Home / Otomotif / Mobil / Penyebab Lampu Depan Mobil Mati Dan Langkah Mengatasinya

Penyebab Lampu Depan Mobil Mati Dan Langkah Mengatasinya

Dapat dikatakan bahwa Lampu merupakan komponen yang sangat vital di dalam mobil, terutama pada saat mobil menempuh perjalanan di malam hari. Ketika tidak ada lampu pada mobil maka aktivitas berkendara semakin tidak aman saja. Dapat pula hal tersebut menjadi penyebab Anda ditilang oleh pihak Kepolisian atau hal yang lebih parah lagi adalah Anda bisa mengalami kecelakaan di Jalan Raya karena tidak bisa melihat dengan jelas jalanan maupun objek yang lainnya yang berada di depannya.

Penyebab Lampu Depan Mobil Mati

Lalu, apakah yang menjadi penyebab lampu depan mobil mati? Bagaimana pula cara mengatasi dari lampu depan mobil yang mati tersebut? Silakan baca terus uraian berikut ini dan anda akan mendapatkan jawabannya

1. Sekring mobil yang putus

Penyebab pertama dari lampu depan mobil mati yang kerap kali terjadi yaitu sekring yang terputus. Sekring pada sistem kelistrikan di sebuah mobil rata-rata terkumpul pada suatu kotak yang ada di bagian bawah kanan berdekatan dengan setir mobil. Sekering memiliki bentuk seperti gigi atau dua jari. Silahkan anda mencari sekring yang berhubungan dengan lampu, kemudian lakukan pengecekan kondisinya Apakah memang sudah terputus atau belum.

Tentunya, anda dapat melakukan perbaikan dengan teknik melilitkan dua helai serabut logam yang ada pada kabel ke bagian terminal 1 dengan Terminal yang lainnya. Selanjutnya, silakan Anda pasang kembali sekring lampu tersebut pada tempatnya. Selanjutnya, anda dapat mencoba untuk menyalakan kembali lampu depan mobil.

2. Disebabkan kabel maupun relay

Ketika kondisi dari kunci kontak dalam keadaan on serta kondisi aki dalam kondisi aktif, maka Anda bisa memastikan Apakah yang menyebabkan lampu depan mobil mati total merupakan permasalahan untuk lampu besar tersebut. Rata-rata akan terlihat kondisi lampu yang mati serta menyala ketika kabel sedikit digoyangkan. Lele tersebut adalah kontak yang memiliki fungsi guna menghubungkan kabel dengan sumber listrik di mobil. Apabila terjadi permasalahan di bagian kabel relay, anda bisa mencoba untuk mengambil kabel yang masih utuh serta belum dipakai. Selanjutnya silakan Anda cabut pada bagian relay.

Baca Juga:   Cara Memperbaiki ECU Mobil Pada Mobil Honda

Kemudian silakan Anda jadikan kabel tersebut guna menyambungkan secara langsung sumber listrik dengan kabel, bisa dikatakan apabila Terminal 30 disambungkan dengan kabel yang ada pada nomor 87. Akan tetapi, kerjakan langkah diatas ketika sedang kondisi darurat maupun terdesak saja. Selanjutnya, segeralah untuk mencari bengkel paling dekat guna melakukan perbaikan lampu mobil yang mati total tersebut.

3. Bohlam lampu yang mati

Penyebab yang lain bisa disebabkan karena lampu bohlam yang memang sudah terputus atau mati. Sejumlah faktor yang bisa menjadi penyebabnya yaitu proses pemasangan bohlam lampu yang keliru. Contohnya yaitu pemasangan bohlam lampu yang di bagian kacanya haruslah bersih dari berbagai macam minyak atau kotoran. Kesimpulannya adalah bohlam lampu tidak boleh tersentuh oleh tangan. Apabila anda hendak menggantinya, maka anda harus memastikan bahwa anda tidak sampai menyentuh bagian kaca pada bohlam lampu tersebut.

4. Jeleknya kualitas bohlam lampu

Masih berhubungan dengan bohlam lampu, sekarang ini kualitas dari bohlam lampu juga kerap menjadi penyebab Kenapa lampu mobil bisa mati total. Kualitas lampu yang dipakai memang akan sangat berpengaruh terhadap kerja lampu. Apabila Anda memakai lampu berkualitas rendah Maka tentunya akan membuat lampu sering rusak atau putus. Bohlam lampu yang memiliki kualitas jelek tentunya tidak mempunyai kemampuan untuk menahan panas sehingga menimbulkan filamen yang ada pada lampu cepat putus. Tidak mengherankan apabila baru dipakai 3 kali saja bohlam lampu sudah mati.

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Rpm Mobil Mati Dengan Mudah

Walaupun bohlam lampu yang bagus rata-rata mempunyai harga yang cukup mahal, akan tetapi apabila dibandingkan ketika membeli bohlam lampu yang berkualitas jelek secara terus-menerus, maka kondisi tersebut jauh lebih merugikan. Kualitas bohlam lampu yang bagus bisa dipastikan mempunyai umur dan usia pakai yang cukup panjang. Di samping itu, silakan memilih bohlam lampu yang memang benar-benar sesuai dengan ukuran dan spesifikasi daya pada mobil anda.

5. Tegangan kelistrikan pada mobil yang tidak stabil

Tegangan listrik pada sebuah sistem kelistrikan di mobil yang tidak stabil juga kerap kali menjadi penyebab bohlam lampu sering terputus. Sebuah sistem kelistrikan pada mobil yang kurang stabil maupun terlalu tinggi menimbulkan lampu depan mobil secara tiba-tiba mati total. Pada proses pemeriksaan nya, anda dapat memakai multimeter atau voltmeter. Apabila ditemukan tegangannya terlalu rendah atau terlalu tinggi, silakan Anda mencoba untuk melakukan pengecekan pada komponen seperti aki mobil yang memang sudah drop atau soak.

Kita dapat mengetahui tanda-tanda dari aki kering mobil yang sudah soak atau belum. Selain itu, Kita juga bisa melakukan pengecekan di bagian regulator maupun rangkaian yang lainnya di mobil. Kerusakan yang kerap terjadi akibat tegangan listrik yang tidak stabil rata-rata tidak hanya menimbulkan satu lampu mobil saja yang terputus, akan tetapi juga kerap menimbulkan lampu lampu mobil yang lainnya ikut mati total.

Baca Juga:   Cara Mengendarai Mobil Avanza Secara Umum

6. Keadaan soket lampu yang kendor atau kotor

Apabila anda kerap kali mengalami lampu mobil yang seringkali terputus atau mati, silakan Anda mencoba untuk melakukan pengecekan di bagian soket di lampu mobil anda, ada kemungkinan bagian tersebut memang kendor atau kotor. Keadaan dimana soket lampu yang kendor atau kotor rata-rata menimbulkan lampu mudah sekali putus atau rusak. Kondisi tersebut disebabkan karena Supply arus listrik Yang menuju ke lampu terhalang. Silakan Anda mencoba untuk melakukan pengecekan di bagian soket lampu, apabila memang kotor maka silakan dibersihkan, sementara itu apabila kendor silakan dirapatkan kembali. Disamping itu, silakan lakukan proses pembersihan berkala sebagai salah satu tips untuk merawat lampu mobil supaya memiliki ketahanan yang lebih lama.

7. Switch yang meleleh

Keadaan lampu mobil yang kerap kali mati bisa pula dikarenakan oleh kondisi switch yang sudah meleleh. Keadaan seperti itu rata-rata bisa dirasakan oleh pengemudi ketika mengemudikan mobil. switch yang meleleh tentunya akan lebih seret ketika dijalankan. Guna memahami berbagai macam gejala yang lebih pasti, maka silakan Anda mencoba untuk melakukan pemeriksaan mobil anda di bengkel yang sudah anda percaya.

Demikianlah sejumlah informasi tentang penyebab lampu depan mobil mati serta beberapa langkah mengatasinya. Tentunya, sebagai seorang pemilik mobil sangat penting guna mencegah kondisi seperti di atas terjadi dengan langkah selalu melakukan perawatan terhadap lampu mobil dengan tepat dan baik. Sehingga pada akhirnya Anda tidak akan pernah mengalami permasalahan di mana lampu mobil depan anda secara tiba-tiba mati. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Penyebab Lampu Check Engine Menyala

Penyebab Lampu Check Engine Menyala Yang Perlu Diketahui Bersama

Ketika kita menemukan lampu indikator untuk check engine mobil yang terus menyala, maka dapat mengganggu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *