Home / Umum / Kesehatan / Fungsi Utama Hati Di Dalam Tubuh Manusia

Fungsi Utama Hati Di Dalam Tubuh Manusia

Salah satu organ tubuh yang paling penting adalah hati. Fungsi utama hati tentunya sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Bisa dikatakan bahwa hati merupakan bagian dari sebuah sistem pencernaan, namun hal tersebut tidak lebih dari sekedar adanya kegiatan asupan makanan. Hati memiliki tanggung jawab guna memproduksi zat yang bisa mencegah lemak menjadi lipid, menjadikan makanan yang masuk lebih mudah untuk dicerna.

Fungsi Utama Hati

Organ hati juga tentunya mampu untuk memproduksi berbagai macam asam amino, yang memiliki peranan cukup penting guna memproduksi protein. Tanpa adanya organ hati, maka tubuh tidak akan dapat berfungsi. Organ hati juga mampu untuk memproduksi banyak kolesterol di dalam tubuh, apakah sehat maupun tidak sehat. Di samping dari sisi kemampuan produksi, hati juga memiliki kemampuan bertindak sebagai penyaring atau filter.

Pada saat terdapat zat berbahaya yang masuk ke dalam tubuh, hati merupakan salah satu organ yang bertanggung jawab untuk melakukan penyaringan. Contohnya adalah hati akan menyaring alkohol yang ada di dalam darah. Dengan bahasa yang sederhana, fungsi utama hati adalah guna menjaga keseimbangan di dalam tubuh manusia. Hati mampu untuk menetralkan racun yang cukup berbahaya, membuat berbagai macam zat yang dibutuhkan guna membuang produk pelimbahan. Di samping memproduksi empedu, terdapat pula sejumlah fungsi hati yang lainnya.

Baca Juga:   Cara Menghitung IMT Anak Dan Balita

Fungsi Dari Organ Hati Pada Tubuh Manusia

  1. Sebagai penawar racun

Hati mampu menetralkan dan menawarkan racun. Istilah lainnya adalah detoksifikasi. Organ hati bisa menghilangkan racun yang ada di dalam darah dengan teknik membersihkannya dari berbagai macam zat berbahaya, contohnya adalah obat-obatan dan alkohol.

  1. Memproduksi Protein plasma

Hati akan membantu di dalam membuang zat bilirubin. Bilirubin merupakan zat yang tidak baik untuk tubuh manusia sehingga wajib dikeluarkan melewati sistem ekskresi.

  1. Menyimpan gula otot atau glikogen, di mana zat tersebut adalah hasil dari pengubahan glukosa disebabkan oleh hormon insulin
  2. Mampu mengubah zat makanan yang sudah diabsorpsi dari organ usus dan yang telah disimpan pada sebuah tempat pada bagian tubuh. Zat makanan tersebut akan diubah sesuai dengan kegunaannya.
  3. Mampu melakukan pengaturan terhadap siklus hormon
  4. Mampu mempertahankan temperatur tubuh dengan cara menaikkan suhu udara yang mengalir lewat hati
  5. Memakan mikroorganisme dan antigen
  6. Mengatur komposisi darah yang mengandung protein, gula, lemak dan beberapa zat yang lainnya
  7. Mampu menyimpan hormatin yang dibutuhkan untuk keperluan penyempurnaan sel darah merah baru
  8. Membantu organ empedu guna memproduksi cairan empedu yang asalnya adalah dari sel darah merah yang sudah dirombak di dalam hati. Cairan empedu tersebut memiliki fungsi guna mengemulsikan lemak di dalam makanan. 1 buah kantong empedu bisa memproduksi setengah liter empedu setiap harinya. Empedu memiliki warna kehijauan dan rasanya adalah pahit.
  9. Mampu memproduksi sel darah merah ketika masih di dalam janin
  10. Mampu memproduksi urea yang merupakan perombakan dari asam amino. Urea tersebut akan dikeluarkan lewat ginjal dalam bentuk urine.
  11. Mampu menyimpan Vitamin yang larut lemak, misalnya adalah vitamin K, vitamin E, vitamin B, vitamin A, vitamin B12 dan mineral.
  12. Mampu memproduksi fibrinogen dan protrombin yang memiliki fungsi guna mencegah proses penggumpalan darah
Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Termometer Air Raksa

Sekian ulasan singkat tentang fungsi utama hati di dalam tubuh manusia yang bisa saya ulas pada posting kali ini. Mudah-mudahan, artikel tentang kesehatan ini bisa menambah ilmu serta wawasan Anda sehingga kesehatan hati di dalam tubuh anda semakin terjaga. Terima kasih dan selamat beraktifitas, Salam sukses.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Cara Menghitung Dosis Obat

Cara Menghitung Dosis Obat Dengan Benar

Pada kesempatan yang baik ini, saya akan mencoba untuk mengolah cara menghitung dosis obat. Tentunya, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *