Home / Elektronika / Cara Menyolder Stainless Dengan Cukup Mudah

Cara Menyolder Stainless Dengan Cukup Mudah

Stainless terkenal sangat sulit disatukan tanpa memakai alat solder khusus. Namun tetap saja terdapat cara menyolder stainless steel. Kita tentunya butuh untuk mendapatkan Soldier campuran khusus atau solder khusus untuk dipakai menyolder stainless ataupun untuk menggabungkan dan menyatukan stainless dengan logam tertentu yang anda pakai di dalam proyek yang sedang anda garap.

Cara Menyolder Stainless Dengan Cukup Mudah

Pada saat anda telah memperoleh solder khusus tersebut baik dengan membeli lewat online shop maupun langsung pada toko peralatan khusus, tantangan berikutnya yang anda miliki yakni Bagaimana anda bisa bekerja dengan cukup cekatan dan cepat di dalam menyatukan stainless dengan segera setelah lapisan dari oksidasi terkelupas di bagian permukaan nya.

Cara menyolder stainless steel dengan baik dan benar

Langkah pertama adalah dengan mengenali dan menduga campuran-campuran yang mungkin ada di dalam stainless. Secara umum, stainless yang murni tanpa campuran tentunya bisa disolder walaupun cukup sulit. Terdapat sejumlah objek dengan bahan stainless yang didalamnya ternyata adalah campuran dari stainless. Rata-rata, bisa disolder dengan cara yang sama, akan tetapi sejumlah bagian yang lainnya teramat sulit dikerjakan dan bisa juga membutuhkan bantuan dari seorang tukang las yang cukup profesional.

Apabila campuran stainless Memiliki tanda baik berupa angka maupun huruf, maka silakan diperhatikan Apakah terdapat kebutuhan khusus. Namun sayangnya, beberapa campuran stainless yang tidak ada tandanya cukup sulit untuk diidentifikasi dan tentunya diperlukan adanya bantuan dari mereka yang cukup profesional. Jika hal tersebut merupakan bagian dari bisnis yang sedang anda geluti, maka tentunya Anda bisa mencoba untuk mengerjakannya sendiri, tentunya hal tersebut merupakan salah satu peluang didalam mengetes keberuntungan yang anda miliki.

Apabila anda hendak menyatukan stainless dengan jenis logam yang lain, maka ketahanan dari stainless rata-rata adalah faktor pembatas nya. Oleh sebab itu, maka proses identifikasi spesifik tentang campuran logam lainnya sangat mungkin tidak diperlukan. Perlu dicatat bahwa sejumlah kombinasi layaknya stainless dan besi Cukup sulit untuk digarap dan ada kemungkinan membutuhkan teknik spesial di samping dengan cara menyolder.

Pada tahapan ini, maka anda bisa mencoba untuk menggunakan solder yang memiliki suhu rendah. Secara umum, stainlees bisa meleleh di suhu rendah, yakni 660 derajat Celcius Disamping itu, apabila digabungkan dengan sifatnya yang mana cukup mudah untuk menyerap panas tentunya akan menjadikan stainless cukup sulit untuk disolder. Anda memerlukan alat solder khusus dengan titik leleh yang cukup signifikan dan tentunya bisa anda peroleh dengan membeli secara online.

Rata-rata, sejumlah material yang didalamnya terbentuk dari campuran seng, silikon dan stainless dipakai untuk kebutuhan tersebut. Namun, Sekali lagi anda perlu melakukan pemeriksaan terhadap label yang ada guna memastikan material material tersebut sesuai dengan kegiatan penyambungan yang hendak dikerjakan, seperti stenlis dengan tembaga atau stainless dengan stainless.

Jika dilihat secara teknis, bagian sambungan yang terbentuk dari logam akan bisa meleleh pada suhu diatas 400 derajat Celcius dengan memakai tembaga daripada Soldier. Namun, pada kenyataannya dia rata-rata dijual dengan bentuk solder dan tentunya dengan proses yang hampir sama. Pemakaian tembaga tentunya akan menjadikan sambungan lebih kuat, namun proses penyolderan sangat disarankan untuk dipakai di materi dengan sirkuit electric maupun materi lunak yang lainnya. Oleh sebab itulah Maka sangat disarankan untuk bisa menghindari solder yang didalamnya terkandung timah.

Baca Juga:   Cara Menyambung Kabel Listrik Secara Paralel dan Seri

Kita juga tentunya bisa memanfaatkan fluks. Hampir sama dengan solder pada umumnya, Fluks yang dipakai harus spesial untuk lempengan stainless maupun Kombinasi yang berasal dari logam yang hendak disatukan. Pilihan yang Paling mudah Yakni dengan cara membeli fluks di tempat yang sama di mana Anda membeli solder spesial yang memiliki titik leleh tertentu karena nantinya akan dipakai secara bersamaan. Suhu yang paling baik pada fluks adalah harus sama dengan titik leleh di solder yang Anda gunakan. Pilihlah fluks tembaga apabila solder yang Anda pilih memiliki titik leleh di atas suhu 450 derajat Celcius.

Sejumlah fluks tembaga ada juga yang memang tidak direkomendasikan untuk dipakai pada lempengan stainless yang tebal maupun yang tipis. Untuk itu, anda bisa mencari fluks jenis tembaga celup untuk mengerjakan hal tersebut

Selanjutnya adalah proses pemilihan dari sumber panas. Anda bisa memakai solder besi guna menyatukan kabel jenis stainless, namun untuk bahan yang lainnya tentunya Anda membutuhkan untuk menggunakan suluh. Rata-rata, Solo yang memiliki suhu rendah bisa dipakai dimana dengan ujung api yang bisa mencapai suhu sekitar 315 derajat celcius sampai dengan 425 derajat celsius. Apabila pemakaian suruh di tempat Anda kerja tidak memungkinkan, maka anda bisa menggunakan solder besi yang memiliki daya sekitar 150 watt.

Bagian berikutnya adalah mengumpulkan sejumlah materi yang bersifat opsional. Ketika proses penggabungan lebih dari satu lembar logam, bukan pada saat anda melakukan perbaikan kecil pada satu buah objek. Larutan asam dan juga larutan untuk zat khusus pada proses pembersihan oksidasi setelah kegiatan penyolderan juga bisa untuk disiapkan. Sejumlah fluks yang memiliki bahan dasar resin juga tentunya wajib untuk dibersihkan dengan memakai aseton

Area kerja yang aman haruslah diatur. Anda harus melindungi diri Anda Adanya resiko keracunan dengan menggunakan masker udara serta bekerja pada ruangan yang memiliki sirkulasi udara yang baik. Kacamata debu dan juga masker wajah merupakan sarana penting yang sangat disarankan untuk digunakan, hal tersebut hampir sama dengan penggunaan sarung tangan kulit yang tebal serta baju non sintetis. Taruhlah pemadam kebakaran api di dekat Anda bekerja dan tentunya Anda harus bekerja di atas permukaan yang cukup sulit untuk terbakar.

Tahapan-tahapan menyolder stainless

Untuk option yang pertama adalah dengan melakukan sejumlah penyolderan awal di masing-masing bagian yang cukup sulit untuk disatukan. Sejumlah sambungan yang cukup besar maupun Kombinasi yang cukup sulit seperti menggabungkan stainless dengan besi yang tentunya akan lebih mudah disatukan diwaktu sudah dipanaskan.

Anda bisa membersihkan stainless dengan memakai sikat anti karat. Stainless dapat membentuk adanya oksida stainless dengan cukup cepat ketika terkena udara dan tentunya lapisan tipis dari hasil oksidasi tidak bisa disatukan atau digabungkan. Silakan Anda lakukan penggosokan sampai dengan bersih menggunakan sikat anti karat, namun terlebih dahulu harus membaca petunjuk petunjuk yang ada.

Baca Juga:   Kekurangan Dan Kelebihan Lampu LED

Perlu untuk kita ketahui bersama bahwa stainless yang tua dengan kondisi oksidasi berat maupun permukaan yang sudah banyak berkarat mungkin saja perlu dilakukan pengamplasan maupun biasa dan juga bisa dilakukan pengelapan dengan memakai alkohol isopropil dan juga aseton.

Lakukan penjepitan pada logam secara bersamaan. Apabila anda hendak menyambungkan dua buah potongan objek dan bukan dari 1 buah objek, maka silahkan lakukan penjepitan kedua potong logam secara bersamaan dengan posisi yang sudah anda kehendaki sebelumnya. Tentunya, harus disediakan jarak antara keduanya supaya Soldier bisa dipakai. Namun tentunya jarak tersebut Tidak melebihi angka 1/25″ atau bisa kurang.

Apa bila terdapat potongan yang tidak tersambung dengan sempurna, maka tentunya Anda wajib untuk mengasah atau mengamplas bagian tersebut terlebih dahulu sebelum melanjutkan pekerjaannya. Disebabkan karena stainless tidak diperbolehkan terkena oksidasi, maka tentunya Anda wajib untuk mengapit kedua potongan logam dengan cukup longgar, lakukan pembersihan sambil dijepit, kemudian lakukan pengencangan pada jepitan tersebut

Pemakaian fluks juga dibutuhkan untuk menyolder stainless. Setelah proses pembersihan logam dilakukan, dengan segera silakan pakai fluks pada sejumlah area yang akan anda gabungkan dengan memakai batang sambung dari solder dan juga dari sejumlah peralatan logam lainnya. Kondisi ini digunakan untuk mencegah proses oksidasi serta menempatkan Soldier Pada sepanjang area yang anda inginkan. Apabila anda hanya ingin menyolder kabel, maka silahkan anda celupkan kabel kedalam cairan fluks sementara itu, apabila anda menggunakan blog yang memiliki bentuk bubuk, maka silakan Anda ikuti petunjuk penggunaan yang ada pada kemasan.

Lakukan proses pemanasan pada logam. Anda bisa memakai solder standart maupun solder besi yang bisa digunakan untuk memanaskan bagian objek logam di sambungan dan bisa dimulai dari bagian ujung terbawah dari sambungan yang dibuat. Pemakaian api yang secara langsung diarahkan ke area yang Akan diperbaiki tentunya akan menjadikan solder dan fluks bekerja terlalu panas.

Apabila Anda memakai Solo, maka anda bisa menahan ujung Solo minimal 12 cm sampai dengan 18 cm dari posisi logam utama. Silakan Anda memindahkan sumber panas secara konstan, dilakukan dengan melakukan gerakan melingkar kecil di seluruh wilayah sambungan. Sementara itu, solder besi mungkin saja memerlukan durasi sampai dengan 10 menit untuk proses pembangkitan suhu panas pertamakalinya. Sementara itu, apabila fluks menjadi hitam, yang maka anda bisa membiarkan kondisi tersebut sampai dengan area kerja turun suhunya menjadi dingin, bersih dan anda bisa mengulangi kembali.

Pakailah solder. Secara umum, fluks maupun Kegiatan mensolder kebagian sambungan dan selanjutnya guna memanaskan wilayah atau daerah secara acak tidak dilakukan secara langsung dari sisi sebaliknya maupun dari bagian permukaan yang paling dekat.

Kondisi tersebut tentunya dapat menghilangkan jarak yang sebelumnya sudah ada dan dengan cara konstan silahkan anda gerakan secara perlahan yang nantinya akan membuat hasil yang karat. Tentunya, membuat sambungan yang kuat dan rapi wajib untuk bisa dilatih sebelumnya apabila anda belum pernah mengerjakan aktivitas tersebut.

Apabila Soldier tidak bisa menyatu ke bagian stenlees, bisa jadi masih ada bagian yang teroksidasi pada stainless yang terbentuk di bagian permukaan nya dan tentunya wajib untuk dibersihkan secara segera sebelum anda menyolder bagian tersebut kembali. Kondisi tersebut juga tentunya bisa dikarenakan oleh adanya kesalahan yang dilakukan oleh anda, misalnya adalah kesalahan di dalam memilih jenis solder, ataupun jenis stainless yang Anda gunakan mungkin saja secara umum merupakan stainless campuran yang sulit untuk disatukan.

Baca Juga:   Skema Rangkaian TV China Ukuran 14 Inchi Sampai 21 Inchi

Anda juga harus menyingkirkan kelebihan fluks serta oksidasinya. Jika Anda memakai fluks yang berbentuk cair, maka fluks bisa dibilas dengan menggunakan air pada saat logam sudah mulai mendingin. Namun, Apabila Anda memakai fluksi yang memiliki bahan dasar resin, pakailah cairan aseton untuk proses pembersihannya. Setelah fluks berhasil disingkirkan, maka mungkin saja Anda hendak mencelupkan hasil pekerjaan yang sudah selesai ke dalam larutan asam guna membersihkan sisa-sisa oksidasi yang mungkin saja tercipta Karena suhu yang tinggi.

Tips didalam menyolder stainless

Stainless merupakan bahan yang memiliki sifat menyerap panas dengan cukup baik dan tentunya bisa menjadikan area yang akan disatukan menjadi cukup sulit untuk dipanaskan. Apabila anda tidak bisa melelehkan dengan memakai solder, silakan Anda coba dengan meletakkan stainless pada dudukan kabel maupun alat pendingin yang lainnya dengan permukaan yang lebih kecil dan silakan Anda pakai suluh untuk hasil yang lebih panas.

Hasil yang lebih panasmembutuhkan untuk memanaskan ujung solder dengan menggunakan api supaya solder bisa bekerja dengan lebih mudah di area Yang Akan diperbaiki. Anda wajib untuk selalu berhati-hati ketika sedang memanaskan batang karena batang yang terlalu panas justru akan menjadikan solder tidak menyatu.

Peringatan pada saat menyolder stainless steel

Ketika memakai solder serta fluks, maka silakan Anda kerjakan pada ruangan yang Memiliki sirkulasi udara cukup baik. Hal tersebut disebabkan karena asap fluks mengandung racun di dalamnya. Adapun Solder dengan menggunakan cadmium ataupun timah juga tentunya bisa Menghasilkan racun serta hanya diperbolehkan untuk dipakai pada ruangan yang memiliki ventilasi cukup baik Serta dilarang untuk dipakai pada saluran air minum.

Sejumlah kebutuhan untuk menyolder stainless steel

Adanya sumber panas yang bisa berasal dari besi Solder maupun suluh propane

Stainless fluks yang mana rata-rata sangat bergantung kepada rentang suhu serta dasar logam yang hendak dikerjakan. Stainlees fluks juga cukup sulit untuk bisa ditemukan di toko lokal dan tentunya cukup mudah apabila membeli secara online.

  1. Solder khusus untuk Stainless
  2. Jepitan
  3. Sikat anti karat
  4. Pemadam api
  5. Sarung tangan
  6. Masker udara
  7. Kacamata debu dan pelindung wajah
  8. Larutan asam
  9. Aseton khusus untuk fluks yang menggunakan bahan dasar resin

Demikianlah tutorial singkat mengenai cara menyolder stainless steel dengan cukup mudah dan tentunya memang membutuhkan sejumlah peralatan khusus yang wajib ada. Tanpa adanya peralatan khusus, misalnya adalah Solder khusus maka kita akan cukup kesulitan di dalam menyatukan stainless steel dengan stainless steel maupun stainless steel dengan logam yang lainnya. Mudah-mudahan, informasi diatas bisa berguna dan bermanfaat untuk pengunjung sekalian. Terima kasih dan selamat beraktifitas.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Penyebab Lampu Indikator AC Mati Pada AC Merek Aqua

Penyebab Lampu Indikator AC Mati Pada AC Merek Aqua

Memiliki AC Aqua buatan Jepang namun secara tiba-tiba lampu indikator di AC yang menayangkan power, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *