Home / Otomotif / Mobil / Penyebab Lampu Indikator Injeksi Menyala Terus

Penyebab Lampu Indikator Injeksi Menyala Terus

Apa kabar Pembaca sekalian? Pada hari ini saya akan mencoba mengulas tentang penyebab lampu indikator injeksi menyala Terus. Ada kemungkinan, Ketika anda sedang berkendara secara tiba-tiba lampu indikator check engine atau malfunction Indicator light yang disingkat dengan MIL menyala secara tiba-tiba. Anda tidak perlu panik menghadapi resiko tersebut. Pada sejumlah kendaraan, kondisi tersebut telah diantisipasi dengan cara mengalihkan ke safe mode pada mapping ECU.

Penyebab Lampu Indikator Injeksi Menyala Terus

Rata-rata, kendaraan buatan Amerika dan Eropa akan seperti itu. Pada saat lampu MIL menyala, maka secara otomatis kendaraan sudah tidak bisa dipakai untuk ngebut. Hal tersebut disampaikan oleh dalvin kartawidjaja yang berasal dari CK Motorsport.

Bagian yang sangat penting adalah merasakan perbedaan pada saat lampu MIL menyala. Contohnya adalah terdapat gejala di mana brebet terasa terus menerus atau bahkan mesin terasa pincang. Oleh sebab itu, janganlah terlalu dipaksakan, usahakan untuk segera memanggil towing atau mobil derek. Apabila memang masih bisa berjalan pada kondisi normal, maka tidak akan menjadi masalah untuk dijalankan. Hal tersebut disebabkan Ada kemungkinan bukan terletak pada sensor yang vital.

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Remot Mobil Yang Tidak Berfungsi

Penyebab Lampu Indikator Injeksi Menyala Terus

  1. Lampu injeksi atau MIL tidaklah selalu memberikan informasi mengenai kerusakan fatal di mesin maupun pada sistem elektronika di kendaraan. Dapat pula disebabkan oleh adanya kabel yang terputus, kemasukan air, sensor rusak, soket kendor, atau bahkan disebabkan karena ECU itu sendiri yang mengalami kerusakan. Akan tetapi, dapat pula dikarenakan oleh komponen yang lainnya yang terpasang nya tidak benar. Contohnya adalah pada bagian tutup bahan bakar maupun box saringan udara yang tidak tertutup dengan rapat.
  2. Apabila mobil masih bisa berjalan, maka silakan Anda jalankan sampai ke tempat reparasi atau bengkel yang dipercaya untuk proses pengecekan dengan menggunakan bantuan engine diagnostik. Hal yang terpenting pada saat berkendara, pastikanlah suhu mesin tidak terlalu panas serta bagian dari pendingin motor masih bisa berputar dengan normal. Apabila terjadi overheating, Janganlah memaksakan kendaraan, sebab nantinya akan menimbulkan hal fatal di mesin.
  3. Jika hendak melakukan proses diagnostik sendiri tanpa menggunakan bantuan dari engine diagnostic, maka anda harus memastikan bahwa seluruh socket sensor sudah terpasang dengan benar, apabila dibutuhkan maka perlu melakukan proses cabut pasang, kerjakan sampai dengan terdengar bunyi ceklek. Perhatikan pula kondisi kabel kabelnya, apakah ada yang terputus. Apabila terdapat kabel yang terputus di bagian tengah, maka hal yang sangat merepotkan yaitu proses pengurutan kabelnya. Alangkah baiknya diserahkan pekerjaan tersebut ke bengkel spesialis yang sudah dipercaya.
  4. Apabila pada sensor maupun pada kabel terdapat cukup banyak air, maka anda harus terlebih dahulu mengeringkannya. Adapun langkah manual yaitu dengan cara meniup maupun mengelap menggunakan tisu. Akan tetapi, apabila cukup banyak ditemukan tumpukan kotoran pada sensor, maka alangkah baiknya memakai cairan pembersih spesial untuk barang elektronika maupun yang kerap disebut dengan istilah contact cleaner.
  5. Pada sejumlah kendaraan, pada saat permasalahan sudah di perbaiki, maka secara otomatis lampu indikator injeksi akan Padam. Akan tetapi, ada pula yang membutuhkan proses me reset menggunakan bantuan engine diagnostik maupun secara manual dengan langkah mencabut aki sekitar 30 detik. Contohnya adalah pada mobil X-Trail, Nissan Livina serta Serena yang telah mengadopsi teknologi Throttle by wire, di mana harus memakai engine diagnostic scanner, dilarang melepas aki sebab akan menjadikan idle leaaning serta lampu injeksi akan tetap menyala walaupun masalah sudah diperbaiki.
Baca Juga:   Cara Memperbaiki Body Mobil Penyok Dengan Cepat

Sekian Uraian singkat tentang penyebab lampu indikator injeksi menyala terus pada mobil yang bisa Anda pahami melalui artikel ini sekaligus langkah-langkah sederhana untuk memperbaiki nya. Terima kasih atas kesediaan anda membaca artikel di atas dan semoga saja permasalahan pada lampu cek engine di mobil segera selesai.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Penyebab Lampu Depan Mobil Mati

Penyebab Lampu Depan Mobil Mati Dan Langkah Mengatasinya

Dapat dikatakan bahwa Lampu merupakan komponen yang sangat vital di dalam mobil, terutama pada saat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *