Home / Elektronika / Medan Magnet Bumi Beserta Peranannya

Medan Magnet Bumi Beserta Peranannya

Marilah kita bahas tentang medan magnet bumi beserta peranannya di dalam kehidupan sehari-hari. Medan magnet bumi atau sering dikenal dengan istilah Medan geomagnetik adalah sebuah medan magnetik yang memiliki jangkauan mulai dari bagian dalam sampai dengan batas medan magnet bertemu dengan Angin matahari. Besarnya ukuran dari medan magnet bumi adalah berbeda-beda, yaitu antara 25 mikro Tesla sampai dengan 65 mikro Tesla. Kutub-kutub magnet bumi diperkirakan memiliki kemiringan 10 derajat terhadap posisi Axis bumi serta akan terus bergerak sepanjang waktu yang disebabkan karena pergerakan besi panduan cair pada inti luar bumi.

Medan Magnet Bumi Beserta Peranannya

Sebenarnya, proses pergerakan dari kutub magnet bumi amatlah lambat yang mana akan membuat kompas tetap dapat dipakai dengan baik dari abad ke-11 masehi. Namun, kutub magnetik dari bumi berbalik di antara Selatan dan Utara setiap beberapa ratus ribu tahun sekali.

Aktivitas dari pembalikan tersebut kelihatannya pada pola bebatuan purbakala di bumi yang memiliki unsurdan bersifat feromagnetik. Tentunya, medan magnet juga berpengaruh terhadap pergerakan lempeng pada sejumlah benua. Perlu diketahui bersama bahwa adanya medan magnetik bumi berfungsi untuk melindungi Radiasi matahari.

Medan magnet bumi akan melaksanakan fungsinya pada lapisan magnetosfer atau lapisan yang berada di bagian atas ionosfer. Magnetosfer merupakan lapisan Dimana tempat medan magnetik bumi melaksanakan kegiatan perlindungan bumi dari sejumlah radiasi kosmik yang dapat ionisasi sejumlah partikel pada atmosfer serta bisa membuat terlepas dari medan gravitasi bumi.

Baca Juga:   Cara Menyambung Kabel Charger HP Yang Putus

Ketika tidak ada magnetosfer, maka atmosfer bumi beserta sejumlah lapisan ozon bisa hilang dan tentunya kehidupan di permukaan bumi tidak dapat berkembang seperti sekarang ini. Kesimpulannya adalah bahwa manfaat dari lapisan magnetosfer amatlah penting untuk kehidupan kita di bumi.

Di sepanjang sejarah, sudah diketahui apabila bagian kutub magnetik bumi mengalami pembalikan arah sampai dengan ratusan kali. Sejumlah ilmuwan tentunya melakukan pengamatan bahwa kondisi seperti itu cukup lah jarang terjadi. Kondisi pembalikan tersebut tentunya membutuhkan waktu yang sangat panjang, yaitu 1000 tahun sampai dengan 10000 tahun. Pada waktu selama itu, tentunya kondisi dari medan magnetik bumi akan mengalami Pelemahan.

Proses Pelemahan medan magnet bumi yang terjadi pada kegiatan pembalikan tersebut tentunya cukup memberikan dampak terhadap kondisi kehidupan pada bumi. Hal tersebut dikarenakan medan magnetik pada bumi merupakan pelindung bumi dari berbagai macam serangan yang cukup membahayakan dari luar angkasa. Adanya Pelemahan dari medan magnet bumi tentunya bisa mengancam kelangsungan kehidupan di permukaan bumi.

Baca Juga:   Cara Menyambung TV Kabel Paralel

Adapun seorang geofisika yang bernama Profesor John Tarduno yang berasal dari University of rochester memberikan pernyataan bahwa tanpa ada medan magnetik, maka bumi akan sangat mudah untuk ditembus oleh badai matahari. Adanya reaksi partikel kosmik dengan atmosfer akan membuat lubang Ozon yang sangat besar dan mampu bertahan dalam kurun waktu 1 tahun sampai dengan 10 tahun. Dalam kondisi tersebut, penyakit kanker kulit akan dengan sangat mudah mengalami peningkatan.

Peranan dari medan magnet bumi

Peranan medan magnet bumi adalah untuk memantulkan sejumlah besar Angin matahari yang berisi arus partikel dengan sejumlah muatan yang berasal dari matahari dan tentunya bisa mengionisasi atmosfer bumi. Udara maupun gas yang terkena Angin matahari dapat terperangkap pada gelembung medan magnet yang dapat terbawa oleh arus Angin matahari tersebut. Kondisi tersebut merupakan sebuah proses yang sudah pernah terjadi pada planet Mars.

Pembelajaran mengenai medan magnetik bumi di masa lampau sudah dikenal dengan sebutan paleomagnetisme. Polaritas maupun proses medan magnetik bumi digambarkan pada bebatuan. Sementara itu, proses pembalikan medan magnet bumi dibuat skema pada sejumlah garis yang terbentuk di saat proses pembentukan bebatuan.

Baca Juga:   Cara Menyambung Kabel Data USB

Adapun masa paleomagnetisme bisa dipakai sebagai salah satu sarana perekaman geokronologi sedimen dan batuan. Adanya kandungan bijih tambang pada bebatuan juga dikarenakan oleh adanya medan magnetik bumi. Perlu kita ketahui bersama bahwa peralatan Kompas yang kita gunakan juga sangat Tergantung pada kondisi medan magnetik bumi pada proses penentuan arah.

Tidak hanya manusia, medan magnetik bumi juga dimanfaatkan oleh Hewan Pada saat berpindah tempat atau bermigrasi. Kegiatan migrasi tersebut memiliki tujuan supaya hewan-hewan bisa bertahan hidup. Kondisi Medan magnetik bumi yang cukup bervariasi dan tentusangat berkaitan erat dengan curah hujan pada negara beriklim tropis. Untuk itulah, peranan dari medan magnetik bumi amatlah sangat penting di dalam menunjang kehidupan makhluk di permukaan bumi.

Demikianlah penjabaran singkat mengenai medan magnet bumi beserta sejumlah peranannya yang sangat menunjang kehidupan di planet bumi. Selamat beraktifitas dan semoga artikel di atas bisa berguna untuk menambah ilmu serta wawasan pengunjung sekalian.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Cara Mengukur Trafo Menggunakan Multimeter

Cara Mengukur Trafo Menggunakan Multimeter

Kesempatan yang baik ini, saya akan mencoba untuk Sharing Bagaimana cara mengukur trafo menggunakan multimeter. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *