Home / Elektronika / Pengertian dan Definisi Medan Magnet

Pengertian dan Definisi Medan Magnet

Pada posting kali ini saya akan membahas mengenai pengertian dan definisi medan magnet. Namun sebelumnya perlu kita ketahui bersama bahwa apabila kita mendekatkan 2 buah batang magnet, maka nantinya gaya tarik menarik maupun gaya tolak menolak akan terjadi diantara kedua batang magnet tersebut. Adapun gaya tolak menolak maupun gaya tarik menarik di antara kedua magnet terjadi disebabkan karena pada area magnet ada medan magnet. Terjadinya gaya tolak menolak ketika kedua kutub magnet yang sama didekatkan, sementara gaya tarik menarik terjadi disaat kedua kutub yang berbeda didekatkan.

Pengertian dan Definisi Medan Magnet

Definisi medan magnet

Munculnya pola sejumlah garis lengkung yang terbentuk pada medan magnet adalah pola jumlah garis medan magnet yang dikenal dengan istilah garis gaya magnetik. Pada bagian ruangan yang ada di wilayah magnet yang mengalami terjadinya gaya magnetik disebut dengan istilah medan magnetik. Medan magnet merupakan sebuah wilayah yang berada di area magnet yang menimbulkan adanya sebuah muatan yang bergerak di wilayahnya Mengalami Sebuah gaya. Tentunya, medan magnet tidak bisa terlihat, akan tetapi bisa dijelaskan dengan cara mengetahui pengaruh medan magnet tersebut pada benda lain, misalnya adalah pada serbuk besi.

Dengan melakukan pengamatan terhadap garis gaya magnetik maka bisa kita simpulkan beberapa hal sebagai berikut:

  1. Sejumlah garis gaya magnetik akan selalu keluar dari kutub utara magnet dan akan masuk ke dalam kutub selatan magnet
  2. Sejumlah garis gaya magnetik tidak akan pernah saling memotong dengan sejumlah garis gaya magnetik yang lainnya yang asalnya dari magnet yang sama
  3. Wilayah yang terdapat garis gaya magnetik cukup rapat menunjukkan medan magnet dengan kekuatan cukup besar. Sementara itu wilayah yang memiliki garis gaya magnetik nya kurang rapat maka menunjukkan medan magnet yang dimilikinya cukup lemah.
Baca Juga:   Sistem Kerja Relay Sederhana

Uji coba medan magnet pada area di sekitar arus listrik

Untuk mengawalinya, kita bisa mendekatkan Kompas pada seutas kawat yang belum dialiri listrik dari baterai. Silakan amati, Apakah posisi dari jarum kompas mengalami perubahan?

Tahap berikutnya, silahkan anda hubungkan seutas kawat tersebut ke Batu baterai, lalu silahkan anda dekatkan dengan kompas. Silakan perhatikan, Apakah posisi jarum kompas mengalami perubahan? Ke arah manakah jarum kompas itu bergerak?

Sekarang Coba lanjutkan dengan mengubah arah dari arus listrik yang mengalir di seutas kawat tadi dengan cara mengubah posisi dari kutub baterai, lalu silakan dekatkan kembali Kompas ke seutas kawat tersebut. Silakan Anda amati, Apakah posisi dari jarum kompas tersebut mengalami perubahan kembali?Ke arah manakah jarum kompas itu bergerak?

Jika dilihat dari percobaan diatas, maka kita bisa melakukan pengamatan bahwa medan magnet yang ada disekitar kawat yang teraliri oleh arus listrik bisa berpengaruh terhadap posisi jarum kompas. Pada saat arah dari arus listrik mengalami perubahan dengan cara mengubah posisi kutub baterai, maka arah dari pergerakan jarum kompas juga ikut mengalami perubahan. Dengan demikian, maka bisa disimpulkan bahwa:

  1. Arah dari garis gaya magnetik sangat dipengaruhi oleharus listrik yang mengalir pada seutas kawat penghantar
  2. Medan magnetik ada di wilayah sekitar kawat penghantar yang teraliri oleh arus listrik
Baca Juga:   Alat Pengukur Medan Magnet Menggunakan Teslameter

Adanya medan magnet yang berada disekitar kawat penghantar yang teraliri oleh arus listrik sudah diselidiki oleh Hans Christian oersted. Arah medan magnet yang berada pada kawat penghantar yang teraliri oleh arus listrik bisa ditentukan dengan memakai kaidah tangan kanan oersted, Dimana arah dari arus listrik ditunjukkan oleh ibu jari, sementara garis gaya magnetik ditunjukkan dengan arah ke empat jari tangan.

Hukum dari tangan kanan

Sebuah medan magnetik yang dihasilkan pada sebuah kawat penghantar memang cukup lemah. Guna mendapatkan medan magnet yang cukup kuat serta bisa dipakai untuk beberapa keperluan maka dibutuhkan kumparan berarus listrik. Kumparan memang memiliki sifat sebagai magnet yang cukup kuat dan sering dikenal dengan istilah electromagnet.

Namun, elektromagnet tentunya mempunyai sifat kemagnetan yang sementara. Apabila arus listrik yang mengalir didalamnya diputus, maka tentunya sifat kemagnetan yang dimilikinya segera hilang. Pantas, Mengapa kumparan yang memiliki arus listrik bisa menghasilkan medan magnet yang cukup kuat? Hal tersebut disebabkan karena masing-masing lilitan di kumparan menghasilkan medan magnet yang selalu diperkuat oleh lilitan lilitan yang lainnya. Tentunya, dengan memperbanyak lilitan pada sebuah kumparan, maka medan magnet yang akan dihasilkannya pun akan semakin besar.

Baca Juga:   Inilah Perbedaan TV Analog, TV digital dan HDTV

Cara mengetahui kutub magnet dari arah arus listrik

Guna menentukan arah kutub magnet yang berada pada kumparan berarus listrik, maka kita juga bisa memakai aturan genggaman tangan kanan. Arah ibu jari menunjukkan kutub utara, sementara arah genggaman Dari keempat jari akan menunjukkan arah arus yang berada pada kumparan. Konsep seperti itu sering disebut dengan istilah kaidah tangan kanan guna menentukan arah kutub magnet yang berasal dari aliran arus listrik pada elektromagnetik

Sekian penjabaran singkat tentang pengertian dan definisi medan magnet yang bisa saya ulas pada kesempatan yang. Mudah-mudahan, Bagi anda yang sekarang ini sedang mendalami ilmu di bidang fisika tentang magnet, artikel di atas bisa berguna dan bermanfaat untuk menunjang bahan belajar anda. Selamat beraktivitas.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Cara Mengukur Trafo Menggunakan Multimeter

Cara Mengukur Trafo Menggunakan Multimeter

Kesempatan yang baik ini, saya akan mencoba untuk Sharing Bagaimana cara mengukur trafo menggunakan multimeter. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *