Home / Umum / Kesehatan / Fungsi Utama DNA Pada Makhluk Hidup

Fungsi Utama DNA Pada Makhluk Hidup

Pada dasarnya, fungsi utama DNA dibedakan menjadi dua berdasarkan fungsi biologis. Pada fungsi yang pertama, DNA memiliki kegunaan untuk menentukan maupun menyimpan karakteristik secara biologis pada setiap makhluk hidup berdasarkan atas pengaturan koneksi molekul yang cukup spesifik, dan fungsi yang kedua adalah untuk memberikan pelayanan tujuan sintetis dari sisi biologis di dalam hal penciptaan bagian protein seluler serta molekul RNA.

Fungsi Utama DNA

Fungsi Utama DNA Pada Makhluk Hidup

Di samping beberapa fungsi utama DNA pada makhluk hidup di atas, DNA juga memiliki fungsi yang lain pada makhluk hidup, diantaranya adalah:

  1. Menciptakan protein
  2. Sebagai sebuah kode teknik menonaktifkan dan mengaktifkan protein
  3. DNA mampu mengarahkan bagian sintetis RNA di bagian bawah protein kimia yang sering dikenal dengan istilah transkripsi
  4. DNA akan membawa ekspresi terhadap informasi genetik
  5. Memiliki peran di dalam menduplikasi diri serta pewarisan bagian sifat
  6. Membawa sejumlah informasi genetik DNA

DNA asam deoksiribonukleat merupakan sebuah kode genetik yang memberikan jaminan bahwasanya sel anak akan mewarisi sifat atau karakteristik yang mirip dengan sel induknya. DNA merupakan suatu kode dari mana seluruh protein disintesis. Seluruh bagian prokariota, eukariota Serta sejumlah virus juga mempunyai DNA. Seluruh kode DNA terdiri atas 4 bahasa nukleotida, timin, guanin dan adenin sitosin.

Baca Juga:   3 Fungsi Utama Ginjal Pada Tubuh Manusia Yang Wajib Dipahami

Di dalam DNA juga terkandung seluruh pengkodean genetik yang dipakai guna mengontrol fungsi, perilaku serta pengembangan sebuah organisme. DNA dipakai sebagai salah satu perangkat penyimpanan dalam waktu yang cukup panjang guna menyimpan berbagai macam instruksi genetik. Instruksi tersebut haruslah benar Sehingga nantinya DNA bisa membuat salinan pada dirinya sendiri.

Bagian DNA akan mengarahkan sintesis RNA di bagian bawah proses kimia yang disebut dengan istilah transkripsi. Secara umum, apa saja yang terjadi merupakan enzim seluler yang diarahkan oleh bagian kode genetik itu sendiri guna Membuat helai RNA dalam hubungannya dengan urutan pengkodean yang disimpan di dalam DNA itu sendiri. Helai RNA atau yang sering dikenal dengan istilah mrna atau Messenger ribonucleic acid akan membawa sejumlah informasi mengenai kode genetik ke sejumlah protein sintesis mekanika sel, yang mana bagian tersebut akan menginduksi proses pengaturan tertentu bagian asam amino di dalam proses perakitan protein, yang pada saatnya perintah serta mengatur karakteristik fisiologi dari organisme yang berhubungan.

Adapun fungsi DNA didalam sel yaitu sebagai kode teknik menonaktifkan dan mengaktifkan protein. Fungsi lain dari DNA yaitu guna membuat atau membentuk protein.

Baca Juga:   Sistem Kerja Saraf Pada Manusia

DNA bisa dikatakan sebagai dasar sebuah kehidupan. Bagian ini merupakan molekul yang sangat kompleks yang terdiri atas 4 macam basa, membentuk silang berhubungan layaknya tangga, serta dipelintir berbentuk spiral. Seluruh tempat protein akan saling berkaitan antara satu dengan yang lainnya dimana urutan dari seluruh pasangan akan membentuk Hand yang mampu mendefinisikan Siapakah anda serta seluruh organisme lain yang ada di bumi.

Seluruh sel tentunya memiliki ( dengan sejumlah pengecualian), memiliki DNA didalam tubuh. Pengecoran yang dimaksud yaitu di dalam sel germinal pria serta wanita atau gamet, yang dipakai untuk kebutuhan reproduksi. Adapun urutan pasangan tersebut dijaga cukup ketat oleh sejumlah sel tubuh serta pada saat sel bereproduksi, dengan cara membelah menjadi dua, DNA akan disalin ke dalam sel yang baru. Terkadang, perpecahan yang mengalami kerusakan akan mampu untuk memperbaiki kerusakan tersebut. Sesuatu hal yang sangat menakjubkan.

DNA dikemas di dalam 46 kromosom manusia serta memiliki 23 yang masing-masing berasal dari laki-laki dan sel germinal perempuan yang diproses dengan sangat kompleks. Sejumlah sel germinal, ataupun spermatozoa pada pria serta telur maupun ovum pada perempuan, masing-masing akan memasok setengah dari DNA anda. Selama proses pembuahan, pada saat sperma masuk serta membuahi telur, dua buah kelompok yang berasal dari 23 kromosom akan bergabung menjadi penuh sejumlah 46 sehingga mampu Merampungkan proses genetik seseorang.

Baca Juga:   Cara Membuat Suara Bagus Dan Merdu

Bagian telur kemudian akan memulai proses yang cukup Kompleks untuk membagi menjadi dua bagian, dimana nantinya dua sel akan membelah menjadi 4, begitu seterusnya. Walaupun pada intinya, masing-masing orang yang hidup di bumi mempunyai DNA yang cukup unik, dengan demikian maka bisa dipakai untuk kegiatan positif seperti mengidentifikasikan seseorang, terkecuali adalah pada kondisi kembar identik. Kembar identik akan terjadi pada saat bundel sel membagi ( yang saat ini dikenal dengan istilah blastokista), disebabkan alasan apapun, memotong maupun memecah di bagian tengahnya. Kondisi tersebut tentunya akan membuat dua buah embrio, dengan DNA yang cukup identik, di mana akan menghasilkan kembar identik untuk bisa berbagi DNA masing-masing. Tentunya, mereka akan Kelihatan seperti orang yang sama.

Itulah penjabaran singkat tentang fungsi utama DNA pada makhluk hidup, khususnya adalah manusia. Mudah-mudahan, artikel Ini bisa memberikan tambahan dan ilmu bagi anda sekalian, khususnya adalah pada bidang kesehatan. Terima kasih dan selamat beraktifitas.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Fungsi Utama Protein

Fungsi Utama Protein Bagi Tubuh Manusia

Membicarakan tentang fungsi utama protein, tentunya hal tersebut adalah merupakan sesuatu yang amat penting. Layaknya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *