Home / Elektronika / Komponen Motor DC dan Fungsinya

Komponen Motor DC dan Fungsinya

Pada ulasan yang lalu saya sudah membahas tentang komponen motor AC dan fungsinya. Pada artikel kali ini saya akan mencoba mengulas kembali komponen motor DC dan fungsinya sebagai bentuk dari pasangan pembahasan di artikel yang lalu. Sesuai dengan namanya bahwa motor DC tentu memakai arus direct current atau arus searah.

Komponen Motor DC dan Fungsinya

Motornya dipakai pada pemakaian khusus di mana dibutuhkan proses penyalaan torsi yang cukup tinggi maupun pada percepatan yang konstan dan juga pada kisaran kecepatan yang cukup luas. Secara umum, motor DC mempunyai tiga komponen inti atau komponen utama. Untuk lebih jelasnya, Mari kita bahas 3 komponen utama pada motor DC tersebut lengkap dengan fungsinya.

Komponen motor DC dan fungsinya

1. Kutub Medan

Apabila digambarkan secara sederhana didapat bahwa sebuah interaksi pada dua buah kutub magnet akan menimbulkan proses perputaran pada motor DC. Motor DC mempunyai kutub Medan yang cukup stasioner serta dinamo yang akan menggerakan bearing yang ada di dalam ruang diantara kutub medan magnet tersebut.

Baca Juga:   Cara Menyambung Kabel Tweeter Mobil

Motor DC yang cukup sederhana mempunyai dua buah kutub medan, yakni kutub selatan dan kutub utara. Adapun garis magnetik energi akan membesar melewati bukaan di antara sejumlah kutub tersebut dari arah utara ke selatan. Pada motor DC yang lebih besar maupun lebih rumit akan didapat satu bahkan lebih electromagnet. Elektro magnet tersebut akan menerima listrik yang bersumber dari sumber daya luar sebagai bagian penyedia struktur Medan.

2. Dinamo

Jika ada arus listrik yang masuk ke dalam dinamo, maka arus listrik tersebut akan berubah menjadi elektromagnet. Bagian dinamo memiliki bentuk seperti silinder, dimana bagian tersebut akan dihubungkan ke bagian as penggerak guna menggerakkan beban. Pada Kasus motor DC yang memiliki ukuran mini, dinamo akan berputar di dalam medan magnet yang dibentuk oleh kutub-kutubnya, sampai bagian dari kutub utara serta kutub selatan berpindah posisi. Apabila hal tersebut terjadi, maka arus listrik akan berbalik guna mengubah Kutub selatan dan Kutub Utara pada dinamo.

Baca Juga:   Materi Fisika Medan Magnet

3. Komutator

Komutator merupakan salah satu bagian yang bisa dipastikan akan ditemukan pada motor DC. Fungsi dari komutator yaitu guna membalikkan arah dari arus listrik di dalam dinamo. Selain itu, komutator juga berfungsi untuk membantu pada proses transmisi arus diantara sumber daya dengan dinamo.

Keuntungan yang bisa didapat dari penggunaan motor DC yaitu kecepatan yang cukup mudah untuk dikontrol serta tidak akan berpengaruh terhadap kualitas pasokan daya dari luar. Secara umum, motor DC bisa dikendalikan dengan cara mengatur:

  • Arus Medan dimana Dengan menurunkan arus Medan maka akan menimbulkan peningkatan pada kecepatan dinamo
  • Tegangan dinamo dimana Dengan menaikkan tegangan dinamo maka akan meningkatkan kecepatan putar dari dinamo

Demikianlah penjabaran singkat tentang komponen motor DC dan fungsinya yang bisa saya ulas pada posting kali ini. Mudah-mudahan artikel singkat tentang komponen motor DC lengkap dengan fungsinya di atas bisa menambah wawasan dan ilmu pengetahuan pengunjung sekalian. Terima kasih dan selamat belajar, Semoga sukses untuk anda.

Baca Juga:   Cara Memasang AVR Pada Genset

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Cara Mengukur Trafo Menggunakan Multimeter

Cara Mengukur Trafo Menggunakan Multimeter

Kesempatan yang baik ini, saya akan mencoba untuk Sharing Bagaimana cara mengukur trafo menggunakan multimeter. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *