Home / Otomotif / Mobil / Penyebab Lampu Kabin Mobil Mati

Penyebab Lampu Kabin Mobil Mati

Lampu kabin pada mobil tentunya memiliki peranan dan fungsi yang sangat penting. Terlebih apabila mobil tersebut sering digunakan di malam hari tentunya lampu kabin pada mobil bisa sangat membantu para penumpang yang ada didalamnya. Salah satu peranan dari lampu kabin yang ada di dalam mobil yaitu untuk memberikan penerangan ketika penumpang sedang mencari sesuatu di tempat yang gelap. Oleh karena itu, tentunya dapat dibayangkan apabila secara tiba-tiba lampu atau bohlam di lampu kabin mobil mati.

Penyebab Lampu Kabin Mobil Mati

Pada proses penggantian bohlam yang telah terputus pada kabin mobil bisa dilakukan dengan amat sangat mudah. Bahkan, anda juga bisa mengerjakannya sendiri tanpa harus membawa mobil ke bengkel resmi. Adapun peralatan yang diperlukan hanyalah obeng yang bentuk ujungnya tergantung kepada konstruksi pemasangan dari penutup rumah lampu yang ada di kabin mobil.

Seandainya bagian tutup bohlam pada lampu kabin tidak disertai dengan skrup, maka pakailah obeng yang pipih. Namun, apabila memakai pengikat skrup, maka wajib untuk memakai obeng jenis kembang.sebagai catatan saja, bagian penutup rumah lampu kabin di mana masih memakai skrup hanyalah dipakai di jenis mobil versi lama. Sementara itu, pada mobil jaman sekarang, sudah memakai model pasangan tinggal klik saja.

Baca Juga:   Penyebab Lampu Indikator Injeksi Menyala Terus

Cara mengganti lampu bohlam pada kabin mobil yang putus:

  1. Bukalah bagian mika rumah lampu pada plafon dengan cara mencongkel di bagian pinggir memakai bantuan obeng min.
  2. Lepaskanlah bohlam yang sudah terputus dari tempatnya dengan cara menarik atau memutarnya berlawanan dengan arah jarum jam
  3. Selanjutnya, silakan anda pasang lampu yang baru. Hindari untuk memegang lampu bagian tengah bohlam, namun peganglah ujungnya. Silakan tempelkan dan tekan bagian ujung bohlam ke arah penahan maupun pemegang bagian pinggir dari bohlam.
  4. Lakukan pengetesan pada lampu sebelum anda menutup bohlam lampu tersebut. Apabila sudah berhasil menyala, silakan anda memasukkan pengait yang tidak mempunyai celah. Berikutnya, silakan anda tekan bagian sisi yang dicongkel sehingga terkunci sampai terdengar suara klik. Untuk lampu kabin yang masih memakai sekrup, dilarang mengencangkan terlalu keras, sebab dapat merusak mika menjadi retak atau bahkan pecah.

Demikianlah uraian singkat tentang penyebab lampu kabin mobil mati lengkap dengan cara mengganti bohlam lampu mobil pada kabin yang terputus dengan cepat dan mudah. Walaupun artikel ini sangat sederhana, namun barangkali bisa berguna dan bermanfaat untuk para pemilik mobil baru yang belum memahami sistem lampu yang ada di dalam kabin mobil. Terima kasih dan selamat praktek, semoga berhasil.

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Body Mobil Keropos

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Penyebab Lampu Engine Mobil Menyala Terus Menerus

Penyebab Lampu Engine Mobil Menyala Terus Menerus

Halo semuanya? Apa kabar? Di kesempatan kali ini Izinkan saya untuk membahas tentang penyebab lampu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *