Home / Otomotif / Sepeda Motor / Komponen Silinder Head Motor 4 Tak

Komponen Silinder Head Motor 4 Tak

Pada pembahasan kali ini saya akan mencoba mengulas tentang komponen silinder head motor 4 tak. Disebut sebagai mesin 4 tak atau mesin 4 langkah disebabkan karena guna menghasilkan 1 buah tenaga membutuhkan 4 kali langkah yang dilakukan oleh piston dalam 2 kali putaran di poros engkol. Istilah 4 tak sama saja dengan 4 langkah.

Komponen Silinder Head Motor 4 Tak

Komponen silinder head motor 4 tak

Sebelum kita membahas mengenai komponen silinder head atau kepala silinder sepeda motor 4 tak, maka Mari kita bahas terlebih dahulu fungsi dari kepala silinder 4 tak.

  • Sebagai tempat untuk dudukan sirip sirip pendingin yang menggunakan udara
  • Sebagai tempat untuk dudukan exhaust manifold dan intake manifold
  • Sebagai tempat untuk dudukan busi
  • Sebagai tempat untuk dudukan mekanisme katup
  • Sebagai tempat untuk proses pembakaran campuran antara bahan bakar dengan udara

Setelah kita memahami fungsi dari kepala silinder, maka Mari kita lanjutkan pembahasan tentang komponen silinder head motor 4 tak

1. Komponen noken as atau cam shaft

Fungsi dari komponen camshaft atau noken as adalah guna mengatur kinerja dari katup sehingga bagian katup dapat bekerja dengan teratur Berdasarkan sistem yang sudah ditentukan. Jenis kerusakan yang biasanya dialami oleh noken as adalah pada bagian gunung-gunung di noken as mengalami keausan. Sementara itu, akibat dari kerusakan pada noken as adalah akan muncul atau terdengar suara brisik atau kasar di bagian kepala silinder atau silinder head. Guna mengatasi masalah tersebut tentunya kita bisa mengganti komponen noken as atau camshaft dengan yang baru.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Motor Yamaha

2. Komponen rocker arm atau pelatuk

Fungsi dari komponen rocker arm atau pelatuk yaitu sebagai Perantara putaran komponen noken as yang berfungsi untuk mengatur pembukaan dan penutupan katup. Kerusakan yang biasanya terjadi pada komponen pelatuk atau rocker arm adalah pada bagian sepatu pelatuknya yang kerap kali mengalami keausan. Akibat dari pelatuk atau rocker arm yang aus adalah munculnya suara berisik atau kasar pada bagian kepala silinder. Untuk mengatasi masalah tersebut bisa dilakukan penggantian pelatuk yang baru.

3. Komponen katup atau valve

Komponen katup atau valve dibagi menjadi dua macam, yaitu:

  • Intake valve atau katup hisap yang memiliki fungsi guna mengatur jalur masuknya Bahan bakar yang berasal dari karburator ke bagian ruang bakar.
  • Exhaust valve atau katup buang yang memiliki fungsi guna mengatur jalur pembuangan gas sisa proses pembakaran menuju ke knalpot

Kerusakan yang biasanya terjadi pada bagian katup atau valve yaitu bagian payung katup seringkali tidak rata sehingga mengalami kebocoran. Selain itu kadang kala ada juga batang katup yang mengalami bengkok. Akibat yang akan terjadi pada sepeda motor ketika bagian katup atau valve mengalami kerusakan adalah mesin menjadi ngempos atau tidak bertenaga karena kompresi yang bocor. Cara mengatasi masalah kerusakan katup adalah dengan cara melakukan skir pada katup. Apabila tidak memungkinkan maka penggantian katup bisa dilakukan.

Baca Juga:   Sistem Kerja Piston Pada Sepeda Motor

4. Komponen stem Seal atau sil oli

Fungsi dari komponen stem Seal atau sil oli yaitu guna mencegah oli yang berfungsi melumasi kepala silinder tidak bisa masuk ke dalam bagian ruang bakar. Kerusakan yang terjadi pada komponen tersebut adalah Sil oli yang mengalami kebocoran atau pecah serta karet yang mati. Akibat dari kerusakan tersebut yaitu pada bagian knalpot akan keluar asap yang berwarna putih. Cara mengatasi masalah tersebut tentunya dengan mengganti stem Seal atau sil oli dengan yang baru.

5. Komponen pegas katup atau valve Spring

Fungsi dari komponen pegas katup atau valve spring yaitu guna mengembalikan posisi katup ke kondisi semula setelah bekerja atau membuka. Kerusakan yang biasanya terjadi pada bagian pegas katup atau valve spring adalah melemahnya bagian pegas katup tersebut. Akibat yang akan terjadi yaitu mesin menjadi ngempos atau tidak bertenaga. Kadangkala Ada pula yang menyebabkan tenaga mesin menjadi tersendat dan tidak maksimal. Cara mengatasi masalah tersebut adalah dengan mengganti bagian pegas katup dengan yang baru.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Motor Honda

6. Komponen valve guide atau Bos katup

Fungsi dari komponen valve guide yaitu guna dijadikan sebagai tempat bergeraknya batang katup. Kerusakan yang sering terjadi pada komponen tersebut adalah Bos katup mengalami keausan atau longgar dengan bagian batang katup nya. Akibat dari masalah tersebut yaitu pada bagian knalpot akan keluar asap yang berwarna putih. Cara mengatasi masalah tersebut yaitu dengan proses penggantian valve guide yang baru dan pemasangannya harus dilakukan oleh tukang bubut.

7. Komponen kuku pengunci atau Cotter

Kegunaan dari komponen kuku pengunci atau Cotter yaitu guna menahan pegas katup agar tidak terlepas dan bisa bekerja dengan baik. Kerusakan yang sering terjadi pada bagian kuku pengunci bisa dikatakan jarang sekali terjadi. Apabila terjadi rata-rata diakibatkan karena kecerobohan montir atau mekanik pada saat memasangnya.

Demikianlah penjabaran singkat tentang komponen silinder head motor 4 tak yang bisa saya bahas pada posting kali ini. Mudah-mudahan, artikel singkat Pada kesempatan kali ini mampu memberikan Anda tambahan ilmu serta wawasan baru sehingga pemahaman Anda di bidang otomotif khususnya adalah pada sepeda motor 4 tak semakin meningkat. Terima kasih dan selamat beraktivitas.

Artikel menarik lainnya

Komponen Mesin Motor 2 Tak Dan Fungsinya

Komponen Mesin Motor 2 Tak Dan Fungsinya

Komponen mesin motor 2 tak dengan komponen mesin 4 tak tentunya memiliki perbedaan dan masing-masing …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *