Home / Umum / Usaha / Fungsi Utama Perbankan Indonesia Secara Umum

Fungsi Utama Perbankan Indonesia Secara Umum

Halo pembaca yang Budiman, Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membahas mengenai fungsi utama perbankan Indonesia. Tentunya, sebelum kita membahas mengenai fungsi utama perbankan, alangkah baiknya kita juga memahami tentang fungsi bank, pengertian bank, tugas bank dan juga peranan bank.

Fungsi Utama Perbankan Indonesia

Pengertian bank

Baiklah, bagian yang pertama akan kita bahas adalah mengenai pengertian bank. Berdasarkan pendapat dari B.N. Ajuha, arti dari bank yaitu sebuah tempat yang digunakan untuk menyalurkan modal maupun investasi dari para nasabah yang tidak bisa memakai modal tersebut secara menguntungkan terhadap mereka yang bisa membuat model tersebut bisa lebih produktif untuk memperoleh keuntungan di masyarakat.

Selanjutnya, pengertian bank menurut undang-undang Nomor 7 Tahun 1992 yaitu sebuah badan usaha yang bertugas untuk menghimpun atau mengumpulkan dana yang berasal dari masyarakat dalam bentuk simpanan serta menyalurkannya kepada segenap masyarakat dalam model kredit dan atau dalam model lainnya untuk menaikkan taraf hidup dari rakyat atau masyarakat.

Fungsi bank

Setelah kita membahas tentang pengertian bank, Mari kita lanjutkan pembahasan tentang fungsi bank. Adapun fungsi bank secara luas adalah sebagai salah satu alat dari pemerintah guna menjaga tingkat kestabilan Ekonomi keuangan dan moneter. Apabila diterjemahkan secara sempit, fungsi dari bank adalah sebagai salah satu alat penarik uang kartal serta uang giral yang berasal dari masyarakat serta menyalurkannya kembali ke masyarakat.

Fungsi bank yang paling utama dibedakan menjadi tiga, yakni:

  1. Bank memiliki fungsi sebagai salah satu alat guna menghimpun serta menyalurkan dana dari dan kepada masyarakat
  2. Fungsi bank adalah memobilisasi dana guna meningkatkan pembankunan ekonomi pada sebuah negara, caranya adalah dengan menghimpun dana yang berasal dari masyarakat supaya bisa berinvestasi terhadap pembankunan sebuah negara
  3. Bank memiliki fungsi sebagai salah satu lembaga yang mampu memberikan berbagai macam pelayanan kepada masyarakat, di mana pelayanan tersebut adalah jasa pelayanan di bidang perbankan kepada masyarakat supaya masyarakat bisa merasa lebih aman dan nyaman di dalam menyimpan dana yang dimilikinya.
Baca Juga:   Cara Menghitung Inflasi Disebuah Negara

Sementara itu, Bank bisa bertindak sebagai lembaga keuangan yang tidak dapat berdiri sendiri, namun harus tetap dibina serta diawasi oleh bank sentral. Misalnya adalah jika bank mengalami kekurangan dana, maka bisa melakukan pengajuan kredit likuiditas kepada bank sentral guna memberikan pinjaman maupun kredit terhadap nasabahnya.

Peranan bank

Ada beberapa macam peranan bank berdasarkan hubungannya, diantaranya adalah:

Peranan bank dalam hubungannya dengan luar negeri adalah sebagai salah satu jembatan dengan dunia internasional pada bagian lalu lintas devisa, perdagangan dan moneter serta mampu untuk membantu kegiatan perdagangan Impor Ekspor, transfer uang dan pariwisata.

Peranan bank dalam hubungannya di dalam negeri adalah guna memenuhi keperluan ekonomi di dalam helm menyediakan serta mengolah keuangan, diantaranya adalah meliputi penggunaan uang, administrasi keuangan, pertukaran dan Perdagangan, kiriman uang, perkreditan dan pengawasan.

Di dalam negeri, peranan bank juga bisa dijabarkan sebagai berikut:

1. Bank memiliki peran untuk membimbing masyarakat supaya menabung

Pada kondisi ini, masyarakat disarankan untuk selalu berorientasi kepada bank serta memakai berbagai macam jasa yang sudah disediakan perbankan di dalam mengelola keuangan serta usahanya. Bentuknya adalah dengan mendorong keinginan untuk menabung, yang biasanya dilakukan dalam bentuk:

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Trading

A. Deposito berjangka

Arti dari deposito berjangka yaitu pengambilan dan simpanan Bisa dikerjakan pada saat jatuh tempo. Misalnya adalah 12 bulan, 6 bulan atau 3 bulan.

B. Rekening giro

Arti dari rekening giro yaitu proses pengambilan dan penyimpanan tabungan yang bisa dikerjakan kapan pun juga memakai bilyet giro maupun cek. Adapun fungsi dari menyimpan uang di dalam bentuk rekening giro adalah (1) melakukan pencatatan besarnya dana perusahaan sehingga menjadi lebih teratur, yang mana pengeluaran bisa dikerjakan dengan memanfaatkan bilyet giro maupun cek (2) proses pengolahan uang tunai akan lebih mudah, keamanan dari uang perusahaan akan lebih terjamin disebabkan bisa terhindar dari adanya bahaya kebakaran, penyalahgunaan, perampokan, pencurian dan lain sebagainya.

2. Bank memiliki peran guna membimbing pada aktivitas pengambilan kredit

Dalam kondisi tersebut, bank akan berperan untuk memberikan jasa konsultasi tentang pemasaran objektif, manajemen keuangan dan berbagai macam bantuan serta pertimbankan tentang besarnya dana yang disarankan untuk bisa ditarik oleh setiap nasabahnya.

Tugas bank

Ada beberapa tugas bank yang harus dilaksanakan oleh bank yang ada di Indonesia, yakni:

  1. Tugas dari bank Indonesia adalah menetapkan sekaligus melaksanakan berbagai macam kebijaksanaan moneter, untuk mencapai serta memelihara kondisi kestabilan nilai mata uang. Adapun arah dari kebijaksanaan yang dibuat didasarkan kepada sasaran dari laju inflasi yang hendak dicapai serta dengan cara memperhatikan sejumlah sasaran ekonomi makro yang lainnya, Baik itu dalam jangka panjang, jangka menengah maupun jangka pendek. Adapun implementasi dari pelaksanaan kebijaksanaan moneter tersebut dikerjakan dengan cara menetapkan suku bunga.
  2. Tugas dari bank Indonesia yang selanjutnya adalah guna mengatur serta menjaga kondisi kelancaran dari sistem pembayaran. Bank memiliki wewenang guna melaksanakan, memberikan persetujuan dan juga perizinan terhadap penyelenggaraan berbagai macam sistem pembayaran, yang mana mencakup sistem transfer dana, baik yang memiliki sifat Real Time, yang memiliki sifat kliring maupun pada sistem pembayaran yang lainnya. Misalnya adalah pada sistem pembayaran menggunakan kartu.
  3. Tugas dari bank Indonesia yang ketiga adalah untuk mengatur sekaligus mengawasi bank-bank yang lainnya guna mendorong efektivitas dari pelaksanaan kebijakan moneter. Sistem perbankan di samping harus menjalankan peranan intermediasi nya, juga berperan sebagai salah satu media transmisi dari berbagai macam kebijakan moneter dan juga pada pelayanan jasa di Sistem perbankan.
Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Kapitalisme

Demikianlah ulasan singkat tentang fungsi utama Bank Indonesia yang bisa saya ulas Pada kesempatan kali ini. Berbagai macam fungsi utama Bank Sentral atau Bank Indonesia patut untuk dipahami setiap orang karena berbagai macam kebijakan yang dilaksanakan oleh bank-bank yang lainnya rata-rata bersumber dari Bank Indonesia. Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Cara Menghitung Nilai Emas

Cara Menghitung Nilai Emas Dengan Benar Dan Cepat

Apakah anda sudah memahami Bagaimana cara menghitung nilai emas? Sebenarnya, proses untuk menghitung nilai emas …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *