Home / Umum / Kesehatan / Cara Mengukur Tekanan Darah Yang Bisa Dilakukan Oleh Siapa Saja

Cara Mengukur Tekanan Darah Yang Bisa Dilakukan Oleh Siapa Saja

Istilah tekanan darah tentu merujuk ke tekanan yang dialami oleh darah di seluruh pembuluh arteri darah pada saat darah dipompa oleh bagian jantung kepada seluruh anggota tubuh manusia. Tekanan darah diciptakan dengan cara mengambil dua ukuran dan rata-rata diukur seperti penyebutan 120/ 80 mmhg.

Cara Mengukur Tekanan Darah

Angka atas atau 120 adalah menunjukkan tekanan darah ke atas ke bagian pembuluh arteri yang disebabkan oleh denyutan jantung dan kerap kali dikenal dengan istilah tekanan sistolik atau tekanan darah di saat terjadinya kontraksi otot jantung. Sementara itu, angka bawah atau 80 menunjukkan tekanan darah saat jantung melakukan istirahat diantara proses pemompaan, atau kerapkali disebut dengan istilah tekanan diastolik atau tekanan darah di saat jantung sedang tidak berkontraksi atau sedang beristirahat.

Adapun tekanan darah pada kehidupan masing-masing orang cukuplah bervariasi dan beraneka ragam. Anak-anak dan bayi pada normalnya mempunyai tekanan darah yang lebih rendah dibandingkan dengan orang dewasa. Tekanan darah tentunya juga sangat dipengaruhi oleh aktivitas fisik, yang mana mereka yang lebih tinggi aktivitasnya akan memiliki tekanan darah yang lebih tinggi pula dan akan menurun apabila sedang beristirahat. Tekanan darah juga akan bisa berbeda dalam satu hari saja. Biasanya, tekanan darah paling tinggi terjadi di pagi hari dan paling rendah akan terjadi ketika tidur di malam hari.

Baca Juga:   Cara Mengukur Tinggi Badan Anak Dengan Paling Mudah Dan Cepat

Jika tekanan darah sudah diketahui lebih tinggi dan rata-rata berkelanjutan, maka orang tersebut dikatakan sedang mengalami permasalahan darah tinggi. Seorang penderita darah tinggi tentunya setidaknya memiliki setidaknya memiliki tiga parameter tekanan darah yang berada di atas 140/ 90 mmhg ketika istirahat.

1. Peralatan untuk mengukur tekanan darah yang cukup baik untuk digunakan

Alat yang digunakan untuk mengukur tekanan darah atau sfigmomanometer terdiri atas tiga jenis, yaitu yang memakai air raksa, jenis digital dan jenis aneroid. Alat ukur yang cukup ideal yaitu yang memakai air raksa. Akan tetapi, proses pemakaiannya wajib harus benar. Jika tidak terampil di dalam memakai alangkah baiknya jika menggunakan pengukur tekanan darah yang berjenis digital, akan tetapi alangkah baiknya sering dilakukan kalibrasi guna lebih meyakinkan bahwa alat ukur tekanan darah digital tersebut masih tetap berfungsi dengan baik.

2. Sejumlah hal yang wajib diperhatikan sebelum melaksanakan pemeriksaan tekanan darah

Alangkah baiknya sebelum melaksanakan pemeriksaan tekanan darah, anda harus memastikan bahwa kandung kemih anda dalam kondisi kosong serta menghindari mengkonsumsi alkohol, kopi dan rokok, sebab seluruh hal tersebut akan sangat meningkatkan tekanan darah dari nilai yang sesungguhnya. Alangkah baiknya apabila beristirahat duduk dengan cukup tenang kurang lebih selama 5 menit sebelum proses pemeriksaan dan janganlah berbicara pada saat pemeriksaan. Usahakan untuk menenangkan pikiran anda, sebab pikiran yang stres serta tegang akan cukup mudah meningkatkan tekanan darah.

Baca Juga:   Cara Mengukur Berat Badan Yang Ideal

3. Posisi yang paling baik ketika melakukan pengukuran tekanan darah

Proses pemeriksaan tekanan darah alangkah baiknya dikerjakan pada posisi duduk dengan kondisi siku lengan menepuk pada atas meja dengan posisi telapak tangan yang menghadap ke bagian atas serta posisi lengan alangkah baiknya setinggi jantung.

4. Langkah-langkah pemeriksaan tekanan darah

Setelah anda memperhatikan sejumlah hal di atas, kegiatan pemeriksaan tekanan darah bisa dikerjakan. Sejumlah langkah yang bisa dikerjakan pada proses pemeriksaan tekanan darah memakai sfigmomanometer air raksa yaitu:

  • Pertama, silakan anda memasang manset pada lengan bagian atas, dengan posisi batas bawah manset sekitar 2 cm sampai dengan 3 cm dari bagian lipatan siku serta perhatikan pula posisi pipa manset yang hendak menekan tepat pada bagian di atas denyutan arteri dilipat siku atau arteri brachialis.
  • Taruhlah stetoskop tepat pada bagian atas arteri brachialis
  • Silakan raba bagian pulsasi arteri di bagian pergelangan tangan atau di bagian arteri radialis
  • Lakukan pemompaan manset sampai dengan tekanan manset mencapai angka 30 mmhg setelah pulsasi arteri radialis menghilang
  • Silakan anda buka katup manset dan bagian tekanan manset dibiarkan menurun secara perlahan dengan tingkat kecepatan 2 sampai dengan 3 mmhg setiap detik
  • Jika suara pertama bisa didengar, silakan anda ingat dan catatlah sebagai tekanan sistolik
  • Jika suara terakhir terdengar maka silakan anda catat sebagai tekanan diastolik
  • Turunkanlah tekanan manset sampai dengan 0 mmhg, lalu silakan lepaskan manset
Baca Juga:   Cara Menanggulangi Merokok Yang digalakan Pemerintah

Cukup mudah bukan mempelajari cara mengukur tekanan darah yang bisa dilakukan oleh siapa saja dan kapan saja. Yang perlu menjadi catatan adalah apabila anda menggunakan alat ukur yang menggunakan air raksa, maka harus dilakukan dengan hati-hati, jagalah supaya tidak terjadi kebocoran pada air raksa karena air raksa yang bocor bisa mengering dan menimbulkan racun. Alat yang paling aman adalah yang berbentuk digital karena kemudahan di dalam penggunaannya. Kita hanyalah perlu untuk melakukan kalibrasi setiap saat saja guna menjaga validasi hasil pengukuran. Terima kasih dan selamat praktek, semoga berhasil.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Cara Menghitung Balance Cairan

Cara Menghitung Balance Cairan

Cara menghitung Balance cairan pada seseorang tentunya wajib untuk memperhatikan sejumlah faktor, yakni umur dan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *