Home / Elektronika / Cara Menyolder LCD HP Dengan Mudah

Cara Menyolder LCD HP Dengan Mudah

Cara menyolder LCD HP tentunya jauh lebih sulit Apabila LCD HP tersebut terpasang dengan solder. Berbeda dengan LCD HP yang menggunakan connector tentunya akan lebih mudah di dalam proses melepas ataupun memasangnya. Pada kesempatan yang baik ini, saya akan mencoba untuk membahas tentang cara menyolder LCD HP yang menggunakan solderan. Tentunya, bagi Anda yang sudah cukup sering membongkar dan memasang LCD yang menggunakan solder tentunya tidak akan terlalu banyak menemukan kesulitan.

Cara Menyolder LCD HP Dengan Mudah

Tips cara menyolder LCD HP dengan mudah

Berikut ini adalah urutan demi urutan Bagaimana cara menyolder LCD, dengan mudah dan tentunya Bisa Anda coba Praktekkan sendiri.

  1. Langkah pertama, Silakan anda mentahkan solderan. Langkahnya adalah dengan cara mengoleskan flug atau lotfed Pada kaki LCD.
  2. Langkah berikutnya, silahkan anda solder keseluruhan kaki dari LCD sampai dengan kelihatan mengkilap.
  3. Silahkan anda lepas LCD. Caranya adalah dengan memakai dua teknik Yakni dengan menggunakan blow air ataupun solder. Apabila dengan menggunakan solder, silakan Anda tempelkan Mata solder pada pakai LCD dengan posisi miring.
  4. Selanjutnya, silakan Anda tarik secara perlahan-lahan dari bagian ujung kaki LCD dan selanjutnya biarkan bagian kaki LCD tersebut terlepas dengan sendirinya, jangan dipaksakan. Apabila dipaksakan, maka bisa menimbulkan bagian Kuningan di kaki LCD terlepas dan tentunya akan menyebabkan LCD menjadi rusak. Namun tentunya Anda bisa memaksa apabila anda hendak menggantinya dengan LCD yang baru.
  5. Setelah LCD lawas berhasil terlepas, silakan Anda siapkan LCD yang baru.
  6. Harap untuk diingat ketika hendak membeli LCD yang baru untuk membawa HP Anda tersebut.
Baca Juga:   Cara Membuat Rangkaian Paralel Sederhana

Ketika Anda membeli LCD, setelah anda sampai di toko maka anda bisa mencoba untuk memasang LCD dengan cara ditekan, kemudian dicoba dengan cara menghidupkan HP supaya Anda mengetahui LCD tersebut bisa bekerja Normal atau tidak. Jika LCD tersebut bisa hidup dengan normal, maka silahkan anda lanjutkan untuk membelinya. Akan tetapi, jika tidak normal maka tentunya Jangan teruskan untuk membelinya. Kondisi tersebut tentunya dikarenakan rata-rata toko sparepart akan menolak garansi dari LCD yang sudah ada solderan nya.

Silakan Anda pasang LCD. Langkahnya adalah masing-masing LCD asal daerahnya akan terdiri atas 2 lobang kecil dan di bagian samping dari Kak LCD di HP terdapat dua titik. Pas kan lah 2 lobang di fleksibel LCD pada titik di HP yang tadi. Setelah tepat, maka silahkan anda solder bagian ujung kaki LCD. Yang harus didahulukan yaitu bagian ujung-ujungnya. Berikutnya silakan Anda tekan dan solder kembali. Kesimpulannya adalah ketika anda sudah memberikan flug Sebelum proses penyolderan, maka proses tersebut akan lebih aman dari terjadinya konslet, Namun apabila tidak Anda berikan lotfet, maka terjadinya konslet peluangnya cukup besar sehingga harus sangat hati-hati.

Baca Juga:   Medan Magnet Bumi Beserta Peranannya

Demikianlah penjabaran singkat bagaimana cara menyolder LCD HP yang mana Bisa Anda terapkan Pada saat Anda hendak mengganti LCD HP yang sudah rusak dengan LCD HP yang baru. Apabila anda sudah menguasai teknik di atas, maka tentunya anda sudah tidak perlu lagi repot-repot untuk membawa HP yang rusak tersebut ke tempat reparasi. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Artikel menarik lainnya

Cara Mengukur Baterai Dari Sisi Tegangan

Cara Mengukur Baterai Dari Sisi Tegangan

Apakah anda belum memahami cara mengetahui tegangan suatu baterai? Pada kesempatan yang baik ini, saya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *