Home / Otomotif / Mobil / Penyebab Lampu Jauh Mobil Mati Pada Lampu HID

Penyebab Lampu Jauh Mobil Mati Pada Lampu HID

Pemakaian dari lampu HID pada mobil maupun sepeda motor sekarang ini bukanlah merupakan hal yang baru lagi. Dengan dijanjikan memperoleh tingkat pencahayaan yang jauh lebih baik dibandingkan dengan lampu standar pada kendaraan maka peminat dari lampu HID semakin tinggi dan pada akhirnya mereka memutuskan untuk mengganti bohlam lampu standar pada sepeda motor Anda menjadi lampu HID.

Penyebab Lampu Jauh Mobil Mati Pada Lampu HID

Namun tentunya penggunaan lampu HID bukanlah tanpa masalah. Berbagai macam penyebab lampu jauh mobil mati pada lampu HID kerap ditemukan oleh para driver yang sudah terlanjur menggunakan lampu HID tersebut, padahal lampu dekat masih tetap menyala dengan normal. Padahal secara umum pemakaian lampu jauh sangatlah dibutuhkan, terlebih apabila kondisi hari sedang hujan.

Kadangkala, pada awalnya lampu jarak jauh menyala dengan normal, namun secara tiba-tiba mati. Apabila hal tersebut terjadi, maka secara otomatis rata-rata para pengguna akan menekan tombol lampu beberapa kali guna mencoba menyalakan ulang lampu HID tersebut.

Berdasarkan permasalahan di atas, ada salah satu hal yang menyebabkan dari sejumlah kemungkinan letak permasalahan pada lampu jauh HID yang tidak mau menyala. Tiga bagian dari perangkat lampu HID diantaranya adalah ballast, Kabel set dan bohlam lampu HID itu sendiri.

Baca Juga:   Cara Memperbaiki ECU Mobil Pada Mobil Honda

Contoh kendaraan yang penulis miliki secara kebetulan yang menjadi sumber permasalahannya adalah pada bagian kabel set di lampu HID. Apabila lampu jauh mati, namun lampu dekat hidup hal tersebut memiliki arti bahwa letak kerusakan dan penyebabnya ada di bagian kabel set. Penyebabnya dapat karena salah penempatan untuk jalur kabel yang terjepit di antara bodi dan rangka, bukan dari bohlamnya yang sudah terputus.

Untuk mengatasinya juga tidak perlu repot dan bingung, di samping kabel set, yang butuh untuk diperhatikan yaitu perawatannya. Seperti apa saja? Berikut ini adalah uraiannya untuk anda

  1. Silakan lakukan pengecekan dan pembersihan bagian soket saklar untuk lampu jarak jauh dan jarak dekat yang ada pada stang
  2. Lihat pula sambungan kabel dan pastikan sudah terisolasi dengan cukup baik
  3. Lampu jarak jauh yang mati belum tentu dikarenakan bohlamnya yang putus
  4. Apabila kabel set sudah rusak dan tidak dapat digunakan kembali, maka wajib untuk menggantinya dengan yang baru.

Demikianlah uraian secara singkat mengenai penyebab lampu jauh mobil mati pada lampu HID yang bisa saya Uraikan di kesempatan kali ini. Secara umum, penerapan proses diagnosa untuk lampu HID pada mobil juga bisa diterapkan pada sepeda motor. Terima kasih, semoga bermanfaat dan selamat mencoba memperbaiki permasalahan pada lampu HID.

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Koil Mobil Yang Rusak

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Penyebab Lampu Engine Mobil Menyala Terus Menerus

Penyebab Lampu Engine Mobil Menyala Terus Menerus

Halo semuanya? Apa kabar? Di kesempatan kali ini Izinkan saya untuk membahas tentang penyebab lampu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *