Home / Elektronika / Cara Menyambung Kabel LAN Dengan USB

Cara Menyambung Kabel LAN Dengan USB

Cara menyambung kabel LAN dengan USB saya angkat pada posting kali ini karena dilatarbelakangi pada saat saya membeli modem USB, saya mendapatkan masalah berupa minimnya sinyal operator seluler yang bisa ditangkap oleh modem USB tersebut. Apalagi jika saya gunakan di dalam rumah, maka sinyal yang bisa ditangkap akan lebih sedikit lagi.

Cara Menyambung Kabel LAN Dengan USB

Koneksi internet menjadi sering disconnect sendiri disebabkan karena sinyal operator yang hilang secara tiba-tiba. Sebagai media pembelajaran, modem yang saya pakai pada saat itu adalah modem Huawei yang menggunakan kartu Tri. Disebabkan karena saya menggunakan komputer, Maka tentunya untuk memindah komputer tersebut keluar rumah sangatlah susah diterapkan.

Di kesempatan yang lain, saya mencoba untuk membeli kabel perpanjangan USB extender yang rata-rata memiliki panjang sekitar 1 meter yang nantinya saya gunakan untuk memperpanjang kabel modem dan saya mencoba untuk meletakkan di dekat jendela. Namun, teknik tersebut tentunya tidak terlalu banyak efeknya. Bisa jadi hal tersebut disebabkan karena di sekeliling rumah saya tumbuh pohon yang ukurannya cukup besar, ditambah dengan kondisi sinyal dari operator yang cukup minim. Intinya, saya membutuhkan kabel perpanjangan yang lebih panjang lagi yang nantinya akan saya gunakan untuk menyambung usb modem di luar rumah.

Baca Juga:   Aplikasi Medan Magnet

Akhirnya, dengan bermodalkan koneksi yang pelan bak seperti siput, Akhirnya saya mendapatkan sebuah pencerahan dari Google. Dibutuhkan kabel LAN untuk memanjangkan kabel USB hingga nantinya bisa membuat kita menaruh usb modem di luar rumah dengan harapan akan memperoleh sinyal yang lebih kuat.

Bahan dan alat yang dibutuhkan

Kabel USB standar, biasanya berukuran 0.5 meter atau 1 meter. Anda bisa menggunakan kabel USB bekas, mubazir apabila tidak digunakan.

Kabel UTP atau kabel LAN yang dipakai untuk membuat jaringan. Anda bisa membeli kabel jenis UTP dengan kisaran harga antara Rp. 4.000 sampai dengan Rp. 5.000. Pilihlah yang berkualitas bagus. Membuat kabel perpanjangan dengan menggunakan kabel LAN juga ada batasannya. Usahakan untuk tidak membuat kabel perpanjangan untuk USB Modem memakai kabel LAN lebih dari 10 meter. Semakin panjang kabel LAN yang digunakan, maka daya listrik yang mengalir akan semakin kecil dan pada akhirnya akan habis. Apabila Daya listrik yang mengalir tidak sampai ke modem USB, maka modem tersebut tidak akan terdeteksi.

Jika seluruh peralatan sudah disediakan, maka Mari kita lanjutkan ke proses penyambungan kabel LAN dengan USB supaya modem USB tersebut bisa ditaruh diluar rumah.

  1. Langkah pertama, Anda harus memastikan bahwa kabel USB yang anda miliki masih terdeteksi dengan baik pada komputer. Anda bisa melakukan pengecekan dengan menancapkan USB flash disk ataupun Modem itu sendiri.
  2. Langkah berikutnya, silahkan anda potong kabel USB tersebut, lalu silakan Anda ambil kedua bagian ujungnya. Biasanya berupa connector female dan male.
  3. Tahap selanjutnya, silakan Anda kupas bagian kulit luar dari kabel female dan kabel male pada kabel USB tersebut.Silakan anda perhatikan bahwa kabel USB memiliki 4 buah kabel didalamnya, yaitu warna hitam, warna hijau, warna putih dan warna merah. Kabel-kabel tersebutlah yang nantinya akan kita koneksikan pada kabel UTP.
  4. Pada tahap berikutnya, silakan Anda kupas kulit luar pada kabel UTP di kedua ujungnya. Pada kabel UTP tersebut terdapat 8 kabel kecil yang warnanya berbeda-beda, yaitu warna coklat, warna putih coklat, warna biru, warna putih biru, warna hijau, warna putih hijau, warna oren, dan warna putih Orange.
  5. Lanjutkan dengan proses penyambungan kabel yang berasal dari konektor USB ke kabel UTP. Berikut ini adalah urutannya:
Baca Juga:   Skema Rangkaian Sensor Cahaya Untuk Membuat Lampu Menyala Otomatis

Warna kabel putih Orange dan Oren pada kabel UTP Sambungkan dengan warna merah pada kabel USB

Warna putih hijau pada kabel UTP Sambungkan dengan warna putih pada kabel USB

Warna hijau pada kabel UTP Sambungkan dengan warna hijau pada kabel USB

  1. Silakan Anda solder sambungan tersebut supaya tertutup dan kuat. Amankan dengan menggunakan isolasi.
  2. Kabel USB extender yang menggunakan kabel LAN sudah siap untuk digunakan.
  3. Langkah terakhir, silakan Anda setting untuk USB port Speed yang ada pada bios dari 2.0 menjadi 1.0.

Kabel USB extender yang sudah anda buat tersebut akan sulit terdeteksi apabila kecepatan port USB yang dipakai yaitu 2.0.

Demikianlah panduan singkat mengenai bagaimana cara menyambung kabel LAN dengan USB yang bisa saya ulas pada posting kali ini. Dengan menerapkan teknik di atas, maka anda bisa menyambung kabel USB dengan panjang yang lebih fleksibel sehingga Anda bisa menempatkan beberapa perangkat usb lebih Jauh dari komputer. Dalam kasus ini adalah Anda hendak menempatkan USB modem di luar rumah karena sinyal operator yang diterima sangatlah minim. Terima kasih dan selamat mencoba, semoga sukses.

Baca Juga:   Skema Rangkaian UPS Mini Dan Sederhana

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Cara Mengukur Trafo Menggunakan Multimeter

Cara Mengukur Trafo Menggunakan Multimeter

Kesempatan yang baik ini, saya akan mencoba untuk Sharing Bagaimana cara mengukur trafo menggunakan multimeter. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *