Home / Umum / Kesehatan / Cara Mengukur Tinggi Badan Anak Dengan Paling Mudah Dan Cepat

Cara Mengukur Tinggi Badan Anak Dengan Paling Mudah Dan Cepat

Ada sebuah iklan yang berbunyi ” tumbuh itu keatas bukan kesamping”, dimana slogan dari perkembangan anak tersebut ternyata sangatlah mengena di sejumlah orang tua. Kondisi tersebut menimbulkan anggapan bahwa tubuh yang tinggi akan lebih bagus dan tentunya menimbulkan kegalauan pada sejumlah besar orang tua dengan anak mereka yang secara kebetulan memiliki tubuh mungil.

Cara Mengukur Tinggi Badan Anak

Tak jarang, berbagai macam Usaha dikerjakan supaya tinggi badan anak Bisa bertambah. Akan tetapi, rata-rata hal tersebut adalah berupa percobaan saja. Contohnya adalah dengan cara memberikan banyak asupan makanan bergizi hingga menyuruh anak supaya bisa lebih rajin berolahraga. Padahal sebenarnya yang menyebabkan anak memiliki tubuh pendek bisa jadi tidaklah berasal dari kekurangan gizi maupun akibat dari jarang berolahraga.

Perlu diketahui bersama bahwa sanya penyebab dari anak yang memiliki tubuh pendek disebabkan oleh kekurangan nutrisi dan juga adanya faktor keturunan dan faktor genetika. Hal tersebut diungkapkan oleh dokter spesialis endokrin yang bernama aman Bhakti Pulungan yang membuka praktek AP&AP Pediatric, Growth, and Diabetes Center, Jakarta

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Termometer Bimetal

Oleh sebab itu, sebelum kita membuat dugaan serta berspekulasi tentang tinggi badan anak yang masih cukup pendek, alangkah baiknya pihak orang tua bisa melihat ke arah dalam. Lakukan pengecekan terlebih dahulu tinggi badan yang dimiliki oleh ibu atau ayah dari si anak. Terdapat sebuah rumus perhitungan yang cukup mudah guna mengetahui adanya potensi tinggi dari pihak anak pada saat mereka telah dewasa.

Tinggi badan anak perempuan dan anak laki-laki dapat dihitung dengan menggunakan rumus mudah sebagai berikut:

  1. Tinggi anak perempuan adalah ( tinggi ayah ditambah tinggi Ibu dikurangi 13 cm) dibagi dua
  2. Tinggi anak laki-laki adalah ( tinggi ayah ditambah tinggi Ibu ditambah 13 cm) dibagi dua
  3. Nantinya, Angka yang diperoleh bisa jadi kurang atau lebih sebanyak 8,5 cm.

Ketika sudah memahami target realistis tinggi anak ataupun midparental height maka pihak orang tua bisa mengerjakan sejumlah usaha yang cukup realistis. Setidaknya, mereka akan mengusahakan kelebihan dari 8,5 cm tersebut yang mungkin saja masih bisa dicapai dari target tinggi yang realistis. Atau, paling tidak mereka akan berusaha supaya tinggi anak tidak sampai kekurangan 8,5 cm dari tinggi realistis yang ada.

Baca Juga:   Sistem Kerja Saraf Pada Manusia

Disamping itu, teraman juga memberikan tambahan berupa catatan penting, yakni supaya pihak orang tua tidak terlambat di dalam memeriksakan anak. Waktu paling bagus ketika anak masih berumur 2 ataupun 3 tahun. Dengan kondisi tersebut, maka diharapkan bisa lebih mengusahakan tinggi badan yang lebih optimal.

Demikianlah Uraian singkat mengenai cara mengukur tinggi badan anak yang bisa dilakukan oleh setiap orang tua supaya tinggi dari anak mereka masuk ke dalam kategori realistis atau ideal. Faktor tinggi anak memang sangatlah dipengaruhi oleh nutrisi makanan yang masuk dan juga genetika orang tua. Oleh sebab itu, untuk memperoleh informasi tentang tinggi badan yang realistis dan ideal, maka kita bisa menggunakan rumus tinggi badan diatas. Terima kasih.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Cara Menghitung Balance Cairan

Cara Menghitung Balance Cairan

Cara menghitung Balance cairan pada seseorang tentunya wajib untuk memperhatikan sejumlah faktor, yakni umur dan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *