Home / Otomotif / Sepeda Motor / Komponen Komponen Mesin Sepeda Motor

Komponen Komponen Mesin Sepeda Motor

Sebelum kita membahas lebih dalam tentang komponen-komponen mesin sepeda motor, alangkah baiknya kita memahami terlebih dahulu bahwa sepeda motor merupakan salah satu dari sekian banyak alat transportasi yang berkembang sangat pesat di Indonesia Apabila dibandingkan dengan jenis alat transportasi yang lainnya. Bahkan, dalam satu rumah saja bisa memiliki sepeda motor dengan jumlah lebih dari satu.

Komponen Komponen Mesin Sepeda Motor

Tahukah anda bahwa sepeda motor yang anda pakai memiliki banyak komponen? Kondisi tersebut lah yang kerap menjadi alasan kenapa industri dari sepeda motor selalu berkembang. Hal tersebut disebabkan pada sepeda motor terdapat ratusan bahkan ribuan komponen yang akan membuat banyak perusahaan secara otomatis bekerja membuat komponen tersebut.

Apabila produksi dari sepeda motor tidak bisa berjalan dengan maksimal, maka perusahaan perusahaan pembuat komponen sepeda motor juga akan mengalami permasalahan. Lantas, apa sajakah komponen-komponen mesin sepeda motor yang banyak diproduksi oleh para perusahaan otomotif tersebut? Berikut ini akan dibahas oleh admin secara lengkap.

Apabila dilihat secara umum, Komponen di dalam sederhana motor sepeda motor terbagi atas 3 Blok utama yaitu jengkol atau crankcase, blok silinder atau silinder blok dan kepala silinder atau silinder head.Ketiga blok utama tersebut adalah tulang punggung ataupun komponen inti pada sepeda motor. Untuk lebih jelasnya, maka Mari kita bahas lebih lanjut tentang komponen-komponen mesin sepeda motor tersebut.

Baca Juga:   Penyebab Lampu Motor Sering Putus Yang Kerap Dialami Pengendara

Komponen-komponen mesin sepeda motor

1. Silinder head atau kepala silinder

Bagian kepala silinder memiliki peran guna menutup bagian lubang silinder yang posisinya ada pada bagian blok silinder serta berperan sebagai tempat dudukan dari besi. Bagian kepala silinder bertumpu di bagian atas blok silinder. Pada bagian titik tumpunya tersebut harus dipasang maupun disekap oleh basket yang memiliki tujuan guna mencegah adanya kebocoran kompresi.

Bahan dari kepala silinder terbuat dari bahan aluminium campuran agar memiliki kemampuan tahan karat serta tahan panas disuhu yang sangat tinggi serta memiliki konstruksi yang cukup ringan. Sementara itu, pada bagian kepala silinder rata-rata juga terdapat sejumlah sirip yang berbentuk seperti alur. Sirip-sirip tersebut memiliki peran guna membantu mesin di dalam melepaskan panas dan sering kita kenal dengan istilah pendingin udara.

2. Silinder blok atau blok silinder mesin

Bagian dari silinder blok atau blok silinder mesin memiliki fungsi sebagai tempat bergeraknya seher atau piston. Ada dua komponen yang ada pada blok silinder piston Gimana sistem kerjanya digabung jadi satu, yakni blok silinder dan silinder liner. Kedua komponen tersebut saling melekat.

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Koil Motor Yang Mati

Tentunya, silinder liner dan blok silinder dibuat secara terpisah. Hal tersebut dilakukan supaya bisa memberikan keuntungan pada silinder liner dimana ketika sudah terjadi keausan secara berlebihan yang disebabkan karena gesekan dengan komponen piston, maka bagian silinder liner tersebut bisa diganti.

Syarat-syarat dibuatnya blok silinder mesin adalah sebagai berikut:

  • Harus tahan terhadap gesekan
  • Harus tahan terhadap panas ataupun suhu yang sangat tinggi
  • Harus dapat menghantarkan panas dengan cukup baik

Bagian silinder liner yang bergesekan secara langsung dengan piston harus memperoleh proses pelumasan supaya tidak mudah terjadi keausan. Walaupun memperoleh pelumasan, namun tetap saja bagian silinder liner akan mengalami keausan. Oleh sebab itulah, dibutuhkan proses pengecekan secara berkala pada bagian silinder liner dengan menggunakan bantuan alat yang namanya dial indicator.

Selain itu, pada bagian dinding silinder di sepeda motor juga rata-rata terdapat bagian sirip-sirip yang berguna untuk proses pendinginan mesin dengan menggunakan bantuan udara yang melewati bagian kisi-kisi ataupun salah pada sirip tersebut.

Baca Juga:   Daftar Komponen Sepeda Motor Serta Fungsinya

3. Crangkes atau bak engkol mesin

Komponen crankcase atau bak engkol mesin memiliki fungsi sebagai tempat dari sejumlah komponen yang ada di bagian dalamnya, Yakni penampung oli, poros engkol, pompa oli, alternator atau generator, gigi transmisi dan juga kopling. Bagian dari bak engkol mesin dibuat dari aluminium yang di casting dengan menggunakan sedikit campuran logam. Sementara itu, letak dari bak engkol adalah di bagian bawah silinder mesin.

Demikianlah penjabaran tentang komponen-komponen mesin sepeda motor yang bisa saya bahas pada posting kali ini. Tentunya, yang cukup banyak terdapat komponen komponen pada mesin sepeda motor yang saling bekerjasama sehingga bisa membuat sistem kerja sedemikian rupa sampai pada akhirnya sepeda motor bisa bergerak hanya dengan memutar tuas gas pada setang. Mudah-mudahan, artikel singkat pada posting kali ini bisa bermanfaat dan berguna bagi pengunjung sekalian. Terima kasih dan selamat beraktivitas.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Penyebab Lampu Depan Motor Mati

Penyebab Lampu Depan Motor Mati

Baiklah teman-teman, langsung saja masuk ke dalam topik pembahasan Pada kesempatan kali ini yakni tentang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *