Home / Umum / Kode Etik / Contoh Kasus Pelanggaran Kode Etik Guru

Contoh Kasus Pelanggaran Kode Etik Guru

Sebuah Tindakan yang diambil oleh seorang guru kepada siswa yang memiliki tujuan guna menitik, kadangkala malah dianggap sebuah tindakan kriminal oleh orang tua atau wali murid. Oleh sebab itu, banyak guru yang meminta ketegasan kepada pemerintah mengenai sejumlah batasan tindakan yang dapat diambil oleh seorang guru guna menghukum peserta didik yang membandel.

Contoh Kasus Pelanggaran Kode Etik Guru

Dengan adanya aturan dari pemerintah maka seorang guru bisa dengan cukup leluasa memberikan didikan kepada peserta didik. Sekretaris dari PGRI atau Persatuan Guru Republik Indonesia di kota Medan, yakni Abdurrahman Siregar menyampaikan bahwa sebuah tindakan hukuman yang diberikan kepada guru untuk peserta didik sudah cukup banyak yang masuk ke pengadilan. Selamat tahun 2012, di kota Medan terhitung ada 15 orang guru yang sudah diajukan oleh orang tua atau wali peserta didik Ke Kepolisian.

Ke-15 guru Yang dilaporkan oleh orang tua dari peserta didik secara umum terkena kasus pemukulan kepada peserta didik. Peserta didik yang memperoleh pemukulan dari guru sebagai salah satu bentuk tindakan hukum rata-rata adalah peserta didik yang masih ada di bangku sekolah dasar. Padahal, sejumlah guru mengatakan bahwa tindakan tersebut diambil guna memberikan hukuman kepada peserta didik yang sangat bandel dan tentunya sudah tidak bisa diberi nasehat lagi.

Baca Juga:   Sanksi Terhadap Pelanggaran Kode Etik PNS

Contoh Kasus Pelanggaran Kode Etik Guru

Dijelaskan pula bahwa ketegasan seorang guru di dalam memberikan hukuman kepada peserta didik memang sangat dibutuhkan. Hal tersebut tentunya dipengaruhi oleh tingkat kesulitan di dalam memberikan didikan kepada anak, terutama yang memiliki sifat cukup bandel. Oleh sebab itulah maka PGRI sangat menyambut baik sejumlah keputusanyang sudah disepakati oleh PGRI dengan Polri atau Kepolisian Republik Indonesia. Kesepakatan atau mou tersebut adalahbahwa seorang guru tidak bisa secara langsung dipolisikan untuk sejumlah kasus seperti pemukulan peserta didik.

Dengan adanya keputusan antara PGRI dengan pihak kepolisian tersebut akan dibuat sebuah kode etik guru sehingga sejumlah pelanggaran yang dilakukan oleh profesi guru nantinya bakal diproses pada dewan kehormatan guru Indonesia atau DKGI.

Keputusan bersama tersebut tentunya memiliki tujuan guna menciptakan guru yang sejahtera, berwibawa, terlindungi serta profesional. DKGI  nantinya akan menjalankan sebuah proses penegakan kode etik sampai dengan pada tahap persidangan berdasarkan sop atau standar operasional prosedur. Hasil akhir dari proses persidangan tersebut tentunya dapat berujung kepada pemberian sanksi baik berupa sanksi kepegawaian, sanksi administrasi, sampai dengan hukum pidana yang mana sanksi tersebut juga nantinya akan dibagi ke dalam tiga kategori yaitu kategori berat, kategori sedang dan kategori ringan.

Baca Juga:   Inilah kode etik IT Yang Wajib Dipahami Bersama

Namun tentunya, ada sebuah pengecualian terhadap sejumlah kesalahan apabila bukan masuk ke dalam konteks pekerjaan guru, seperti tindakan teroris, narkoba, dan sejumlah tindakan lainnya yang cukup ekstrem bisa langsung masuk ke proses kepolisian.

Adanya bentuk kerjasama diatas tentunya bisa dengan mudah akan mengubah sikap dari guru menjadi lebih bijaksana. Disamping itu, seorang guru juga wajib untuk membaca sejumlah undang-undang anak serta memahami isi dari kode etik guru yang nantinya akan diberlakukan. Ketua bagian konsultasi pendidikan di kota Medan, yakni joharis Lubis mengatakan bahwa seiring dengan adanya perlindungan dari POLRI terhadap guru, maka seorang pendidik juga wajib untuk bisa meningkatkan profesionalisme dengan cara meningkatkan sejumlah kemampuan di bidang  profesional dan pedagogik. Joharis Lubis juga menambahkan supaya di kota Medan sudah tidak lagi ada tindakan asusila.

Di saat sekarang ini, Citra seorang guru memang sudah tidak sebagus di zaman dahulu kala di mata masyarakat. Oleh sebab itulah, guru wajib mampu untuk mengembalikan Citra yang dimilikinya agar lebih dihargai di mata masyarakat. Saat ini, pemerintah juga telah melakukan sejumlah cara guna bisa meningkatkan kesejahteraan guru di Indonesia.

Prosesnya memang belum maksimal, akan tetapi sudah banyak kesempatan yang dimiliki oleh guru untuk bisa meningkatkan kesejahteraan hidupnya. Proses tersebut tentunya harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh setiap guru dengan jalan meningkatkan kualitas yang dimilikinya. Apabila seorang guru sudah dilindungi dan sudah disejahterakan, maka Sudah Selayaknya seorang guru untuk bisa lebih profesional sehingga akan mendapatkan output dari lulusan yang berkualitas.

Baca Juga:   9 Kode Etik Guru Dan Penjelasannya

Kepala dinas pendidikan di kota Medan, yakni M. Rajab Lubis memberikan penilaian tentang keputusan bersama atau mou antara PGRI dengan Polri adalah salah satu metode pijat yang bisa membuat burung lebih profesional. Oleh sebab itulah, maka setiap guru memiliki hak untuk menghukum setiap peserta didiknya yang sudah melanggar ketentuan ketentuan yang berlaku di sekolah pada khususnya dan di dunia pendidikan pada umumnya.

Disamping itu, seorang guru juga memiliki hak untuk memberikan penghargaan kepada peserta didik yang mendapatkan prestasi. Namun, dalam hal tersebut sejumlah bentuk hukuman yang diberikan Dari guru wajib untuk bisa menghindari hukuman secara fisik yang tentunya bisa membuat cidera serta bisa membentuk peserta didik0

Demikianlah ulasan singkat Pada kesempatan kali ini mengenai contoh kasus pelanggaran kode etik guru yang sudah terjadi di beberapa kota besar di Indonesia. Mudah-mudahan, sejumlah pelanggaran kode etik hewan bisa menambah ilmu dan wawasan Anda semuanya. Terima kasih dan selamat bekerja.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Sejumlah Sanksi Pelanggaran Kode Etik

Sejumlah Sanksi Pelanggaran Kode Etik

Sanksi pelanggaran kode etik wajib untuk diperlakukan manakala terjadi pelanggaran kode etik. Hal tersebut memiliki …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *