Home / Umum / Kesehatan / Fungsi Utama Karbohidrat Didalam Tubuh Manusia

Fungsi Utama Karbohidrat Didalam Tubuh Manusia

Bisa dipastikan, anda sudah memahami apa itu karbohidrat. Hanya saja, tidak semua orang memahami fungsi utama karbohidrat di dalam tubuh manusia. Pada saat orang menyebut istilah karbohidrat, ada kemungkinan pikiran mereka langsung menuju ke nasi. Memang benar, nasi merupakan salah satu sumber karbohidrat utama.

Fungsi Utama Karbohidrat

Akan tetapi, masih cukup banyak berbagai macam sumber karbohidrat yang lainnya, yakni berbagai macam makanan yang asalnya adalah dari serealia atau padi-padian, kacang-kacangan kering, umbi-umbian dan juga Gula. Berbagai macam hasil pengolahan dari sejumlah bahan tersebut, misalnya adalah tepung, roti, mie, bihun, sirup, selai dan beberapa yang lainnya.

Sejumlah besar jenis buah-buahan dan sayur-sayuran tidak mengandung karbohidrat. Akan tetapi, jenis sayuran kategori umbi-umbian, misalnya adalah wortel dan bit serta sejumlah sayur kacang-kacangan mengandung cukup banyak karbohidrat dibandingkan dengan unsur sayur daun-daunan nya.

Disamping itu, jenis makanan yang asalnya dari makanan hewani, jumlah karbohidrat nya ternyata sangatlah sedikit. Berbagai macam bahan makanan pokok yang ada di Indonesia yang mengandung karbohidrat diantaranya adalah sagu, talas, singkong,,, jagung dan beras.

Fungsi utama karbohidrat di dalam tubuh

Tentunya, sebagian dari masyarakat sudah memahami Kenapa di dalam tubuh memerlukan konsumsi karbohidrat. Jawabannya adalah sebagai sumber tenaga serta bisa melangsungkan kehidupan. Oleh sebab itulah, supaya anda memahami secara detail, fungsi utama karbohidrat di dalam tubuh, terutama untuk kesehatan tubuh, maka Berikut ini adalah penjelasan rincinya. Silahkan disimak.

1. Sumber Energi

Pada dasarnya, fungsi utama karbohidrat yakni sebagai sumber penyediaan energi di dalam tubuh. Karbohidrat sebagai salah satu sumber energi yang paling utama serta begitu mudah untuk diperoleh, sebab sudah cukup banyak terdapat di alam dan juga harganya Yang relatif lebih murah. Sumber dari karbohidrat yang ada di Indonesia serta dijadikan sebagai makanan pokok yaitu gandum, jagung dan beras. Memang, cukup banyak sumber dari karbohidrat yang lainnya, akan tetapi tidak terbiasa untuk dijadikan sebagai makanan pokok, misalnya adalah roti, ubi kayu dan juga ubi jalar.

Pada saat Anda mengkonsumsi karbohidrat, maka karbohidrat yang anda makan tersebut sebagian bisa langsung dimasukkan ke dalam siklus darah di dalam bentuk Glukosa yang memiliki tujuan untuk dijadikan sebagai sumber energi.

Baca Juga:   Cara Mengukur Berat Badan Yang Ideal

Namun, sebagian lagi ada yang disimpan di dalam hati serta jaringan dengan bentuk glikogen yang mana apabila sewaktu-waktu diperlukan akan bisa diubah kembali menjadi energi. Sebagian lagi yang lainnya akan diubah menjadi lemak serta akan disimpan sebagai cadangan energi pada jaringan lemak.

Oleh sebab itu, Apabila ada seseorang yang mengkonsumsi karbohidrat dalam jumlah terlalu banyak atau berlebihan maka akan menjadi gemuk. Itulah Alasannya kenapa seseorang pada saat setelah makan haruslah diimbangi dengan berbagai macam aktivitas fisik, supaya tidak ada penumpukan lemak dan pada akhirnya menyebabkan kegemukan.

2. Sebagai sumber rasa manis

Sejak dilahirkan, manusia memiliki kecenderungan menyenangi rasa yang manis. Misalnya adalah pada saat Anda memperoleh ASI, maka ASI tersebut rasanya adalah manis walaupun jumlahnya sedikit. Salah satu ciri yang dimiliki oleh karbohidrat yakni mempunyai rasa yang manis. Pada saat Anda memakan berbagai macam hal yang rasanya manis, maka didalamnya ada zat karbohidrat. Berbagai macam jenis gula maupun rasa manis yang lainnya Asalnya adalah dari susunan karbohidrat.

Dari situ, anda akan memahami Kenapa orang yang terkena penyakit diabetes alangkah baiknya bisa membatasi atau mengurangi mengkonsumsi karbohidrat dengan tingkat kadar manis yang tinggi. Karbohidrat yang mempunyai tingkat kadar manis tertinggi yaitu terletak pada nasi putih.

Guna lebih amannya, anda yang sekarang ini sedang menderita penyakit diabetes bisa menggantikan posisi nasi putih dengan nasi jagung, sebab didalam nasi jagung mempunyai kandungan karbohidrat yang lebih rendah dibandingkan dengan nasi putih.

Berbagai macam makanan yang asalnya dari tumbuhan Yang mempunyai kandungan karbohidrat apabila dimakan akan memiliki rasa manis. Anda bisa melakukan pendeteksian kandungan karbohidrat pada sebuah makanan berdasarkan tingkat kemanisannya. Semakin manis sebuah makanan, maka bisa dipastikan kandungan karbohidrat yang ada di dalamnya semakin tinggi. Untuk Anda yang terkena penyakit diabetes, maka sangat mudah untuk mengenali berbagai macam makanan apa saja yang alangkah baiknya untuk dihindari, yakni berbagai macam makanan yang mempunyai rasa manis cukup tinggi.

3. Untuk menghemat protein

Energi yang dipakai di dalam tubuh anda tentunya berasal dari karbohidrat, lemak dan protein. Apabila kandungan karbohidrat di dalam tubuh anda sudah tidak tersedia, maka guna memenuhi keperluan energinya, protein akan diuraikan menjadi bentuk energi. Pada saat protein menjadi salah satu bahan sasaran untuk diubah menjadi energi, maka protein tidak akan bisa menjalankan peranan yang semestinya, yakni sebagai zat pembangun.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Sel

Zat protein tentunya akan membantu tubuh di dalam membentuk berbagai macam sel baru ataupun melakukan regenarasi berbagai macam sel yang telah rusak. Dengan adanya protein didalam tubuh, maka seluruh organ tubuh akan tetap terjaga disebabkan karena sejumlah sel yang telah rusak akan selalu diperbaharui. Zat karbohidrat yang bisa mencukupi keperluan tubuh anda bisa melindungi jumlah protein yang ada di dalam tubuh.

Oleh sebab itulah, Alangkah baiknya apabila anda bisa mengkonsumsi sumber karbohidrat berdasarkan kebutuhan tubuh anda, supaya protein di dalam tubuh tidak ikut diuraikan menjadi energi. Ketika protein pada tubuh anda diubah menjadi energi, maka itu artinya cadangan protein akan semakin berkurang. Pada saat protein sudah semakin sedikit atau bahkan habis, maka yang berikutnya akan diolah menjadi energi yaitu lemak. Nah pada bagian inilah yang nantinya akan menjadikan tubuh anda menjadi semakin kurus, sebab lemak akan diubah menjadi energi.

4. Sebagai pengatur metabolisme lemak

Adapun fungsi karbohidrat yang berikutnya yakni sebagai pengatur metabolisme lemak di dalam tubuh manusia. Karbohidrat tentunya bisa mencegah terjadinya masalah oksidasi lemak yang kurang sempurna. Oleh sebab itu, apabila di dalam satu hari tidak tersedia karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh, maka akan menyebabkan ketidakseimbangan natrium dan pada akhirnya akan terjadi dehidrasi.

Di samping itu, kondisi PH cairan tubuh juga tentunya akan mengalami penurunan. Pada saat ph Tubuh Mengalami penurunan, maka berikutnya akan menimbulkan ketosis maupun asidosis yang bisa merugikan kondisi tubuh. Dalam waktu sehari diperlukan sekitar 50 gram sampai dengan 100 gram karbohidrat guna mencegah terjadinya masalah ketosis.

Bisa disimpulkan, apabila anda sedang melaksanakan program diet, dalam waktu 1 hari tentunya anda tidak boleh Apabila tidak makan nasi sedikit pun. Sebab, Apapun alasannya, tubuh tetap memerlukan asupan dari zat karbohidrat. Silakan Anda mengatur pola diet yang Anda kerjakan, jangan sampai merugikan diri Anda, bahkan menimbulkan kerusakan pada organ tubuh.

Baca Juga:   Cara Membuat Suara Bagus Dan Merdu

5. Membantu di dalam mengeluarkan feses

Anda tentunya sudah paham bentuk rasa seperti apa. Salah satu peranan dari karbohidrat yakni memberikan bentuk pada feses milik anda. Zat selulosa di dalam serat makanan memiliki tugas guna mengatur peristaltik pada usus, sementara itu hemicellulose dan pektin memiliki tugas guna menyerap cairan di dalam usus besar.

Pada tahap itulah, berbagai macam zat yang ada di dalam karbohidrat akan membentuk layaknya feses. Apabila anda mengkonsumsi berbagai macam makanan yang cukup banyak mengandung serat, maka bentuk feses anda akan cukup padat, namun tetap lembek. Begitu juga sebaliknya, apabila anda hanyalah mengkonsumsi makanan dengan kadar lemak tinggi, maka akan menyebabkan feses menjadi padat.

Apakah anda mengetahui zat jenis apakah yang menjadikan anda sering buang angin alias kentut? Jawabannya ya itu karbohidrat, di mana Pada saat Anda mengkonsumsi makanan berkarbohidrat dalam jumlah yang cukup banyak maka anda akan mudah untuk kentut. Terlebih, apalagi ketika anda sering mengkonsumsi ubi, maka bisa dipastikan Anda jauh lebih mudah untuk kentut, sebab serat yang ada pada ubi akan sangat membantu di dalam kelancaran proses pencernaan di dalam tubuh anda.

Yang perlu Anda pahami pula bahwasanya serat pada makanan bisa mencegah terjadinya penyakit jantung koroner, diabetes melitus, kanker usus, ambeien, sembelit dan kegemukan. Oleh sebab itulah, pada saat anda sedang mengkonsumsi karbohidrat yang asalnya dari berbagai macam makanan berserat tinggi, misalnya adalah ubi, maka otomatis anda akan terbantu di dalam menjaga kesehatan tubuh anda. Dengan cara tidak langsung, dapat dikatakan bahwa saya ketika anda Banyak mengkonsumsi makanan berkarbohidrat, maka itu akan lebih baik dibandingkan mengkonsumsi makanan dengan mengandung banyak lemak.

Nah, sekarang pastinya anda sudah memahami apa saja fungsi utama karbohidrat di dalam tubuh manusia. Anda tentunya tidak perlu khawatir mengalami kegemukan apabila Terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat, sebab hanya sedikit sekali karbohidrat yang nantinya akan disimpan dalam bentuk lemak. Begitu pula sebaliknya, Apabila Anda memang cukup merasa takut mengalami kegemukan, silakan Anda atur pola makan lebih baik lagi. Kurangilah mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak terlalu tinggi. Terima kasih dan selamat beraktifitas.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Cara Menghitung IMT

Cara Menghitung IMT Terbaru Paling Valid

Apakah anda pernah bertanya-tanya tentang bagaimana cara menghitung PMT atau indeks massa tubuh yang ideal? …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *