Home / Pendidikan / Ciri Guru Profesional Dan Pengertian Menurut Para Ahli

Ciri Guru Profesional Dan Pengertian Menurut Para Ahli

Berbicara mengenai guru profesional memang sangatlah menarik. Apabila anda berprofesi sebagai seorang guru dan ingin menjadi guru profesional, maka tidak ada salahnya apabila memahami ciri guru profesional dan pengertiannya menurut para ahli. Memang benar, di kehidupan sehari-hari tentunya kita tidak bisa terlepas dari kata guru. Bisa dikatakan guru adalah salah satu pondasi utama pada kegiatan pembelajaran yang ada di kehidupan sekolah.

Ciri Guru Profesional Dan Pengertian Menurut Para Ahli

Teknik dan cara guru didalam menyampaikan materi untuk siswanya tentu akan memiliki dampak terhadap seluruh kehidupan pada siswa yang bersangkutan. Oleh sebab itulah, seorang guru harus mampu memahami apa saja yang hendak disampaikan serta memahami teknik untuk menjadi guru yang baik, tepat dan benar.

Pengertian guru menurut para ahli

Walaupun seluruh orang telah mengenal kata guru, namun tetap saja banyak orang yang tidak memahami arti dari kata guru yang sesungguhnya. Lantas, apa sajakah arti dari kata guru yang sebenarnya? Di bawah ini adalah sejumlah rangkuman tentang arti kata guru menurut para ahli. Silakan disimak.

Baca Juga:   10 Ciri Guru Profesional Yang Perlu Anda Ketahui

1. Pengertian guru menurut Ahmadi tahun 1977

Menurut pendapat Ahmad di, guru maupun pendidik adalah salah satu sosok yang memiliki peranan sebagai pembimbing pada kegiatan belajar dan mengajar. Guru wajib untuk bisa menghadirkan situasi dan kondisi proses belajar dan mengajar yang bisa mendorong serta membangkitkan semangat dari peserta didik Sehingga masing-masing peserta didik memiliki kemampuan untuk menyadari peluang dan kecakapan prestasi yang mungkin diperolehnya.

2. Pengertian guru menurut mulyasa tahun 2003

Berdasarkan pendapat E. Mulyasa, pendidik wajib mempunyai standar kualifikasi akademik serta kompetensi pada sisi pembelajaran, serta sehat dari sisi jasmani serta rohani, dan mempunyai kemampuan Dan kemauan yang cukup besar pada kegiatan perwujudan akan tujuan pendidikan nasional.

3. Pengertian guru menurut Dri atmaka tahun 2004

Berdasarkan Dri atmaka bahwasanya pendidik adalah manusia yang sudah dewasa dan memiliki peranan sebagai pemberi pertolongan pada masing-masing siswa diproses perkembangan rohani dan jasmani pada siswa tersebut. Guna bisa melaksanakan pekerjaan tersebut, maka seorang pendidik atau guru wajib mampu untuk menopang dirinya sendiri, mengerjakan tugasnya terhadap Tuhannya, serta melakukan tugas sebagai bagian dari makhluk sosial dan makhluk individu yang mandiri.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Pembelajaran

4. Pengertian guru menurut Husnul Khotimah tahun 2008

Berdasarkan pendapat husnulkhotimah, guru merupakan seseorang yang memberikan sejumlah Fasilitas pada proses transfer ilmu pengetahuan yang berasal dari sumber ilmu kepada siswa.

Sejumlah karakteristik yang melekat pada guru

Berdasarkan pendapat dari Drs. Moh. Uzer Usman pada tahun 1996, terdapat sejumlah karakteristik yang harus melekat pada pekerjaan guru. Sejumlah karakteristik serta ciri-ciri yang dimaksud adalah:

  1. Seorang guru wajib untuk mempunyai fungsi serta signifikasi sosial pada masyarakat yang ada di wilayah sekitarnya
  2. Seorang guru memerlukan keterampilan khusus yang bisa didapatkan lewat kegiatan pendidikan yang bertanggung jawab serta bisa dipertanggungjawabkan
  3. Seorang guru wajib untuk mempunyai kompetensi yang telah ditopang pada sebuah fokus disiplin ilmu khusus atau a systematic body of knowledge
  4. Pekerjaan guru wajib mempunyai kode etik yang harus melekat serta mengikat yang mana pada saat terjadi pelanggaran kode etik tersebut, maka terdapat sanksi yang cukup tegas kepada pelanggar nya
  5. Seorang guru memiliki hak untuk memperoleh imbalan yang bisa berupa kompensasi Baik secara finansial maupun material sebagai bagian balas jasa terhadap apa yang sudah dikerjakannya
Baca Juga:   Cara Masuk Sekolah Penerbangan

Sekian ulasan singkat tentang ciri guru profesional dan pengertian menurut para ahli yang bisa saya ulas pada kesempatan yang baik ini. Semoga saja, ulasan diatas mampu menambah wawasan Anda, terutama para guru yang sedang mengembangkan kemampuan diri supaya bisa bekerja lebih profesional. Terima kasih, selamat beraktifitas dan semoga sukses.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Cara Menghitung 2,5 Persen Pada Zakat

Cara Menghitung 2,5 Persen Pada Zakat Yang Perlu Dipahami Bersama

Di bulan Romadhon, di samping kita berpuasa untuk menahan haus dan lapar, di bulan tersebut …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *