husman, mengatakan bahwa sebuah kinerja seorang karyawan dapat diukur dengan sejumlah metode seperti dibawah ini:

  1. Checklist, rata-rata dipakai guna membuat laporan Attitude dari seorang karyawan
  2. Skala, metode tersebut memakai suatu indikator penilaian yang didasari pada sejumlah faktor yang cukup penting yang diperlukan pada saat bekerja. Contohnya adalah tim work, skill serta tanggung jawab.
  3. Grading, dimana setelah kegiatan mengevaluasi terhadap performa kerja dari Setiap karyawan, maka masing-masing karyawan nantinya akan diklasifikasikan ke dalam sejumlah kategori yang sudah dibuat dengan berdasarkan pada hasil evaluasi performa yang sudah dikerjakan
  4. Ranking, adalah proses membandingkan performa dari kerja di antara masing-masing karyawan, kemudian di ranking guna memperoleh karyawan yang paling baik

Proses penilaian kinerja dari Setiap karyawan tentunya akan bisa memberikan berbagai manfaat baik untuk karyawan itu sendiri, perusahaan dan juga atasan. Khusus untuk karyawan, proses penilaian kinerja nantinya bisa memberikan fungsi sebagai berikut:

  1. Mampu memberikan motivasi
  2. Mampu memberikan kejelasan mengenai standar proses penilaian kerja
  3. Sebagai salah satu tolak ukur pribadi untuk proses perbaikan kerja di masa yang akan datang
  4. Sebagai salah satu sarana guna mengetahui kelebihan dan kelemahan pada diri sendiri
  5. Sebagai salah satu sarana guna mencari proses penyelesaian pada beberapa masalah kerja
  6. Sebagai salah satu sarana guna menjalin komunikasi dengan pihak atasan
Baca Juga:   Jenis Jenis Pola Pikir Pada Manusia

Sementara itu, untuk pihak atasan, adanya penilaian kinerja karyawan nantinya akan memberikan manfaat seperti di bawah ini:

  1. Sebagai salah satu bentuk masukan guna meningkatkan kualitas manajemen
  2. Guna memperbaiki sebuah sistem pengawasan
  3. Sebagai salah satu sarana guna meningkatkan tingkat kepuasan kerja
  4. Sebagai salah satu sarana guna mengenal kelebihan, kelemahan dan karakteristik dari Setiap karyawan
  5. Sebagai salah satu media untuk berkomunikasi di antara bawahan dan atasan guna selalu memberikan masukan untuk perusahaan

Khusus untuk perusahaan, manfaat penerapan penilaian kinerja karyawan adalah sebagai berikut:

  1. Mampu untuk meningkatkan kualitas dari perusahaan
  2. Mampu untuk meningkatkan kinerja Setiap karyawan
  3. Sebagai salah satu media komunikasi
  4. Sebagai salah satu bentuk masukan guna memahami jenis training atau pelatihan yang diperlukan oleh setiap karyawan

Adanya penilaian kinerja dari Setiap karyawan tentunya bisa menolong untuk menumbuhkan adanya iklim kerja yang selalu sehat, sebab seluruh pihak baik itu karyawan, atasan dan juga perusahaan akan memperoleh berbagai macam masukan yang didasari pada hasil evaluasi yang sudah dikerjakan. Dengan teknik seperti itu, maka masing-masing karyawan, atasan dan juga perusahaan akan dapat saling bekerjasama dengan cukup sportif guna mendapatkan target yang sudah dibuat.

Baca Juga:   Pola Pikir Orang Jenius Yang Wajib Anda Tiru

Demikianlah sedikit pembahasan tentang cara mengukur motivasi seorang karyawan yang bisa diterapkan oleh pihak perusahaan guna mendapatkan berbagai macam manfaat baik untuk karyawan, atasan maupun perusahaan. Tentunya, manfaat manfaat yang bisa diperoleh dari hasil evaluasi akan bisa digunakan untuk memajukan perusahaan itu sendiri. Terima kasih dan selamat beraktifitas.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Pola Pikir Orang Jenius Yang Wajib Anda Tiru

Pola Pikir Orang Jenius Yang Wajib Anda Tiru

Pola pikir orang jenius kadangkala dianggap orang biasa sesuatu yang aneh dan nyeleneh. Bahkan kadangkala …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *