Home / Umum / Alam / Fungsi Medan Magnet Pada Kegiatan Perpindahan Hewan

Fungsi Medan Magnet Pada Kegiatan Perpindahan Hewan

Marilah kita membahas tentang fungsi medan magnet pada berbagai macam kegiatan migrasi ataupun perpindahan hewan. Ternyata, medan magnet yang dimiliki oleh bumi juga berpengaruh dan memiliki fungsi pada berbagai macam hewan. Perlu kita ketahui bersama bahwa medan magnet bumi merupakan sebuah wilayah yang ada di sekeliling bumi yang tentunya masih dipengaruhi oleh gravitasi atau gaya tarik bumi.

Fungsi Medan Magnet Pada Kegiatan Perpindahan Hewan

Sejumlah hewan yang berukuran besar menggunakan medan magnet bumi guna mempertahankan hidupnya. Hewan-hewan tersebut memiliki kemampuan di dalam mendeteksi adanya medan magnet bumi yang disebabkan karena pada tubuh mereka terdapat magnet. Fenomena tersebut sering dikenal dengan istilah biomagnetik. Lantas, hewan apa sajakah yang sering menggunakan medan magnet bumi untuk bermigrasi atau berpindah tempat? Berikut ini adalah alasan tentang fungsi medan magnet pada kegiatan perpindahan hewan di bumi.

Migrasi atau perpindahan burung

Sejumlah burung sepertiburung layang-layang dan burung elang bermigrasi disetiap musim tertentu. Burung-burung tersebut tentunya memakai partikel magnetik yang ada di dalam tubuhnya guna menciptakan peta navigasi dengan menggunakan medan magnet bumi. Medan magnet bumi ternyata dipakai oleh burung merpati pos di jaman dahulu kala. Ternyata, burung merpati pos tersebut juga menggunakan medan magnet bumi sebagai salah satu alat bantu untuk menunjukkan peta pulang.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Atom

1. Migrasi atau perpindahan ikan salmon

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa ikan salmonmerupakan ikan yang hidup di samudra pasifik dan samudra atlantik. Ikan salmon adalah ikan yang selalu bermigrasi supaya bisa berkembangbiak. Ikan salmon mempunyai kemampuanuntuk hidup di aliran sungai yang berair tawar dimana merupakan lokasi awal mereka menetas serta bisa bertumbuh kembang dan sampai ke lautan guna berenang ribuan kilometer.

2. Migrasi atau perpindahan penyu

Seorang peneliti yang bernama kenneth lohmann yang berasal dari universitas carolina utara meneliti dan mempelajari tentang tingkah laku penyu pada saat dihadapkan pada medan magnet yang berlainan. Peneliti tersebutmencoba untuk meletakkan penyu di dalam sebuah tempat yang sudah dikelilingi alat di mana bisa menimbulkan medan magnet.

Hasil pengamatan tersebut menunjukkan bahwa hewan penyu akan mengikuti jalur migrasi yang sudah diberikan. Proses perpindahan penyu bisa mengikuti jalur dari medan magnet yang memiliki tujuan supaya penyu bisa terjaga dan tetap berada di lautan yang suhunya hangat serta wilayah yang kaya akan sumber makanan untuk penyu itu sendiri.

Baca Juga:   Arti Dari Bunga Yang Sangat Penting Untuk Diketahui

3. Migrasi atau perpindahan lobster duri

Hewan lobster duri adalah lobster air laut yang cukup sering melakukan migrasi. Kenneth lohmann juga telah melakukan penelitian tentang kemampuan dari lobster duri guna mendeteksi adanya medan magnet. Langkahnya adalah dengan cara meletakkan lobster duri pada sebuah bak air yang bisa diatur medan magnetnya.saat medan magnet diubah, maka dengan cukup mudah lobster duri bisa menyesuaikan diri untuk dapat bergerak menuju ke arah kutub utara dari medan magnet.

Dengan demikian, maka bisa dihasilkan sebuah penelitian yang mampu menunjukkan bahwa lobster duri memang memiliki kemampuan untuk bisa merasakan dan mendeteksi medan magnet bumi yang akan membantu proses migrasi yang dilakukan dari lepas pantai florida menuju ke lautan lepas yang lebih tenang dan suhunya lebih hangat di setiap akhir musim gugur.

Demikianlah penjabaran singkat tentang fungsi medan magnet pada kegiatan migrasi maupun perpindahan sejumlah hewan baik itu jenis burung, jenis ikan, penyu maupun jenis hewan lainnya yang kebanyakan hidup di lautan. Mudah-mudahan, sedikit informasi di atas mampu memberikan wawasan baru bagi pengunjung blog sederhana ini. Terima kasih dan selamat beraktivitas, salam sukses untuk anda.

Baca Juga:   Proses Terbentuknya Medan Magnet Bumi

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Cara Menghitung Curah Hujan

Cara Menghitung Curah Hujan Dengan Cepat Dan Mudah

Di kesempatan yang baik ini, Izinkan saya untuk mengulas tentang cara menghitung curah hujan. Tentunya, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *