Home / Otomotif / Mobil / Komponen Motor Diesel dan Fungsinya

Komponen Motor Diesel dan Fungsinya

Pada artikel yang lain Saya sudah pernah membahas tentang komponen motor DC dan juga komponen motor AC. Oleh sebab itu, penjabaran tentang komponen motor diesel dan fungsinya juga perlu untuk dibahas supaya pemahaman tentang komponen motor bisa semakin luas, baik pada motor DC, motor AC, motor bensin sampai dengan motor diesel.

Komponen Motor Diesel dan Fungsinya

Bisa dikatakan bahwa motor diesel merupakan motor yang memakai bahan bakar dari Solar. Tentunya, sistem pembakaran yang terjadi pada motor diesel tidaklah memakai listrik. Sistem pembakaran yang terjadi di motor diesel yaitu udara yang berada di dalam ruang bakar akan dimampatkan sehingga akan mengakibatkan suhu yang amat panas serta jika pada saat itu disemprotkan bahan bakar solar, maka akan timbul pembakaran serta timbul sebuah tekanan tinggi yang akan mendorong torak yang akan menjadikan mesin pekerja.

Komponen-komponen motor diesel

Untuk lebih memahami tentang motor diesel, maka Mari kita bahas sejumlah komponen yang digunakan pada motor diesel lengkap dengan fungsinya.

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Mesin Mobil Pincang
  1. Komponen pengkabut atau Nozzle
  2. Komponen pompa untuk bahan bakar
  3. Komponen pompa injeksi
  4. Komponen regulator atau governor
  5. Komponen saringan bahan bakar

Pembahasan dari beberapa komponen motor diesel

1. Pengkabut atau Nozzle

Adapun fungsi dari Nozzle atau pengkabut yaitu sebagai jalan dari bahan bakar yang disemprotkan oleh bagian pompa injeksi ke dalam ruang bakar. Dikarenakan bahan bakar melewati bagian Nozzle dengan ukuran sangat kecil serta memperoleh tekanan yang sangat kuat dari bagian pompa bahan bakar, maka akan mengakibatkan bahan bakar yang masuk ke dalam ruang bakar menjadi berbentuk kabut sehingga akan sangat mudah untuk terbakar jika bercampur dengan udara panas yang sebelumnya sudah dimampatkan pada bagian ruang bakar.

Jenis kerusakan yang terjadi pada Nozzle:

  • Dudukan jarum mengalami cacat
  • Batang dari jarum macet
  • Bagian ujung dari Nozzle tersumbat

2. Pompa injeksi

Bagian pompa injeksi memiliki fungsi guna menyemprotkan bahan bakar serta membagi dengan sejumlah komposisi yang tepat ke dalam ruang bakar.

Adapun sejumlah kerusakan yang bisa timbul pada pompa bensin di antaranya adalah pegas yang sudah melemah, masuk angin, dan waktu injeksi yang kurang tepat.

Baca Juga:   Cara Mengendarai Agya Matic Dengan Mudah

3. Governor

Komponen dari governor mempunyai fungsi sebagai bagian pengatur secara otomatis proses penyaluran atau pemberian bahan bakar berdasarkan beban kerja yang dimiliki oleh mesin. Apabila dilihat dari sistem kerjanya, governor dibedakan menjadi dua macam yakni governor pneumatik dan governor sentrifugal.

Demikianlah ulasan singkat tentang komponen motor diesel dan fungsinya yang bisa saya bahas Pada kesempatan kali ini. Semoga saja, materi yang saya bahas Pada kesempatan kali ini mampu memberikan tambahan ilmu pengetahuan serta wawasan baru bagi pengunjung sekalian. Terima kasih dan selamat beraktivitas.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Cara Kerja Sistem Pendingin Mobil

Cara Kerja Sistem Pendingin Mobil

Sesuai dengan namanya Apakah sistem pendingin mobil memiliki kegunaan untuk mencegah overheating atau mencegah panas …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *