Home / Hardware / Fungsi Memori Utama Pada Komputer Yang Wajib Anda Pahami

Fungsi Memori Utama Pada Komputer Yang Wajib Anda Pahami

Sebelum kita membahas mengenai fungsi memori utama pada komputer, Alangkah baiknya apabila kita memahami terlebih dahulu pengertian dari memori utama. Memori adalah salah satu bagian penting dari komputer yang memiliki fungsi sebagai tempat untuk menyimpan berbagai macam informasi yang harus diatur serta dijaga dengan sangat baik. Penyebutan lain pada memori di komputer adalah komputer memori, memori, komputer storage, di mana perangkat tersebut merupakan piranti dari komputer yang dipakai sebagai alat untuk menyimpan data serta informasi ketika sedang memakai komputer. Secara umum, memory adalah salah satu bagian yang sangat penting pada komputer modern yang lokasinya ada di dalam CPU atau Central processor unit.

Fungsi Memori Utama Pada Komputer

Hierarki Dari Memori Komputer

Sejumlah besar dari komputer mempunyai hirarki memori yang terdiri atas tiga bagian, yaitu:

  1. Physical register pada CPU yang lokasinya berada di level paling atas. Informasi yang ada pada register tersebut bisa diakses pada satu clock cycle CPU.
  2. Primary memory, Lokasinya ada di level Tengah, misalnya adalah RAM. Primary memory menggunakan satuan byte dalam satu waktu, di mana secara relatif bisa diakses dengan cukup cepat, memiliki sifat volatile dimana informasi dapat hilang pada saat komputer dimatikan. CPU akan mengakses memori tersebut dengan menggunakan instruksi single load atau Store pada beberapa clock cycle.
  3. Secondary memory, Lokasinya ada di level paling bawah, misalnya adalah tape atau disk. Secondary memori diukur sebagai sebuah kumpulan dari bytes yakni block of bytes, memiliki waktu akses yang cukup lambat, serta memiliki sifat nonvolatile atau informasi akan tetap tersimpan dengan baik pada saat komputer dimatikan. Jenis memori tersebut diaplikasikan pada storage device, sehingga akses akan terjadi aksi pada driver dan device.

Fungsi RAM sebagai memori

Memori adalah salah satu bagian pada komputer yang memiliki fungsi untuk menyimpan informasi atau data secara sementara atau tidak bersifat permanen. Pada saat komputer di restart atau dimatikan, maka seluruh data yang ada di dalam RAM akan hilang. Sebab, proses penyimpanan pada Ram atau memory hanyalah bisa berlangsung pada saat komputer dalam kondisi menyala. Berbeda dengan hardisk yang mampu menyimpan data dengan sifat permanen.

Baca Juga:   Fungsi Utama CPU Pada Komputer

Berbagai Macam Media Penyimpanan Dilihat Dari Jenis Memorinya

Memori adalah salah satu media penyimpanan data atau informasi yang ada di komputer, di mana media penyimpanan data pada komputer terbagi menjadi dua bagian, yaitu:

1. Memori internal

Memori internal memiliki sifat bisa diakses secara langsung oleh bagian prosesor. Memori internal mempunyai peranan sebagai pengingat. Dalam kondisi ini, bagian data yang disimpan di dalam memori utama bisa berupa program maupun data. Memori rata-rata terbagi menjadi dua macam, yakni rom dan ram. Di samping itu, ada pula jenis memori yang disebut dengan istilah DIMM, SDRAM, DRAM, CMOS, CACHE MEMORI.

2. ROM atau read Only Memory atau firmware

ROM merupakan salah satu jenis memori dimana isinya tidak bisa dihilangkan pada saat tidak memperoleh aliran listrik dan pada awalnya isi dari ROM hanyalah Dapat dibaca saja. Rom pada komputer dibuat oleh produsen komputer dan isinya adalah Data atau program. Pada sebuah komputer, ROM sering dikenal dengan istilah bios atau basic input output system ataupun ROM BIOS

3. CMOS  atau komentari metal oxide semiconductor

CMOS merupakan salah satu jenis Jeep yang membutuhkan daya listrik yang berasal dari baterai. Tab ini isinya adalah memori 64-byte dan isinya bisa diganti. Pada CMOS  tersebut sejumlah pengaturan dasar komputer bisa dikerjakan. Contohnya adalah perangkat yang dipakai untuk memuat operating system dan termasuk juga setingan jam dan tanggal sistem komputer. CMOS  Adalah salah satu bagian dari ROM

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Jaringan Komputer

4. RAM atau Random Access memory

RAM merupakan salah satu jenis memori dimana isinya bisa di gonta-ganti pada saat komputer dalam kondisi hidup serta memiliki sifat volatile. Disamping itu, RAM memiliki sifat yakni bisa menyimpan serta mengambil data dengan kecepatan sangat tinggi.

5. DRAM atau Dynamic RAM

DRAM merupakan salah satu jenis RAM yang secara berkala wajib untuk disegarkan oleh bagian CPU supaya data yang ada didalamnya tidak hilang. DRAM adalahsalah satu jenis RAM yang ada pada PC.

6. SDRAM atau synchronous Dynamic RAM

SDRAM merupakan salah satu jenis RAM kelanjutan dari jenis DRAM, akan tetapi sudah disinkronisasikan pada clock sistem serta mempunyai kecepatan kerja yang lebih tinggi dibandingkan dengan DRAM. SDRAM sangat cocok pada sistem dengan emas yang mempunyai kecepatan sampai dengan 100 Mega hertz

7. DIMM atau dual in-line memory module

DIMM memiliki kapasitas 168 PIN, di mana kedua belah modul memori dalam kondisi aktif, dan masing-masing permukaan memiliki PIN sejumlah 84. DIMM Tentunya cukup berbeda dengan SIMM yang cuma memiliki fungsi pada satu sisi modul saja. DIMM Mendukung lebar data 64-bit. Sementara itu, SDRAM atau synchronous Dynamic RAM memakai sistem DIMM. Bisa dikatakan bahwa DIMM adalah pengganti dari generasi DRAM, EDO dan FPM atau fast page memori.

SDRAM berfungsi sebagai pengatur memori agar bisa sama dengan kecepatan CPU pada proses pemindahan data yang jauh lebih cepat. Ada dua jenis kecepatan, yakni PC 100 atau 100 megahertz dan pc133 atau 133 megahertz. DIMM Memiliki jumlah PIN sebanyak 168. DIMM Merupakan salah satu jenis RAM yang cukup banyak ada di pasaran.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Printer Epson L120

8. Memory Chache

Memori cache adalah salah satu jenis memori yang memiliki kapasitas tidak terbatas, jenis memori ini memiliki kecepatan tinggi dan Tentunya memiliki harga yang lebih mahal Apabila dibandingkan dengan jenis memori utama. Memory Chache Lokasinya ada di antara memori utama dan register pemroses, memiliki fungsi supaya bagian pemroses tidak langsung mengarah pada memori utama, namun di memory Chache di mana kecepatan aksesnya jauh lebih tinggi. Metode yang digunakan oleh memory Chache yaitu dengan meningkatkan kinerja sistem. Memory Chache Merupakan jenis RAM tercepat yang pernah ada, serta dipakai CPU, Hard Drive dan sejumlah komponen yang lainnya.

9. External memory

External memory atau memori eksternal adalah jenis memori tambahan yang memiliki fungsi guna menyimpan program atau data. Misalnya adalah floppy disk, hardisk dan lain-lain. Kaitan antara memory Chache, memori utama serta konsep dasar dari memori eksternal yaitu penyimpanan data memiliki sifat tetap atau non volatile, baik itu ketika komputer aktif maupun tidak.

Memori eksternal adalah salah satu jenis perangkat keras yang bertugas untuk melaksanakan operasi penulisan, penyimpanan dan pembacaan data, yang dilakukan di luar memori utama. Memori eksternal tersebut memiliki dua tujuan inti, yakni sebagai media penyimpanan permanen guna membantu tugas dari RAM serta untuk memperoleh memory dengan harga yang murah namun memiliki kapasitas tinggi bagi pemakaian jangka panjang.

Sekian penjabaran singkat tentang fungsi memori utama pada komputer. Mudah-mudahan, ulasan singkat Pada kesempatan kali ini mampu menambah pengetahuan dan wawasan anda di bidang memori, khususnya adalah memori komputer di mana akan selalu mengalami perkembangan. Terima kasih.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Struktur Dan Fungsi Utama Komputer

Struktur Dan Fungsi Utama Komputer Secara Umum

Pada hakekatnya, sekarang ini komputer bukanlah barang yang baru atau mewah di masyarakat Indonesia. Hanya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *