Home / Hardware / Fungsi Utama RAM Yang Perlu Dipahami Oleh Setiap Pemakai Komputer

Fungsi Utama RAM Yang Perlu Dipahami Oleh Setiap Pemakai Komputer

Sebelum kita membahas fungsi utama RAM, perlu kita ketahui terlebih dahulu bahwa RAM adalah salah satu komponen penting di dalam komputer yang memiliki kepanjangan dari Random Access memory. RAM adalah sebuah memori dalam komputer yang memegang peranan sangat penting di dalam pemrosesan sebuah data dan informasi. Di era tahun 90-an, pemakaian RAM hanyalah sebatas di personal komputer atau PC Dan laptop saja.

Fungsi Utama RAM

Akan tetapi, di jaman sekarang ini hampir seluruh peralatan teknologi terbaru memakai garam sebagai salah satu dari media penyimpanan sementara, yang nantinya akan membantu untuk mempermudah serta meningkatkan kecepatan pada pemrosesan data dan informasi di sistem komputer. Bahkan, sekarang ini, pemakaian dari kapasitas RAM paling besar sudah dijadikan trend tersendiri pada kalangan pemakai komputer.

Untuk RAM komputer, sekarang ini telah berada diposisi generasi ddr4 untuk pemakaian pada laptop dan PC, dengan kapasitas yang cukup bervariasi, dimulai dari 1 Gigabyte sampai dengan 128 Gigabyte. Walaupun sama-sama mempunyai label memori, akan tetapi kita tidak bisa membandingkan RAM dengan memori eksternal maupun memori internal pada sebuah sistem komputer. RAM mempunyai kecepatan membaca yang lebih cepat Apabila dibandingkan dengan memori internal maupun eksternal pada umumnya. Sebagai perkiraan, kecepatan membaca pada Ram adalah 10 kali lipat dari kecepatan membaca memory biasa.

Pemakaian dari memori RAM tentunya sangat tergantung pada keperluan atau kebutuhan pengguna alias pemakai dari sistem komputer tersebut. Tidak semuanya pengguna komputer memerlukan perangkat pada sistem komputer yang memerlukan kapasitas RAM yang terlalu besar. Oleh sebab itulah, kita bisa menyesuaikan kebutuhan dengan kapasitas RAM pada komputer.

Fungsi utama RAM

Tentunya, RAM memiliki fungsi yang sangat vital dan juga amat penting pada sebuah rangkaian pemrosesan data dan informasi yang dikerjakan oleh komputer. Berikut ini adalah fungsi utama RAM yang penuh dipahami oleh masing-masing pengguna komputer. Silahkan disimak.

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Komputer No Signal Paling Manjur

1. Membantu proses penyimpanan memori sementara

Fungsi utama RAM yang paling inti yaitu guna membantu kegiatan penyimpanan memori secara sementara atau temporary. RAM yang di dalam bahasa Indonesia seringkali Disebut dengan istilah memory ajak, akan bertugas untuk menyimpan sementara memori pada sebuah program maupun aplikasi. Program yang nantinya akan berjalan tentunya memberikan berbagai macam informasi yang akan disimpan pada RAM, lalu akan dilanjutkan menuju ke bagian cpu guna diproses. Adapun peranan dari CPU tersebut adalah melakukan pemrosesan informasi pada sebuah aplikasi yang sudah disimpan pada Ram.

Apabila diringkas, Berikut ini adalah alur dari pemakaian fungsi RAM di komputer:

Aplikasi dibuka atau dijalankan, lalu aplikasi yang dibuka tersebut akan mengirimkan sejumlah informasi yang mana informasi tersebut akan disimpan didalam RAM. Lalu, RAM akan meneruskan informasi tersebut ke CPU. Selanjutnya, CPO akan melakukan pemrosesan data dan informasi yang ada didalam RAM tersebut.

Aktivitas tersebut tentunya akan terjadi dalam hitungan detik saja, bahkan dapat jauh lebih cepat lagi. Jika sebuah komputer mempunyai ram dengan kapasitas yang sangat besar, maka proses dari penyimpanan memori oleh bagian RAM tersebut tidak akan mengalami hambatan.

2. Membantu pemakaian multitasking pada komputer

Fungsi utama RAM yang selanjutnya yaitu guna membantu proses pemakaian multitasking pada sebuah komputer. Multitasking adalah sebuah situasi dimana komputer dapat membuka atau mengerjakan program lebih dari 2 dalam satu kali Jalan. RAM adalah salah satu dari komponen yang memiliki peranan amat penting pada pekerjaan multitasking tersebut. Kapasitas RAM yang semakin besar akan membantu untuk melancarkan sebuah komputer di dalam proses pemakaian multitasking, sehingga ketika kapasitas RAM mendukung komputer maka akan membuat komputer tidak akan mudah hang.

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Komputer Mati Total Secara Lengkap

3. Membantu mempercepat pemrosesan data dan informasi pada komputer

Bukan lagi rahasia umum, apabila kapasitas RAM pada komputer semakin besar, maka pemrosesan informasi yang dikerjakan oleh komputer juga akan semakin cepat. Hal tersebut memiliki arti bahwasanya pada sebuah sistem komputer tentunya amat ditentukan oleh ukuran dari kapasitas RAM yang terpasang.

Sebab, apabila RAM yang terpasang mempunyai ukuran cukup besar, maka kegiatan penyimpanan serta proses meneruskan memori dari RAM ke CPU tidak akan memiliki hambatan. Kondisi tersebut adalah teknik supaya komputer atau laptop tidak lemot lagi karena pekerjaan yang terlalu berat. Demikian pula sebaliknya, sebuah komputer yang kapasitas RAM nya terlalu kecil akan menjadi sebuah pembatas pada pemakaian aplikasinya. Sebab, kemampuan dari memorinya juga akan terbatas pula.

4. Mempunyai fungsi yang sangat vital, terutama pada desain dan game

Untuk Anda yang cukup menggemari games maupun aplikasi aplikasi berbasis 3D, maka RAM mempunyai fungsi yang amat penting dan sangat vital pada komputer anda. Berbagai macam aplikasi berbasis 3D dan game serta desain adalah jenis-jenis aplikasi komputer yang memerlukan kapasitas RAM yang besar. Untuk Anda yang senang bermain game dan juga desain 3D, maka peranan dari RAM akan sangat dirasakan dan tentunya sangat bermanfaat untuk anda. Hal tersebutlah yang akan mengukuhkan sebuah pernyataan bahwasanya kapasitas RAM yang semakin besar akan membuat proses pengolahan informasi akan semakin baik.

5. Menentukan spesifikasi pada sebuah komputer

Fungsi utama RAM yang selanjutnya Yaitu sebagai salah satu bagian untuk mematok spesifikasi pada suatu komputer. Disamping dengan melihat generasi pada prosesornya, kapasitas dari RAM juga harus diperhatikan pada saat Anda membeli komputer. Sebab, RAM mempunyai peranan yang amat penting di dalam memutuskan Apakah anda hendak membeli komputer atau tidak.Anda juga bisa menyesuaikan kebutuhan anda dengan komputer yang hendak anda beli tersebut. Alangkah baiknya anda membeli komputer untuk saat ini dengan kapasitas RAM paling kecil yaitu 2 gigabyte guna pemakaian sehari-hari untuk kebutuhan dasar atau basic. Apabila Anda membeli komputer untuk keperluan game dan aplikasi 3D, maka kapasitas RAM 2 gigabyte terlalu kecil.

Baca Juga:   Cara Memperbaiki CPU Komputer Yang Mati Dengan Cepat

Tips didalam memilih RAM

Untuk memperoleh performa komputer yang paling baik, maka memilih RAM adalah salah satu solusi paling tepat. Tentunya, ketika kita bisa memilih RAM berdasarkan dengan kebutuhan dan kemampuan, maka performa dari komputer kita juga akan tetap terjaga. Berikut ini adalah tips didalam memilih RAM:

  1. Melakukan penelitian sebelum membeli, silakan cek ulang kembali kapasitas dari RAM yang sudah anda pasang, caranya adalah dengan melihat pada bagian Windows properties.
  2. Perhatikan jenis RAM yang digunakan, apakah RAM DDR4, DDR3, DDR2, tidak R1 atau SD RAM.
  3. Perhatikan pula jumlah slot RAM pada main board yang tersedia.
  4. Perhatikan kapasitas paling besar dari RAM yang dapat dipasang pada motherboard komputer anda

Demikianlah penjelasan tentang fungsi utama yang harus dipahami oleh setiap pemakai komputer supaya bisa memaksimalkan kinerja dari komputer yang digunakan. Dengan kapasitas RAM yang semakin besar, maka akan membuat aktivitas berkomputer anda semakin nyaman dan tentunya akan semakin cepat. Terima kasih dan selamat beraktifitas, Salam sukses.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Fungsi utama prosesor

Fungsi Utama Prosesor Secara Umum Pada Beberapa Perangkat

Kata prosesor tentunya sudah tidak asing lagi bagi Anda yang berkecimpung di dunia ini. Hanya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *