Home / Elektronika / Cara Menyolder HP Untuk Proses Perbaikan

Cara Menyolder HP Untuk Proses Perbaikan

Sebelum kita belajar bagaimana cara menyolder HP, maka Alangkah baiknya apabila kita sedikit membahas mengenai kabel fleksibel pada HP. Fleksibel adalah salah satu jenis dari elemen kabel film yang didalamnya terdapat sejumlah jalur dengan ketebalan sangat tipis yang digunakan sebagai salah satu bagian penghubung pada komponen HP, dimana rata-rata dihubungkan pada LCD, kamera, serta penghubung antara PCP dan lain sebagainya.

Cara Menyolder HP Untuk Proses Perbaikan

Pantas, Bagaimana cara menyolder HP yang baik?Untuk bisa memulai Bagaimana cara menyolder HP yang baik, Alangkah baiknya apabila kita mengetahui terlebih dahulu langkah demi langkah Bagaimana cara melepas kabel fleksibel pada HP tersebut. Adapun beberapa urutan melepas kabel fleksibel yang tersolder pada PCB HP adalah sebagai berikut:

  1. Memulai Dengan melepas kabel fleksibel dengan cara menarik secara langsung
  2. Memulai Dengan melepas kabel fleksibel dengan menggunakan solder
  3. Memulai Dengan melepas kabel fleksibel menggunakan solder uap

Jika jalur pada kabel fleksibel cukup tipis dan tidak terlalu tebal serta rapuh, maka Alangkah baiknya apabila kita menggunakan solder uap maupun solder guna melepasnya. Hal tersebut tentunya bertujuan supaya kabel fleksibel tidak mengalami putus pada jalurnya. Kemudian, setelah kabel fleksibel berhasil terangkat, maka anda harus melakukan pembersihan pada bekas Timah yang ada di bagian pejabat tersebut. Setelah itu, lakukan proses pemasangan kabel fleksibel yang baru.

Tahapan cara menyolder HP untuk memasang kabel fleksibel

Langkah pertama, Anda harus Memastikan bahwa bagian Mata solder sudah memiliki suhu dengan temperatur yang cukup. Anda harus menggunakan solder dengan Mata solder yang cukup runcing. Hal tersebut bertujuan supaya kita bisa mencegah terjadinya jalur yang terhubung singkat karena lelehan dari Timah yang melekat ke bagian yang lainnya.

Baca Juga:   Alat Dan Bahan Untuk Menyolder

Anda juga bisa menggunakan double tip agar kabel fleksibel terpasang dengan kuat dan kokoh serta tidak berubah fungsinya dan juga guna memudahkan proses penyolderan. Lakukan proses penyolderan dengan cukup rapi dan rata pada bagian masing-masing baris jalur sehingga keseluruhan dari bagian yang ter solder tidak terhubung singkat dengan jalur-jalur yang lainnya. Anda bisa menggunakan pinset pipih yang rata guna menekan serta melekatkan secara kuat kabel fleksibel tersebut.

Cara menyolder HP dengan memakai kabel jumper

Sebelumnya, perlu kita ketahui bersama bahwa yang dimaksud dengan kabel jumper adalah kabel yang digunakan untuk menghubungkan jalur atau sering dikenal dengan istilah Kabel penghubung. Kabel jumper tersebut digunakan sebagai kabel pengganti dari bagian jalur yang mengalami putus supaya bisa bekerja dengan normal kembali.

Kabel jumper harus dikikis terlebih dahulu menggunakan Silet maupun pisau agar bagian kulit kabel terkelupas. Namun, perlu diingat bahwa proses pengikisan hanya dilakukan pada bagian ujung kabelnya saja. Berikan sedikit timah pada bagian ujung kabel jumper serta sedikit pasta pada bagian ujung kabel guna memudahkan proses penyolderan. Gunakan pula Mata solder yang Lancip supaya lebih muda menyolder nya.

Beberapa langkah yang bisa digunakan untuk melakukan penyolderan kabel fleksibel menggunakan solder uap adalah sebagai berikut:

  1. Pastikan bahwa anda sudah melakukan pengaturan terhadap suhu atau temperatur panas serta besarnya hembusan udara dari solder uap
  2. Perhatikan pula tabel pada pemakaian solder
  3. Lakukan setting solder uap atau blower pada setting pemanas atau Heater pada suhu sekitar 300 derajat celcius sampai 400 derajat Celcius air
  4. Teknik dalam memegang solder haruslah kuat serta memiliki Posisi tegak lurus pada komponen isi ataupun komponen yang lain yang hendak disolder
  5. Jarak antara Mata solder dengan komponen yang akan disolder harus disesuaikan, yaitu sekitar 0,5 cm sampai dengan 1,5 cm dengan komponen yang hendak di solder
  6. Anda bisa memakai cairan pasta flux dan juga songka cair di mana hal tersebut memiliki tujuan guna meningkatkan kecepatan bagian cairan timah serta bisa menghindarkan terjadinya kerusakan pada komponen IC. Cairan tersebut ditaruh di bagian atas IC.
Baca Juga:   Cara Menyambung Kabel Speaker Subwoofer Baik Seri Maupun Parelel

Lama tidaknya proses blur tentunya didasari kepada jenis komponen yang hendak disolder. Contohnya adalah pada IC rata-rata membutuhkan waktu blower sekitar 3 detik sampai dengan 7 detik. Sementara itu, untuk Komponen berbahan dasar plastik dibutuhkan waktu sekitar 10 detik sampai dengan 20 detik dengan suhu panas yang dikurangi. Pada saat sedang melakukan proses pemanasan atau blower, janganlah terlalu fokus pada bagian tengah IC saja, namun harus rata dengan teknik memutar blower di bagian atas IC serta harus memastikan posisinya adalah tegak lurus sehingga tidak akan goyang atau bergerak. Setelah itu, anda bisa mengangkat secara perlahan sampai dengan bisa terlepas dengan sendirinya.

Tahapan didalam melepas komponen plastik pada HP

Beberapa jenis komponen yang berbahan dasar plastik adalah komponen yang sangat mudah untuk meleleh maupun terbakar jika terkena suhu yang cukup panas. Penggunaan solder uap yang terlalu tinggi suhunya bentuk bisa mengakibatkan komponen pasti tersebut gampang mengalami kerusakan.

Teknik di dalam memakai solder uap haruslah disetel dengan panas yang tidak terlalu tinggi serta hembusan udara yang cukup rendah. Adapun suhu udara yang bisa disetel pada telur adalah sekitar 200 derajat celcius sampai dengan 210 derajat Celsius dengan kekuatan hembusan udara sekitar 4 sampai dengan 8 air compressor.

Baca Juga:   Cara Menyolder Kabel Fleksibel Pada Laptop

Dengan menggunakan setting tersebut, maka komponen plastik tidak akan mudah meleleh namun tentunya membutuhkan waktu yang lebih lama lagi. Lakukan Proses pelepasan komponen dengan cara mengarahkan mata blower kepada bagian komponen yang terdapat timah. Setelah timah mulai meleleh, secepatnya silahkan anda angkat komponen plastik dari PCB HP.

Cara menyolde HP pada proses pemasangan komponen

Sementara itu, untuk proses pemasangan dari komponen-komponen yang ada di HP juga cukup mudah, yaitu berkebalikan dengan proses pelepasannya. Setelah anda berhasil melepas komponen, langkah berikutnya adalah proses pemasangan komponen Baik komponen IC maupun komponen yang berbahan dasar plastik.

Silahkan anda Letakkan IC pada papan PCB tepat diatas bekas jalur data untuk Komponen IC yang sudah dilepas. Dengan menggunakan pinset, tekan bagian atas dari IC tersebut,, lalu silahkan gunakan blower untuk memanaskan bagian kaki kaki IC yang menempel pada jalur di PCB. Setelah timah pada Jalur PCB diyakini sudah meleleh dan sudah mengaitkan kaki IC dengan PCB, maka silakan Anda akhiri proses penyolderan menggunakan blower tersebut.

Demikianlah penjabaran singkat tentang cara menyolder HP pada saat kita memperbaiki beberapa komponen yang ada di dalam HP, mulai dari kabel fleksibel maupun pada komponen yang lainnya. Dibutuhkan kejelian, ketelitian dan jam kerja yang tinggi supaya kita bisa Mahir di dalam mengerjakan pekerjaan di atas. Terima kasih dan selamat mencoba, Semoga berhasil.

Artikel menarik lainnya

Cara Mengukur Ampere Dengan Multitester

Cara Mengukur Ampere Dengan Multitester Paling Mudah

Bagi yang sudah Mahir di dunia elektronika maupun kelistrikan tentu tidak akan memiliki masalah tentang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *