Home / Tips dan Trik / Cara Mengukur Tanah Dengan Satuan M2

Cara Mengukur Tanah Dengan Satuan M2

Cara mengukur tanah dengan satuan M2 tentunya dapat dilakukan secara manual memakai rumus berdasarkan bentuk dari bidang yang hendak dihitung. Atau, kita juga dapat memakai software bantuan Autocad dengan cara menggambar terlebih dahulu tanahnya. Sebagai contoh, ketika kita menerapkan cara manual, Apabila tanah yang hendak dihitung memiliki bentuk persegi panjang, maka besarnya luas dapat dicari dengan menggunakan rumus panjang kali lebar, sementara itu, apabila tanah tersebut memiliki bentuk segitiga, maka kita bisa menggunakan rumus alas yang dikalikan tinggi kemudian dibagi dengan 2.

Cara Mengukur Tanah Dengan Satuan M2

Namun, apabila kita menggunakan software Autocad, maka dapat dikerjakan dengan teknik mengklik gambar tanah yang hendak dihitung, kemudian ketikkan perintah “li” Pada command Sehingga nantinya akan dimunculkan layar baru yang isinya adalah informasi tentang area maupun luasan pada tanah yang diukur tersebut. Berikut ini adalah penjelasan tentang bagaimana cara mengukur tanah.

Cara Mengukur Tanah Dengan Cara Manual Menggunakan Rumus

Sebagai permulaan, maka tentunya kita harus memahami terlebih dahulu bentuk dari tanah dan berapa sajakah ukuran dari setiap sisi luar, Kemudian ditambahkan pula dengan sudut kemiringan apabila tanah yang hendak diukur memiliki bentuk segitiga. Pada jenis tanah kavling pada perumahan yang rata-rata memiliki bentuk persegi panjang, maka kita akan jauh lebih mudah menghitung nya. Berikut ini adalah contohnya.

Baca Juga:   Cara Menghitung Luas Bangunan

Semisal, kita hendak melakukan perhitungan luas area atau tanah yang memiliki bentuk persegi panjang di mana memiliki ukuran 5 m * 12 m seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini. Yang menjadi pertanyaan, Berapa luas kah tanah tersebut dalam satuan meter? Mari kita hitung bersama-sama.

Cara Mengukur Tanah Dengan Satuan M2

Adapun luas tanah pada gambar di atas bisa dihitung menggunakan rumus panjang dikalikan lebar, yaitu 5 meter dikalikan 12 meter sehingga didapat angka 60 M2.

Cara Mengukur Luas Tanah Dengan Memakai Software Autocad

Langkah berikutnya yang bisa kita terapkan dan memiliki peranan lebih baik apabila bentuk tanahnya tidak teratur serta cukup merepotkan jika harus dilakukan perhitungan secara manual. Pada contoh yang akan saya bahas Pada kesempatan kali ini, Semoga saja bisa lebih cepat dipahami tentang dasar dasar perhitungannya.

Misalnya adalah sebuah lahan yang berbentuk serta memiliki ukuran yang sama pada saat melakukan perhitungan secara manual, kemudian kita mencoba untuk menghitung menggunakan software Autocad. Pada kesempatan kali ini saya menggunakan software draftsight yang secara prinsip adalah sama saja. Sebelumnya, perlu diketahui bahwa software tersebut merupakan software yang berlisensi gratis. Berikut ini adalah langkah-langkahnya.

Baca Juga:   Cara Menampilkan Mozilla Firefox Di Desktop

Silakan Anda Mengawali dengan cara membuat gambar denah dengan menggunakan garis polyline, sehingga pada akhirnya seluruh garis bisa saling menyatu

Silakan Anda klik pada garis tanah tersebut Sehingga nantinya semua garis akan terblok. Kondisi tersebut akan ditandai dengan garis yang berubah dari yang sebelumnya lurus menjadi terputus-putus.

Lanjutkan dengan mengetik perintah “li” pada bagian command, kemudian dilanjutkan menekan tombol enter di keyboard, maka akan langsung dimunculkan jendela baru yang isinya adalah informasi tentang area dari tanah yang di ukur. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa melihat seperti pada gambar dibawah ini.

Cara Mengukur Tanah Dengan Satuan M2

Itulah sekelumit informasi mengenai dua cara mengukur tanah dengan satuan M2 yang bisa saya ulas Pada kesempatan kali ini. Harapan penulis, walaupun sifatnya sederhana, tutorial mengenai cara mengukur luas tanah tersebut bisa menambah wawasan sekaligus pengetahuan pengunjung sekalian. Terima kasih dan selamat mencoba, Semoga berhasil.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Cara Menghitung Luas Bangunan

Cara Menghitung Luas Bangunan

Pada kesempatan kali ini, penulis akan mencoba menjabarkan cara menghitung luas bangunan. Hal tersebut dilatarbelakangi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *