Home / Elektronika / Cara Menyolder PCB Dengan Baik dan Benar

Cara Menyolder PCB Dengan Baik dan Benar

Keterampilan yang wajib untuk dikuasai apabila anda hendak menjadi seorang teknisi di bidang elektronika adalah cara menyolder PCB dengan baik dan benar. Apabila dilihat secara sepintas, kegiatan menyolder memang terlihat cukup mudah dilakukan, akan tetapi tidak semua orang dapat menyolder PCB dengan benar dan sempurna.

Cara Menyolder PCB Dengan Baik dan Benar

Terdapat sejumlah hal yang wajib untuk diperhatikan pada saat menyolder, terutama pada saat hendak menghubungkan komponen elektronika ke papan PCB. Hasil dari solder yang kurang baik tentunya juga akan memiliki pengaruh kepada rangkaian elektronika itu sendiri. Terdapat sejumlah masalah yang bisa terjadi pada rangkaian elektronika yang diakibatkan dari hasil penyolderan yang kurang sempurna.

Dari latar belakang itulah, Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba untuk sedikit mengulas Bagaimana tips dan trik cara menyolder PCB dengan baik dan benar sehingga nantinya komponen-komponen elektronika bisa tersambung dan Terpasang dengan kuat pada papan PCB. Bagi anda yang sekarang ini sedang mencari informasi mengenai hal tersebut, maka silakan Anda Baca terus ulasan berikut ini.

Baca Juga:   Sistem Kerja Kompresor AC

Cara menyolder PCB untuk dipasang beberapa komponen elektronika

Tentunya, sebelum Anda mulai menyolder Ada sejumlah bahan dan alat yang wajib untuk disiapkan. Di bawah ini adalah sejumlah alat dan bahan yang dibutuhkan pada kegiatan menyolder komponen elektronika ke papan PCB supaya dihasilkan hasil penyolderan yang memuaskan dan sempurna.

  1. Komponen elektronika
  2. Papan PCB
  3. Amplas halus
  4. Kawat timah
  5. Solder dengan daya 30 watt sampai dengan 40 Watt

Apabila seluruh bahan dan alat yang dibutuhkan di atas sudah disiapkan, maka anda dapat memulai untuk melakukan proses penyolderan. Sekedar untuk mengingatkan saja bahwa dalam memilih solder yang baik yaitu solder yang panas, akan tetapi tidak terlalu panas. Artinya yaitu Bahwa solder mampu untuk melelehkan timah dengan baik, akan tetapi tidak merusak komponen karena panas yang dimilikinya terlalu tinggi.

Terdapat sejumlah komponen elektronika yang sangat rawan dan mudah rusak apabila terkena suhu panas secara berlebihan, contohnya adalah transistor dan IC. Oleh sebab itulah maka asal dari yang baik dan bagus yaitu solder yang mempunyai daya sekitar 30 watt sampai dengan 40 watt.

Baca Juga:   Cara Ganti Oli Genset Dengan Baik Dan Benar

Cara menyolder komponen elektronika ke PCB

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membersihkan ujung solder dari sejumlah kotoran Atau sisa Timah yang masih menempel

  1. Pasang kabel power ke sumber tegangan listrik di rumah
  2. Silahkan tunggu beberapa saat, kurang lebih sekitar 5 menit sampai dengan 10 menit hingga didapat solder panas dengan sempurna
  3. Sambil Anda menunggu solder menjadi panas, anda dapat mengamplas bagian permukaan PCB yang akan disolder. Tujuannya yaitu guna menghilangkan lapisan yang seringkali membuat timah tidak dapat menempel dengan baik
  4. Setelah Solder panas dengan sempurna, Silakan ambil timah solder dan komponen elektronika yang hendak dipasang atau disolder kan ke PCB
  5. Masukkan kaki-kaki komponen elektronika ke dalam lubang PCB yang sudah disediakan
  6. Tempelkan ujung solder ke bagian ujung kawat timah, yang selalu dekatkan kebagian pangkal kaki komponen yang sudah menempel ke papan PCB
  7. Solder lah seluruh bagian dari pangkal kaki komponen sampai seluruh bagian tertutup timah dengan baik dan sempurna

Hal yang wajib untuk diperhatikan bahwa di dalam menempelkan ujung solder ke bagian kaki komponen janganlah terlalu lama karena hal tersebut bisa mengalirkan panas dari solder ke komponen elektronika secara berlebihan dan pada akhirnya akan merusak komponen tersebut. Pastikan pula bahwa timah memang benar-benar sudah mencair dengan sempurna ketika kegiatan penyolderan dikerjakan guna menghindari solderan yang tidak matang.

Baca Juga:   Bunyi Hukum Medan Magnet dan Kelistrikan

Apabila diperhatikan, solderan yang baik adalah mempunyai bentuk yang Lancip, bukan cekung maupun cembung. Solderan yang berbentuk Lancip tentunya akan melekat dengan kuat dan juga membuat tampilan dari papan PCB menjadi lebih rapi.

Demikianlah penjabaran singkat tentang urutan Bagaimana cara menyolder PCB dengan baik dan benar sehingga komponen-komponen Elektronika yang menempel pada papan PCB tersebut bisa terpasang dengan kuat dan rangkaian tersebut bisa bekerja dengan sempurna. Terima kasih, semoga berguna dan bermanfaat untuk pengunjung sekalian.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Penyebab Lampu Indikator AC Mati Pada AC Merek Aqua

Penyebab Lampu Indikator AC Mati Pada AC Merek Aqua

Memiliki AC Aqua buatan Jepang namun secara tiba-tiba lampu indikator di AC yang menayangkan power, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *