Home / Umum / Alam / Cara Mengukur Ph Air Yang Wajib Dipahami Oleh Setiap Orang

Cara Mengukur Ph Air Yang Wajib Dipahami Oleh Setiap Orang

Pada kehidupan sehari-hari, kerap kali kita mendengar istilah asam dan juga bahasa. Suasana basa dan asam adalah sebuah permasalahan yang berkaitan dengan derajat keasaman. Bisa dikatakan dalam kondisi asam manakala derajat keasamannya kurang dari 7, serta dapat dikatakan basa apabila derajat keasamannya melebihi dari 7. Lantas, Bagaimanakah cara mengukur PH air pada air kolam? Mari kita bahas tentang cara mengukur PH keasaman pada sebuah larutan.

Cara Mengukur Ph Air

Beberapa cara mengukur PH keasaman pada air kolam

Tentunya, anda dapat menggunakan suatu alat yang dibuat khusus guna mengetahui berapakah derajat keasaman yang kerap kali disebut dengan istilah digital PH meter. Sebuah sensor yang terdapat pada digital PH meter cukup sensitif dengan kondisi aman pada suatu larutan, termasuk didalamnya adalah kesamaan pada air kolam.

Khusus untuk Anda yang masih ke dalam kategori pemula dan juga masih awam mengenai dunia hidroponik serta belum begitu paham tentang alat ukur PH meter tersebut, maka anda dapat memanfaatkan Sebuah alat ukur sederhana serta memiliki harga yang cukup murah, yaitu kertas ph atau kertas lakmus. Adapun cara mengetahui tingkat keasamaan kolam air dengan memakai kertas lakmus atau kertas PH adalah dengan cara memasukkan kertas tersebut ke dalam air kolam, lalu melakukan pengamatan dengan cukup teliti perubahan warna yang terjadi pada kertas tersebut.

Baca Juga:   Cara Menanggulangi Erosi Tanah Secara Efektif

Di bawah ini adalah sejumlah keterangan warna dari perubahan yang terjadi pada kertas lakmus atau kertas ph:

  1. Jika kertas lakmus atau PH berubah menjadi merah, maka hal tersebut memiliki arti bahwa air tersebut memiliki asam yang kuat, yaitu 1 sampai 6
  2. Jika kertas lakmus atau PH berubah menjadi hijau, maka hal tersebut memiliki arti bahwa air tersebut memiliki tingkat bahasa yang kuat, yaitu lebih dari 7
  3. Jika kertas lakmus atau PH berubah menjadi kuning, maka hal tersebut memiliki arti bahwa air tersebut memiliki ph netral, yaitu 5,5 sampai dengan 6,5. Kondisi tersebut memiliki arti bahwa asam dan basa berada pada kondisi yang seimbang atau sama.

Kandungan pada air kolam yang kadar asamnya lebih cenderung bisa meningkat disebabkan karena pemakaian dari sejumlah bahan kimia, misalnya adalah bahan penjernih air maupun disebabkan karena adanya pencemaran. Oleh sebab itu, proses mengatur PH keasaman pada air kolam amat diperlukan agar tingkat keasamannya sesuai dengan apa yang diinginkan.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Energi dan Penerapannya

Dengan melakukan pengukuran PH air kolam, maka sangat diharapkan kondisi pada air kolam tersebut pas dengan apa yang diharapkan. Sebagai contoh adalah untuk kolam ikan, maka kegiatan pengukuran PH keasaman dikerjakan guna menjadikan ikan yang hidup didalamnya bisa sehat serta tidak stress. Kondisi tersebut tentunya sangat penting, sebab Apabila terjadi proses penyimpangan yang cukup jauh dengan sifat ikan tentu akan menjadikan tingkat kematian pada ikan semakin tinggi. Oleh sebab itulah, Berikut ini akan disampaikan pula bagaimana cara menurunkan atau menaikkan ph dari keasamaan air kolam dengan cara yang cukup alami.

Cara Menurunkan Atau Menaikkan Ph Keasaman Pada Air Kolam

1. Cara menaikkan PH air kolam

  • Memakai sodium bikarbonat
  • Memakai potongan-potongan kecil pelepah daun pisang guna menaikkan keasaman
  • Dengan memberikan aerasi pada kolam sebagai hiasan di dalam kolam

2. Cara menurunkan PH air kolam

  • Melakukan perebusan daun ketapang, lalu merendam daun ketapang Pada air kolam beberapa hari
  • Memakai asam phospat namun dengan jumlah dan terbatas. Bisa pula memakai kayu.
Baca Juga:   Cara Menanggulangi Sampah Dengan Bijaksana

Demikianlah Uraian singkat tentang cara mengukur PH air yang wajib dipahami oleh masing-masing orang, termasuk cara bagaimana menurunkan serta menaikkan PH keasaman air kolam. Dengan memahami artikel ini, maka anda bisa melakukan pengontrolan terhadap PH air kolam sehingga kondisi ikan yang ada di dalamnya tetap sehat dan pada akhirnya budidaya perikanan yang anda tekuni akan membuahkan hasil lebih maksimal. Terima kasih dan selamat beraktifitas, semoga bermanfaat.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Cara Menghitung Curah Hujan

Cara Menghitung Curah Hujan Dengan Cepat Dan Mudah

Di kesempatan yang baik ini, Izinkan saya untuk mengulas tentang cara menghitung curah hujan. Tentunya, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *