Home / Elektronika / Cara Menyambung Kabel Earphone

Cara Menyambung Kabel Earphone

Halo semuanya… Pada posting kali ini ijinkan saya untuk membahas tentang cara menyambung kabel earphone. Hal tersebut dilatarbelakangi karena pembahasan mengenai kelistrikan dan elektronika memang cukup asik dan sering kita temukan pada sejumlah permasalahan pengkabelan. Pengkabelan yang ada di dunia elektronika juga sangatlah banyak. Contohnya adalah pada kabel UTP kabel listrik, kabel earphone, kabel coaxial dan masih banyak jenis kabel lainnya.

Cara Menyambung Kabel Earphone

Sebelum kita mulai mempraktekkan cara menyambung kabel earphone, maka perlu kita ketahui bersama bahwasanya rata-rata earphon ataupun headset memakai kabel jenis serabut dengan sejumlah warna, misalnya adalah warna merah, warna hitam dan warna putih. Yang kadangkala menjadi permasalahan bagi anda sekalian adalah kebingungan mengenai kabel yang satu harus disambungkan dengan kabel yang mana apabila putus? Bagaimana pula cara yang musti dilakukan?

Baiklah, anda tidak perlu khawatir karena pada posting kali ini saya akan mencoba tahapan demi tahapan Bagaimana cara menyambung kabel earphone atau headset yang putus atau rusak. Penasaran untuk memulai praktek? Baiklah, tidak perlu panjang lebar lagi basa-basinya, Mari kita langsung ke prakteknya.

Baca Juga:   Cara Ganti Oli Genset Dengan Baik Dan Benar

Cara Menyambung Kabel Earphone Atau Headset

Tahap pertama yang perlu kita kerjakan yaitu mempersiapkan segala macam peralatan dan bahan yang diperlukan pada saat penyambungan kabel headset atau earphone yang putus. Berikut ini adalah sejumlah alat serta bahan yang harus anda siapkan terlebih dahulu sebelum Anda masuk ke dalam proses penyambungan kabel earphone.

  1. Isolasi
  2. Korek api
  3. Cutter
  4. Kabel headset atau earphone

Setelah anda mempersiapkan segala macam bahan dan alatnya, maka Mari kita lanjutkan ke proses penyambungan kabel earphone tersebut. Kerjakan seluruh Langkah Demi Langkah yang saya ulas dengan hati-hati dan teliti, hal tersebut Mengingat bahwa sejumlah alat yang sudah Anda persiapkan di atas cukup berbahaya jika tidak dipakai dengan hati-hati.

  1. Tahap pertama, silakan Anda persiapkan kabel earphone yang sudah terputus
  2. Jika kabel earphone tersebut putusnya masih belum sempurna atau terdapat bagian yang masih menyambung, lebih baik anda potong sekalian.
  3. Silakan Anda bakar bagian ujung-ujungnya memakai korek api sampai dengan terlihat bagian serabut tembaga nya. Pada tahapan ini, anda juga bisa mengerjakannya dengan memakai kata.
  4. Selanjutnya, silakan Anda sambungkan ujung dari masing-masing kabel. Apabila kabel yang anda potong tersebut memiliki warna yang berbeda-beda, maka silakan Anda sambung kabel tersebut sesuai dengan warnanya.
  5. Jika sudah selesai, silakan Anda melanjutkan dengan mengisolasi masing-masing dari sambungan kabel tersebut
  6. Tahap terakhir, silakan Anda lakukan pengetesan.
Baca Juga:   Cara Memperbaiki Motor Kipas Angin Yang Berputar Pelan

Cukup mudah bukan cara menyambung kabel earphone yang putus tersebut? Sekian informasi tentang bagaimana cara menyambung kabel earphone atau headset baik itu untuk jenis stereo maupun mono, untuk jenis kabel yang berwarna ataupun yang hanya menggunakan dua warna saja. Semoga saja, tutorial singkat pada posting kali ini bisa berguna dan bermanfaat untuk pengunjung sekalian. Sampai bertemu lagi dengan tutorial menarik berikutnya.

Artikel menarik lainnya

Cara Mengukur Ampere Dengan Multitester

Cara Mengukur Ampere Dengan Multitester Paling Mudah

Bagi yang sudah Mahir di dunia elektronika maupun kelistrikan tentu tidak akan memiliki masalah tentang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *