Home / Otomotif / Sepeda Motor / Penyebab Lampu Indikator Vixion Menyala Atau Berkedip

Penyebab Lampu Indikator Vixion Menyala Atau Berkedip

Pada kesempatan yang baik ini saya akan mencoba mengulas tentang penyebab lampu indikator Vixion menyala maupun berkedip. Tentunya, artikel ini sangat cocok bagi anda Para pemilik sepeda motor Yamaha Vixion di mana kadangkala mengalami permasalahan lampu indikator. Silakan baca terus uraian berikut ini.

Penyebab Lampu Indikator Vixion Menyala Atau Berkedip

Permasalahan tersebut tentunya untuk sebagian pemilik dari sepeda motor Vixion menjadi suatu hal yang membuat jantung berdebar-debar. Bagaimana tidak, lampu indikator tersebut tentunya menyiratkan bahwasanya terdapat kerusakan di bagian sistem injeksi sepeda motor. Terlebih, kita juga kadangkala mengetahui bahwa bengkel-bengkel yang ada di pinggir jalan kadang kala suka menyerang apabila berkaitan dengan permasalahan injeksi.

Masalah tersebut disebabkan adanya kerusakan di bagian injeksi mesin, dimana kondisi tersebut hanya dapat dideteksi menggunakan bantuan alat scan yang hanya dimiliki oleh bengkel resmi Yamaha. Lalu, apakah yang perlu kita lakukan jika lampu indikator tersebut terus berkedip atau bahkan menyala secara terus menerus?

Untuk para teknisi, lampu indikator yang memiliki warna kuning tersebut sering dikenal dengan istilah malfunction Indicator Light atau MIL. Ada pula yang menyebutkan dengan istilah lampu check engine. Lampu indikator tersebut memiliki kegunaan seperti lampu notification yang hendak Yang hendak menginformasikan bahwa terdapat fault atau terdapat sesuatu yang kurang beres di bagian kelistrikan mesin.

Baca Juga:   Fungsi Komponen Motor Starter

Pada keadaan normal, lampu check engine menyala beberapa detik ketika kunci kontak di online, kemudian akan mati secara otomatis dan tidak akan hidup kembali. Akan tetapi, apabila lampu tersebut tidak mau mati maupun bahkan tetap berkedap-kedip, Maka sensor membaca adanya error di bagian kelistrikan pada mesin.

Penyebab lampu indikator Vixion menyala atau berkedip

Jika lampu MIL tersebut menyala berkedip pada interval waktu tertentu maka hal tersebut mengindikasikan terdapat kerusakan di bagian sensor mesin. Rata-rata, nyala lampu MIL masing-masing interval mempunyai waktu yang berlainan, tergantung pada kode kerusakannya. Contohnya adalah nyala lampu MIL mempunyai interval 1 2 “1kali berkedip dengan durasi 1 detik, dua kali berkedip dengan durasi setengah detik.

Lalu, apakah yang wajib untuk dikerjakan apabila kode kerusakan telah diketahui? Perlu Anda ketahui bahwasanya kedipan di atas tidak selalu menunjukkan kerusakan pada sensor. Sebab, lampu MIL  akan terus menyala berkedip jika salah satu dari kabel sensor terputus. Artinya adalah kedipan tersebut dapat menunjukkan bagian kabel sensor yang terkelupas atau terputus maupun terdapat konsleting di bagian sensor atau bahkan sensor tersebut mengalami kerusakan.

Baca Juga:   Penyebab Lampu LED Motor Redup Dan Cara Mengatasinya

Lampu MIL  berkedip dengan interval yang cukup cepat

Terdapat sumber yang menyatakan bahwasanya tegangan aki yang cukup rendah nantinya bisa membuat lampu indikator injeksi bisa berkedip. Pada keadaan normal, tegangan aki pada motor berada di angka 12 volt. Akan tetapi, pada saat tegangan aki turun sampai ke angka 10 volt, maka bisa jadi anda akan mendapatkan lampu MIL  yang selalu berkedip dengan cukup cepat.

Pada permasalahan tersebut, kerap kali diikuti dengan sejumlah gejala yang lainnya, misalnya adalah mesin yang perlu di start panjang guna bisa hidup serta apabila tegangan aki turun sampai dengan 6 volt, maka mesin sudah tidak dapat dihidupkan lagi atau mengalami mogok.Solusinya sebenarnya cukuplah mudah, anda hanya membutuhkan untuk melakukan proses pengecekan pada tegangan aki sepeda motor memakai voltmeter. Jika kurang, maka anda bisa melakukan pengecasan aki maupun mengganti air aki apabila memakai jenis aki basah.

Penyebab lampu indikator Vixion menyala secara terus menerus

Kadangkala, terdapat suatu kondisi yang mana lampu indikator injeksi menyala secara terus-menerus tanpa kedip. Keadaan ini Tentunya dapat menunjukkan permasalahan pada bagian ECU yang berfungsi sebagai controller mesin. Jika pada kondisi tersebut mesin masih bisa dihidupkan, maka bisa jadi permasalahan tersebut disebabkan adanya konsleting di bagian terminal ECU.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Motor Satria Fu

Akan tetapi, apabila kondisi tersebut disertai dengan suara mesin yang sudah brebet atau bahkan mesin sudah tidak bisa dinyalakan sama sekali, maka bisa jadi hal tersebut disebabkan bagian ECU sudah mengalami kerusakan. Rata-rata, ECU yang rusak disebabkan oleh faktor luar, misalnya adalah benturan atau terendam. Oleh karena itu, jika sepeda motor Vixion yang anda miliki mempunyai riwayat terbentur atau terendam, maka bisa jadi ECU pada motor tersebut sudah bermasalah.

Sekian Uraian singkat tentang penyebab lampu indikator Vixion menyala atau berkedip secara terus-menerus. Tentunya, adanya nyala lampu indikator pada check engine di sepeda motor Vixion tersebut bisa menjadi salah satu bagian untuk mempermudah anda di dalam mendiagnosa letak kerusakan pada sepeda motor. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Penyebab Lampu LED Motor Redup

Penyebab Lampu LED Motor Redup Dan Cara Mengatasinya

Dengan perkembangan teknologi yang cukup pesat di waktu sekarang ini, semua unsur kehidupan secara keseluruhan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *