Home / Umum / Kesehatan / Fungsi Utama Lemak Didalam Tubuh Manusia

Fungsi Utama Lemak Didalam Tubuh Manusia

Sebagai manusia, sudah sepantasnya untuk memahami fungsi utama lemak di dalam tubuh manusia. Walaupun sebenarnya sebagian dari anda telah memahami fungsi lemak di dalam tubuh. Terdapat jenis lemak yang baik dan lemak yang tidak baik. Lemak yang baik tentunya akan memberikan Efek positif pada tubuh kita. Demikian pula sebaliknya, lemak yang tidak baik tentu bisa merugikan kondisi kesehatan tubuh.

Fungsi Utama Lemak

Sebagai awalan dari pembahasan materi tentang fungsi utama lemak di dalam tubuh manusia, Berikut ini akan coba dijabarkan mengenai jenis-jenis lemak.

  1. Lemak jenuh merupakan lemak yang berasal dari minyak kelapa sawit, kapas, minyak kelapa, susu dan mentega. Rata-rata, lemak jenuh juga terdapat pada makanan yang di dalamnya mengandung susu.
  2. Lemak tidak jenuh Adalah salah satu jenis lemak yang terkandung pada beberapa makanan, diantaranya adalah berbagai macam jenis kacang-kacangan, minyak biji bunga matahari, minyak kedelai, minyak jagung, minyak kacang, alpokat, minyak canola, dan minyak zaitun.
  3. Lemak Trans adalah salah satu jenis lemak yang memiliki kemiripan dengan lemak jenuh, dimana lemak tersebut memiliki kemampuan guna meningkatkan kadar kolesterol di dalam tubuh.

Fungsi Utama Lemak Didalam Tubuh Manusia

Tentunya, jenis lemak yang Diperlukan ya itu lemak tidak jenuh, sebab lemak jenuh dan juga lemak Trans akan mampu untuk memproduksi berbagai macam zat yang bisa menimbulkan naiknya kolesterol di dalam tubuh. Untuk lebih jelasnya, maka di bawah ini akan ada pembahasan tentang fungsi lemak untuk tubuh manusia. Silakan disimak.

1. Guna menambah energi

Adapun fungsi lemak untuk tubuh manusia yang paling inti yaitu dipakai sebagai sumber energi. Zat lemak di dalam tubuh manusia memiliki peranan yang amat penting pada proses pengurangan fungsi protein dimana fungsi protein di dalam tubuh bisa dipakai guna memaksimalkan fungsi organ yang lain yang memerlukan sumber protein.

Disamping itu, kenyataannya lemak masuk ke dalam komponen utama di dalam meningkatkan energi tubuh manusia. Jadi, di samping karbohidrat, lemak pun diperlukan guna menyeimbangkan adanya proses penambangan energi.

Selain itu, lemak yang berada di dalam tubuh manusia juga memiliki peranan sebagai penyimpan cadangan makanan. Jadi, mereka mampu untuk menyimpan sejumlah energi yang nantinya akan diperlukan oleh tubuh.

Baca Juga:   Sistem Kerja Saraf Pada Manusia

2. Membentuk sel

Bagian lemak memang memiliki fungsi sebagai pensuplai energi, akan tetapi Disamping itu lemak juga berfungsi untuk membantu protein di dalam proses pembentukan berbagai macam sel yang diperlukan di dalam tubuh.

3. Membantu BAB atau buang air besar

Adapun kandungan lemak tidak jenuh yang cukup bisa berguna untuk membantu kelancaran dari kegiatan pembuangan berbagai macam zat sisa makanan melewati usus. Ibaratnya adalah suatu pipa apabila diberikan minyak pada pipa tersebut, maka berbagai macam barang yang dilewatkan pada pipa tersebut akan cukup lancar untuk meluncur dibandingkan apabila dialirkan pada pipa yang tidak memiliki minyak.

4. Menjaga organ tubuh

Sekitar 45% dari total unsur organ tubuh merupakan lemak, sehingga lemak tentunya sangat diperlukan guna melindungi berbagai macam organ tubuh kita, di mana lemak yang normal bisa membantu pada kegiatan perlindungan. Contohnya saja adalah melindungi kulit dari ancaman sinar ultraviolet. Tentunya bisa kita bayangkan Apabila tubuh kita dalam kondisi Kekurangan lemak, maka bisa dipastikan akan mendapatkan bahaya yang cukup serius.

Penyakit jantung juga bisa ditimbulkan akibat jumlah lemak baik yang kurang atau dapat disebut penyakit tersebut disebabkan karena kekurangan HDL. Adanya lemak yang seharusnya mampu membantu bagian pembuluh darah untuk mengalirkan lemak, akan tetapi ternyata tidak memiliki kemampuan untuk berperan secara optimal, sebab Zat yang diperlukan tidaklah mencukupi. Pada akhirnya akan mengakibatkan sebagian dari sel yang ada di jantung mati.

Selain penyakit jantung, stroke juga bisa disebabkan karena tidak memiliki Pembuluh darah yang mampu mengalirkan darah yang mengandung oksigen ke organ otak, sehingga Otak tidak memiliki kemampuan untuk merespon dengan cukup baik apa saja yang diperintahkan dari bagian luar. Itulah yang menyebabkan terjadinya stroke.

Ketika kadar lemak di dalam tubuh cukup, maka akan meminimalisir terjadinya penyakit leukimia di mana kondisi lemak yang cukup akan sangat membantu sel-sel darah merah dan sel-sel darah putih untuk bisa bekerja secara Maksimal. Hingga pada akhirnya seluruh sel darah akan saling mencukupi antara satu dengan yang lainnya. Oleh sebab itu, lemak memiliki peranan yang sangat penting guna menjaga keseimbangan sel darah.

Baca Juga:   Cara Mengukur Berat Badan Ideal Online

Kanker payudara juga sering dialami oleh sejumlah wanita dikarenakan oleh hormon yang kurang seimbang di dalam proses reproduksinya, di mana keseimbangan hormon tersebut dibantu oleh kadar lemak di dalam tubuh yang sehat.

Mudah lelah adalah merupakan salah satu penyakit yang ditimbulkan oleh Kekurangan lemak. Disamping memiliki fungsi sebagai penyimpan cadangan makanan, lemak juga mampu untuk memproduksi energi.

5. Menghemat protein

Kadar lemak didalam tubuh akan sangat membantu guna menyaring berbagai macam zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Ketika tidak terdapat lemak di dalam tubuh, maka bisa jadi protein yang ada di dalam tubuh terbuang untuk berbagai macam hal yang kurang penting. Jadinya, lemak tentunya akan sangat membantu untuk menghentikan protein sekaligus untuk menjaga protein supaya protein tersebut hanya dipakai pada hal-hal yang diperlukan saja.

Dengan demikian, maka kondisi tersebut akan sangat mempengaruhi kinerja otak, apabila protein bisa dijaga dengan sangat maksimal, di mana kondisi otak akan bekerja dengan lebih baik. Disamping itu, ketika kadar protein cukup, maka otak akan lebih mudah dipakai berfikir serta mencerna berbagai macam hal yang ada di luar

6. Membantu tetap kenyang

Lemak juga memiliki fungsi sebagai pemberi rasa kenyang di perut, Hal tersebut dikarenakan apabila kita mengkonsumsi makanan yang berlemak, maka rasa kenyang akan bertahan lama. Artinya, maka lemak akan tetap sehat, kondisi lambung kita juga akan terasa tetap kenyang. Lemak berfungsi untuk memperlambat proses munculnya asam lambung, sehingga Makanan tentu akan selalu tersimpan pada lambung. Jadi tentunya tidak akan mudah merasa lapar.

7. Membantu mengangkut vitamin

Lemak memiliki fungsi guna mengangkut berbagai macam vitamin yang larut lemak ke seluruh bagian tubuh. Misalnya adalah vitamin K , vitamin E, vitamin D, dan vitamin A. Apabila disingkat akan menjadi ADEK.

8. Menjaga organ vital

Lemak dipakai oleh tubuh guna melindungi organ vital, misalnya adalah jantung dan lambung. Selain itu, lemak juga dipercaya bisa memberikan pelumas pada berbagai macam organ vital tersebut sehingga akan memudahkan gerakan pada organ-organ vital, yakni jantung dan lambung.

Baca Juga:   Cara Mengukur Obesitas Yang Bisa Dilakukan Dengan Mudah Oleh Setiap Orang

9. Meningkatkan daya pikir otak

Lemak yang mengandung omega tentunya sangat membantu proses pertumbuhan anak sehingga perkembangan daya pikir otak akan semakin meningkat

10. Memberikan rasa lezat

11. Tertangkalnya Alzeimer

Secara umum, umur yang bertambah akan menimbulkan Alzeimer di dalam tubuh dan tentunya akan cukup mudah muncul sehingga tingkat kesehatan di dalam tubuh juga akan mengalami gangguan

12. Meningkatkan kekuatan jantung

13. Membantu menjaga kadar hormon reproduksi

14. Melakukan perawatan kulit apa yang baik untuk kulit wajah maupun untuk kulit bagian yang lainnya

Demikianlah ulasan mengenai fungsi utama lemak di dalam tubuh manusia lengkap dengan bahaya jika di dalam tubuh kita kekurangan lemak serta beberapa jenis lemak yang ada di dalam tubuh. Namun, seperti yang kita pahami untuk saat ini terdapat cukup banyak makanan yang mengandung lemak jenuh yang bisa menjadikan tubuh kita kurang sehat serta menimbulkan kegemukan. Oleh karena itulah, kita juga wajib untuk memahami apa saja jenis makanan alami yang di dalamnya mengandung banyak lemak yang diperlukan oleh tubuh manusia.

Makanan yang mengandung lemak

Lemak tidak jenuh dibagi menjadi dua macam, yakni lemak hewani dan lemak nabati. Contoh dari sumber lemak nabati diantaranya adalah minyak kelapa, camalina oil, biji anggur, minyak Salvia, mentega saya, tumbuhan laut, kacang macadamia, kacang kedelai, kacang kenari, dan buah alpukat. Sementara itu, jenis sumber dari lemak hewani adalah susu, telur, minyak ikan, daging dan minyak ikan laut.

Demikianlah ulasan singkat tentang fungsi utama lemak di dalam tubuh manusia yang bisa saya ulas pada posting di kesempatan kali ini. Begitu pentingnya manfaat lemak di dalam tubuh sehingga kita tidak boleh menyepelekannya. Sebab, tubuh kita memang memerlukan banyak lemak. Disamping itu, Kita juga harus selalu memperhatikan konsumsi lemak yang masuk ke dalam tubuh, jadi harus tetap memperhatikan asupan makanan. Terima kasih dan selamat beraktifitas.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Cara Menghitung Dosis Obat

Cara Menghitung Dosis Obat Dengan Benar

Pada kesempatan yang baik ini, saya akan mencoba untuk mengolah cara menghitung dosis obat. Tentunya, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *