Home / Elektronika / Langkah Menentukan Arah Medan Magnet

Langkah Menentukan Arah Medan Magnet

Apakah Anda sudah memahami prinsip kerja dari medan magnet? Apabila sudah maka mari kita lanjutkan langkah menentukan arah medan magnet yang sebenarnya juga perlu anda kuasai. Jika melewati sebuah penghantaryang dialiri oleh arus listrik maka ruangan disekitar tersebut tentunya akan mengalami perubahan karena adanya perubahan tersebut tentunya hanya bisa diketahui dengan cara tidak langsung, diantaranya adalah dari penyimpangan arah pada sebuah magnet jarum yang ada pada ruangan tersebut seperti yang sudah dilakukan percobaannya oleh oersted.

Sebuah ahli di bidang fisika, yakni Hans Christian oersted yang berkebangsaan di Denmark, di tahun 1819 berhasil menemukan bahwa apabila Kompas kecil atau magnet jarum yang didekatkan pada sebuah penghantar yang memiliki arus listrik, maka magnet jarum tersebut akan bergerak menyimpang. Hal tersebut menunjukkan bahwa arus pada sebuah kawat bisa menghasilkan efek magnetic. Dengan demikian maka bisa disimpulkan bahwa disekeliling arus listrik tentunya ada Medan magnetnya.

Adapun garis garis dari medan magnetik yang muncul akibat arus listrik di kawat lurus membentuk lingkaran dengan kawat di bagian pusatnya. Guna mengetahui arah dari garis garis medan magnet tersebut bisa memakai sebuah metode yaitu dengan kaidah tangan kanan.

Baca Juga:   Cara Menyambung Genset Ke Listrik Rumah Supaya Bisa Menyala Otomatis

Langkah untuk menentukan arah medan magnet dengan menggunakan kaidah tangan kanan:

Jika arah ibu jari menandakan arah dari aliran arus listrik, maka arah dari lipatan jari-jari yang lainnya akan menunjukkan arah dari medan magnet.

Bisa dikatakan bahwa medan magnet masuk kedalam besaran vektor dimana medan magnet tersebut tentunya mempunyai arah dan nilai. Adapun besarnya medan magnet dinyatakan didalam induksi magnetik. Selanjutnya, untuk menentukan arah medan magnet yang ada di sekeliling kawat beraliran listrik, bisa dilihat pada gambar dibawah ini:

Langkah Menentukan Arah Medan Magnet

Dengan keterangan bahwa I adalah arah dari aliran arus listrik, sedangkan b adalah arah dari medan listrik

Pembahasan tentang magnet pada sebuah bahan oleh medan magnet yang berasal dari luar disebut dengan istilah induksi. Indukmagnetic seringkali diartikan sebagai munculnya medan magnetik yang disebabkan karena arus listrik yang mengalir pada sebuah penghantar.

Demikianlah penjabaran singkat tentang langkah di dalam menentukan arah medan magnet yang bisa saya ulas Pada kesempatan kali ini. Intinya, tidak ada hal yang cukup sulit di dalam menentukan arah medan magnet. Cukup menggunakan kaidah tangan kanan, maka kita bisa membedakan arah dari arus listrik sekaligus arah dari medan magnet bernilai mudah-mudahan, tutorial di atas bisa lebih mudah dicerna dan tentunya anda bisa dengan mudah menentukan arah medan magnet dan juga arah arus listrik yang merupakan bagian pembangkit dari medan magnet. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Freezer Yang Tidak Dingin

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Cara Mengukur Trafo Menggunakan Multimeter

Cara Mengukur Trafo Menggunakan Multimeter

Kesempatan yang baik ini, saya akan mencoba untuk Sharing Bagaimana cara mengukur trafo menggunakan multimeter. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *