Home / Otomotif / Sepeda Motor / Penyebab Lampu HID Mati Yang Paling Umum Terjadi

Penyebab Lampu HID Mati Yang Paling Umum Terjadi

Di zaman modern sekarang ini, pemakaian dari lampu HID sudah bukan kategori barang baru lagi. Di zaman sekarang ini, telah banyak bertebaran berbagai macam merk lampu HID. Tentunya, dimulai dari merek yang berkualitas baik sampai dengan merek yang ecek-ecek. Harga yang ditawarkan pun cukup beragam, mulai dari dua ratus ribuan sampai dengan jutaan.

Penyebab Lampu HID Mati Yang Paling Umum Terjadi

Hanya saja, Pada lampu HID kerap kali membuat pemakainya merasa pusing dan bingung apabila tiba-tiba mati. Apabila masih menggunakan jenis lampu bohlam biasa tentunya para pengguna cukup melakukan pengecekan secara fisik kondisi bohlam lampu nya atau dengan mengganti bohlam lampu maka biasanya sudah bekerja normal kembali. Lalu, Bagaimana jika lampu yang mati adalah lampu HID? Marilah kita ulas mengenai penyebab lampu HID mati sampai dengan tutorial bagaimana cara mengatasinya.

Anda tentunya tidak perlu merasa bingung, terlebih sampai dengan mengkudeta hati untuk menjauhi penggunaan lampu HID. Adapun yang wajib untuk dikerjakan adalah melakukan pengecekan terhadap tiga bagian penyebab lampu HID mati. Lalu, kenapa hanya 3 bagian saja? Hal tersebut dikarenakan ketika kita membeli paket dari lampu HID maka yang akan didapatkan adalah 3 bagian, yakni ballast, relay set dan bohlam HID.Nah itu, maka letak kerusakannya bisa dipastikan ada di salah satu ketiga bagian tersebut.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Motor Yamaha

Berikut ini adalah penjabaran secara lengkapnya

Pada bagian pertama, yaitu pengecekan pada bohlam HID. Langkah yang paling cepat dan mudah adalah dengan melihat secara detail untuk fisik lampu HID itu sendiri. Apabila terdapat bagian yang pecah disebabkan oleh kebocoran arus listrik, maka ditandai pada saat saklar lampu di on kan akan keluar bunyi petikan listrik. Hal tersebut menandakan bahwa terdapat arus listrik yang bocor serta bohlam lampu HID yang pecah.

Bagian yang kedua adalah relay set. Bagian relay set merupakan salah satu bagian yang sangat jarang sekali mengalami kerusakan. Adapun langkah yang paling mudah untuk melakukan pengecekan adalah dengan cara melakukan pengecekan di bagian sekring. Apabila pada bagian sekring tidak terdapat permasalahan, maka hal tersebut menandakan bahwa komponen yang ada di dalam relay set yang mengalami kerusakan. Anda harus menggantinya dengan yang baru apabila tidak bisa memperbaiki sendiri.

Berikut ini adalah daftar harga untuk Komponen lampu HID yang rusak apabila ingin diganti dengan yang baru:

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Aki Motor Jenis Basah dan Kering

Apabila bohlam HID yang mengalami kerusakan yang ditandai kebocoran atau pecahnya bagian fisik pada bohlam lampu HID, maka harus diganti dengan yang baru. Harganya sekitar Rp.120.000.

Komponen ballast juga merupakan penentu dari unsur utama kerusakan dari lampu HID yang mati. Harga dari ballast dimulai angka Rp.120.000 sampai dengan angka Rp.500.000

Sementara itu, usia relay set cukuplah awet serta bisa berumur lebih dari 2 tahun. Apabila mengalami kerusakan maka wajib untuk menggantinya dengan yang baru dan tentunya memiliki harga yang cukup murah, tidak sampai Rp.100.000.

Untuk mengontrol Sisi kestabilan tegangan, maka sangat disarankan untuk memasang alat voltmeter guna selalu memantau tegangan listrik yang berasal dari aki supaya tidak merusak sistem lampu HID itu sendiri. Di samping itu, hal tersebut tentunya juga untuk menjaga agar kondisi aki tidak soak.

Sekian Uraian singkat tentang penyebab lampu HID mati yang paling umum terjadi serta langkah-langkah Bagaimana cara memperbaikinya. Mudah-mudahan, artikel Pada kesempatan kali ini mampu memberikan manfaat dan tambahan wawasan bagi pengunjung sekalian. Terima kasih dan selamat beraktifitas.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Motor Honda

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Penyebab Lampu Depan Motor Mati

Penyebab Lampu Depan Motor Mati

Baiklah teman-teman, langsung saja masuk ke dalam topik pembahasan Pada kesempatan kali ini yakni tentang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *